| Home / Lifestyle / Undangan Pernikahan Online, Solusi Praktis Undangan Kekinian

Undangan Pernikahan Online, Solusi Praktis Undangan Kekinian

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

Pada zaman yang semakin digital ini, pernikahan tradisional dengan undangan cetak tidak lagi menjadi satu-satunya pilihan. Saat ini, undangan pernikahan online menjadi tren yang semakin populer karena kenyamanan, kepraktisan, dan keeleganannya. Lalu, apa alasannya undangan digital banyak dipilih dan digemari saat ini? Bagaimana cara membuatnya? dan apa tips untuk membuat undangan kekinian? Simak di artikel ini ya.

undangan pernikahan online

Kenapa Memilih Undangan Online?

Undangan seperti ini sudah menjadi trend sejak 3 tahun silam, disaat pandemi Covid-19 mulai menyerang. Orang butuh solusi untuk menginformasikan berita bahagia seperti pernikahan dan juga acara besar yang lain, dan salah satu cara yang digunakan adalah dengan menggunakan media internet atau media online.

Acara seperti pernikahan, sunatan atau khitan, ulang tahun dan arisan biasanya perlu mencetak undangan sejumlah tamu yang diundang atau peserta yang mengikuti arisan. Ini pastinya membutuhkan budget atau biaya yang tidak sedikit, terutama untuk undangan pernikahan. Undangan pernikahan yang paling sederhana ada di kisaran harga Rp.1.500,-, dengan mencetak 100 undangan saja perlu budget sekitar Rp150.000,-. Masalahnya, apakah mungkin tamu undangan pernikahan hanya 100 orang? hehehe.

Undangan digital pastinya lebih mahal? Kata siapa? Undangan online malah lebih murah karena dengan hanya Rp99.000,- saja, kamu bisa dapat undangan daring yang bagus dengan fitur yang lengkap. Nah, iyakan lebih mahal! Harga segitu bisa kamu bagikan ke 1000 lebih tamu undangan, dan kamu tidak harus kirim satu persatu. Ada sistem yang bisa mengirim banyak undangan hanya dengan sekali klik saja dan kamu hanya perlu menyiapkan data tamu undangannya saja. Gimana? Praktiskan?

Lalu, apa saja keuntungan dari menggunakan undangan pernikahan online,

  1. Undangan digital sangat praktis. Dengan beberapa klik, Kamu dapat mengirim undangan ke seluruh dunia tanpa harus repot-repot ke kantor pos atau menghabiskan waktu untuk mengunjungi rumah tamu satu per satu.
  2. Undangan online menawarkan berbagai pilihan desain yang elegan dan unik. Kamu bisa memilih template yang sudah ada atau membuat desain sendiri. Beberapa platform bahkan menawarkan layanan personalisasi, memungkinkan untuk menambahkan foto, musik, atau video.
  3. Undangan yang ramah lingkungan. Dengan memilih untuk mengirim undangan secara digital, Kamu berkontribusi dalam mengurangi penggunaan kertas dan membantu menjaga bumi.
  4. Biaya yang murah. Kamu hanya perlu membayar satu kali saja untuk membuat sebuah undangan pernikahan dan bisa menyebarkan ke banyak tamu undangan.

Bagaimana Cara Membuat Undangan Digital?

berbagai pilihan template undangan digital

Jika kamu ingin ,embuat undangan pernikahan online tidaklah sulit. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih Platform: Saat ini ada banyak platform untuk membuat atau memesan undangan digital, tetapi belum tentu penggunaannya semudah website satu ini undangan online. Platform yang satu ini tidak hanya mudah, tetapi juga cepat pelayanannya dan bisa dipercaya.
  2. Desain Undangan: Setelah memilih platform, selanjutnya adalah mendesain undangan. Kamu dapat memilih template yang sudah ada, kamu tidak perlu membuat sendiri ada  banyak pilihan template kekinian yang bisa kamu pakai. Jangan lupa untuk memasukkan semua informasi penting, seperti tanggal dan waktu pernikahan, lokasi, foto dan instruksi khusus (jika ada).
  3. Kirim Undangan: Setelah selesai mendesain, saatnya mengirim undangan. Kamu dapat memasukkan alamat email atau nomor telepon para tamu dan mengirim undangan secara massal. Beberapa platform bahkan menawarkan fitur pengingat, jadi kamu tidak perlu khawatir tamu lupa dengan tanggal pernikahanmu.

