| Home / Tips Menulis / Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

Halo Sobat ari3yanto! Seperti yang Kamu tahu, saat ini dunia kerja itu penuh dengan persaingan yang ketat. Oleh karenanya, Kamu harus bisa bersaing dengan banyak orang dan beragam latar belakang serta pengalamannya. Salah satu cara untuk memikat HRD adalah dengan membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, di artikel ini Saya berikan tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk Kamu yang masih pemula, supaya bisa bersaing dengan pelamar kerja yang lain.

tips menulis surat lamaran kerja terkini

 

Bagaimana Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar?

Sebelum masuk ke tips menulis surat lamaran kerja, Kamu harus tahu dulu nih, bagaimana menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Jangan sampai Kamu malah tidak tahu bagaimana cara menulis surat lamaran yang baik, ini cara menulis surat lamaran kerja:

Perhatikan Format dan Struktur

Sangat penting memperhatikan format dan struktur dari surat lamaran kerja. Berikut ini beberapa hal yang harus Kamu perhatikan dalam format dan struktur surat lamaran,

  1. Gunakan format surat lamaran kerja yang rapi dan profesional.
  2. Pastikan semua informasi yang dicantumkan akurat dan relevan dengan posisi yang Anda lamar.
  3. Gunakan bahasa yang sopan, formal, dan mudah dipahami. Kadang orang salah presepsi menulis surat lamaan pekerjaan itu bukan seperti menulis cerpen, novel atau surat cinta. Jadi pastikan apa yang Kamu tulis itu mudah dipahami.
  4. Hindari penggunaan bahasa gaul, singkatan, dan slang. Ini yang harus Kamu ingat, yang membaca surat lamaran pekerjaanmu itu adalah orang-orang bagian HRD, bisa juga pimpinan perusahaan. Jadi hormati mereka denga menggunakan bahasa yang baik dan benar.
  5. Perhatikan ejaan dan tanda baca dengan cermat. Dalam menulis surat resmi hal ini juga sangat diperhatikan, agar maksut tulisan bisa dengan mudah dipahami oleh yang membaca. Baca juga artikel Saya tentang kesalahan ejaan yang sering terjadi dalam menulis.

Konten Surat Lamaran

Selanjutnya hal ke-2 yang harus Kamu perhatikan adalah konten atau bagian-bagian dalam sebuah surat lamaran.

 

  1. Bagian kop surat: Cantumkan tanggal dan tempat penulisan surat, nama dan alamat perusahaan yang dituju.
  2. Salam Pembuka: Gunakan salam pembuka yang formal, seperti “Dengan Hormat” atau “Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima]”.
  3. Paragraf Pengantar: Jelaskan secara singkat tujuanmu melamar pekerjaan tersebut dan sebutkan sumber informasi lowongan yang Kamu dapatkan.
  4. Paragraf Kualifikasi: Jelaskan kualifikasi dan pengalaman kerjamu yang relevan dengan posisi yang akan Kamu lamar.
  5. Paragraf Penutup: Nyatakan kembali minatmu terhadap posisi tersebut dan sampaikan rasa terima kasih atas waktu dan pertimbangan HRD.
  6. Penutup: Akhiri surat dengan salam penutup yang formal, seperti “Hormat Saya” atau “Wassalam”, dan cantumkan nama lengkap dan tanda tanganmu.

struktur surat lamaran kerja

Lampiran

  1. Lampirkan CV (Curriculum Vitae) yang berisi informasi lengkap tentang pendidikan, pengalaman kerja, dan prestasimu.
  2. Lampirkan dokumen pendukung lainnya yang relevan dengan posisi yang akan Kamu lamar, seperti sertifikat pelatihan, penghargaan, atau portofolio.

Itu adalah poin-poin dalam menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, terapkan cara diatas dan Kamu bisa selangkah kedepan untuk di terima bekerja di perusahaan yang Kamu impikan.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Setelah Kamu mengetahui bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, ini beberapa tips yang bisa Kamu terapkan agar tim HRD bisa memilihmu.

cari informasi perusahaan

 

  1. Lakukan riset kecil tentang perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Tujuannya agar Kamu lebih mengenal perusahaan itu, tahu pekerjaan yang akan Kamu lamar dan sebagai bekal juga jika bisa lolos sampai tahap wawancara.
  2. Pahami tujuanmu membuat surat lamaran ini. Memahami bahwa surat lamaran ini adalah branding dari dirimu, makanya dalam menulis surat lamaran juga harus menggunakan sentuhan personal.
  3. Tulis surat lamaran yang efektif. Tujuannya penulisan surat yang efektif adalah agar kalimat yang ingin Kamu sampaikan jelas dan bisa diterima oleh tim HRD.
  4. Tulis tangan atau di ketik? Sebaiknya sebelum membuat surat lamaran Kamu harus mengetahui persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan. Ada perusahaan yang mengharuskan pelamar menulis surat lamaran menggunakan tulisan tangan, untuk hal ini akan Saya ulas di artikel yang lain ya. Ada juga yang mensyaratkan surat lamaran di ketik dengan ketentuan seperti jarak paragraf dan lain-lain.
  5. Gunakan bahasa aktif dan tegas, jangan menggunakan bahasa pasif atau klise. Ini menunjukan bahwa Kamu memiliki pengalaman yanbg patut diperhitungkan.
  6. Periksa ulang surat lamaran sebelum dikirim. Pastikan ejaan, bahasa, tanda baca dan struktur surat sudah sesuai dengan ketentuan yang ada.
  7. Kirim surat lamaran tepat waktu, lebih cepat lebih baik.
  8. Follow up surat lamaranmu. Jika surat lamaran sudah terkirim atau sudah diterima langsung oleh perusahaan yang membuka lowongan, coba follow up surat tersebut. Ini menunjukkan bahwa Kamu berantusias untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut dan berharap bisa diterima.

Kesimpulan

Menulis surat lamaran itu mudah. Jika belum paham Kamu bisa mengikuti panduan dan tips menulis surat lamaran kerja yang sudah Saya jelaskan diatas. Semoga dengan membaca dan memahami tulisan tentang tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar ini, Kamu bisa sukses dalam melamar pekerjaan. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Reverensi

Bagikan:

3 pemikiran pada “Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar”

  1. Cara menulis surat lamaran yg benar sangat penting diterapkan sebelum kita melamar suatu perusahaan ya ka. Karena surat lamaran semacam wajah yang memberi kesan pertama.

    Balas
  2. Informatif banget tulisannya, Mas. Sudah lama banget nggak nulis surat lamaran kerja. Tapi memang benar menulis surat lamaran kerja nggak boleh asal-asalan, nanti menggambarkan diri yang juga asal-asalan. Panduannya membantu banget nih buat yang pada lagi mau lamar kerja.

    Balas
  3. Penting banget untuk tahu cara menulis surat lamaran kerja yang sesuai dengan kemauan perusahaan dan membuat HRD jadi lirik lamaran kerja kita…terimakasih tipsnya pak

    Balas

Tinggalkan komentar