Tips Membuat Undangan Pernikahan Online

undangan digital praktis

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat undangan digital yang elegan dan berkesan:

  • Personalisasi: Tambahkan elemen pribadi, seperti foto atau videomu dan pasangan, untuk membuat undangan lebih spesial.
    Info Lengkap: Pastikan semua informasi penting ada dalam undangan, jangan sampai tamu bingung tentang detail pernikahanmu.
  • Desain Menarik: Pilih desain yang elegan dan menarik. Gunakan warna dan font yang sesuai dengan tema pernikahanmu.
  • RSVP: Sertakan fitur RSVP atau pemesanan tempat di undangan. Hal ini akan memudahkanmu dalam menghitung jumlah tamu yang akan datang.
  • Fitur kado digital: Ini berguna bagi tamu undangan yang berhalangan hadir, mereka bisa memberkan kado digital, biasanya berupa uang yang nantinya bisa masuk ke platform dompet digital seperti Qris, Ovo, Gopay, Shopepay, Dana atau ke rekening pribadi.

Penutup

Dengan solusi praktis dan elegan untuk undangan pernikahan online, kamu dapat mewujudkan pernikahan yang kamu impian dengan cara yang modern dan efisien. Pilihlah platform yang sesuai dengan kebutuhan dan selera, sehingga undangan pernikahanmu dapat mencerminkan gaya pribadi dan keunikan acara dihari spesialmu.

Jangan lupa untuk mempersonalisasi undangan tersebut agar menjadi kenangan yang berkesan bagi tamu undangan. Selamat mencoba dan semoga pernikahanmu berjalan dengan lancar!

Bagikan:

8 pemikiran pada “Undangan Pernikahan Online, Solusi Praktis Undangan Kekinian”

  1. Dulu waktu saya nikah, saya bikin sendiri undangan online. Tapi sangat sederhana dan alakadarnya. Karena dulu belum booming undangan digital. Sekarang mah sudah bagus-bagus ya pilihan undangan online. Banyak tutorialnya.

    Balas
  2. Tahun 2018 nih mulai hype undangan online, kayanya sekarang udah beralih ke undangan online semua ya pak. Praktis banget aku sendiri lebih menyukai undangan online daripada cetak. Kalau cetak nganterin undangannya juga perlu ongkos, haha. Ternyata bisa bikin sendiri yaa, cuss buka jasa aja ahh, hahaha.

    Tapi sayangnya sekarang malah disalahgunakan untuk penipuan dan lain sebagainya ya pak. Penjahat ini loh ada aja idenya 😂

    Balas
  3. Jauh banget ini gap harganya antara undangan fisik dan undangan online, tentu saja lebih praktis dan hemat biaya undangan online ini, bisa dicustomize sesuai kebutuhan pula

    Balas
  4. Desain di undangan online kalo dicetak udah berapa biayanya. Secara desainnya sekarang udah bagus-bagus. Orang-orang disekitar ku juga banyak yang beralih ke undangan digital. Dari pernikahan sampai ulang tahun.

    Balas
  5. Solusi banget buat hemat anggaran ya pak, enaknya lagi skrang semua kalangan sudah menerima dan tidak menganggap tabu adanya undangan digital. Coba dulu waktu saya nikah pakai undangan digital, pasti jadi omongan hahha… Budaya jaman dulu dilingkungan saya undangan itu harus diantar langsung, harus ketemu ngobrol dulu untuk menghormati yang diundang. Ada yang sama gak sih?

    Balas

Tinggalkan komentar