| Home / Tips Menulis / Tips Menulis Profil “Tentang Saya” di CV yang Menarik Perhatian Rekruter

Tips Menulis Profil “Tentang Saya” di CV yang Menarik Perhatian Rekruter

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

ari3yanto.com- Apakah Sobat sering bingung untuk menjelaskan siapa dirimu di CV? Tenang, tidak usah bingung, karena saya akan berikan tips menulis tentang saya di CV. Menulis bagian “Tentang Saya” di CV yang efektif itu penting banget. Ini seperti kesan pertama saat melamar kerja, jadi harus menarik perhatian perekrut. Supaya CV kamu dilirik, berikut beberapa tips menulis “Tentang Saya”.

cara menulis profil di CV dengan benar

Pentingnya “Tentang Saya” dalam CV

Profil “Tentang Saya” dalam CV adalah bagian penting dari surat lamaran pekerjaan yang sering diabaikan. Meskipun demikian, ini adalah kesempatan yang bagus untuk memperkenalkan diri dan memberi perekrut kesan pertama yang kuat. Profil yang baik dapat membantumu menonjol dari kandidat lain dan menunjukkan mengapa kamu adalah kandidat terbaik untuk posisi tersebut. Untuk menulis surat lamaran kerja yang baik, kamu bisa membaca tulisan saya tentang tips menulis surat lamaran kerja.

Memiliki profil CV yang menarik memiliki banyak keuntungan. Pertama, mereka dapat membuat perekrut tertarik untuk membaca CV Anda lebih lanjut. Kedua, profil ini dapat memberikan gambaran singkat tentang siapa kamu dan apa yang kamu tawarkan. Terakhir, profil yang menarik dapat membantumu menekankan keahlian dan pencapaian yang paling relevan dengan posisi yang kamu inginkan.

tips menulis tentang saya di CV

Tips Menulis Profil “Tentang Saya” di CV

  1. Tetapkan Tujuan: Sebelum menulis profil “Tentang Saya”, kamu harus menetapkan tujuan. Profil apa yang ingin kau sampaikan? Apakah kamu ingin menunjukkan karakteristik pribadi, pengalaman kerja, atau keahlian khusus? Lebih mudah untuk membuat profil yang efektif dengan menetapkan tujuan yang jelas.
  2. Fokus pada Pencapaian dan Keahlian yang Relevan: Jika melamar pekerjaan di bidang teknologi, pastikan untuk menyebutkan kemampuan dan pencapaianmu yang relevan dengan posisi yang ingin kamu lamar. Misalnya, tunjukkan kemampuanmu dalam pemrograman atau proyek teknologi yang pernah kau selesaikan. Ini akan menunjukkan bahwa kamu memiliki keterampilan dan pengalaman yang cocok untuk posisi tersebut.
  3. Mudah dibaca dan ringkas: Profil “Tentang Saya” harus ringkas dan mudah dibaca, gunakan kalimat yang jelas dan padat untuk menyampaikan informasi penting. Profil yang terlalu panjang dapat membuat perekrut tidak tertarik untuk membaca CV mu secara keseluruhan.
  4. Gunakan Bahasa yang Profesional dan Positif:  Dalam Profil “Tentang Saya”, kamu harus menggunakan bahasa yang profesional dan positif. Selain itu, cobalah untuk menunjukkan sikap positif dan percaya diri dalam tulisanmu.

Setelah membuat profil “Tentang Saya”, periksa kembali profilmu. Pastikan semua yang kamu berikan akurat dan relevan, dan periksa apakah ada kesalahan ketik atau tata bahasa.

Contoh profil tentang saya di CV

contoh profile CV

Setelah kamu mendapatkan pencerahan dari tips menulis profil “Tentang Saya” di atas. Ini saya berikan beberapa contoh profil yang bisa lebih mencerahkanmu.

Contoh Profil Pelamar Baru

Saya adalah lulusan baru dari Universitas QWE dengan gelar Sarjana Teknik Informatika. Saya mampu membangun dan mengembangkan sebuah software. Kemampuan saya terasah karena terlibat dalam berbagai proyek teknologi selama kuliah dan memenangkan beberapa kompetisi coding. Saya senang memulai karir saya di bidang teknologi dan membantu mengembangkan inovasi terbaru.

Contoh Profil Pelamar Berpengalaman

Pengalaman saya, pernah bekerja di bidang pemasaran digital selama lebih dari lima tahun, dan saya memiliki pengalaman yang solid dalam meningkatkan visibilitas dan penjualan online. Tidak hanya itu saya juga mahir dalam pengoptimalan search engine, manajemen media sosial, dan analisis data. Saya telah berhasil mengelola kampanye pemasaran yang meningkatkan pendapatan perusahaan hingga tiga puluh persen selama karir saya. Sekarang saya mencari peluang baru untuk meningkatkan keterampilan saya di perusahaan yang dinamis.

Contoh Profil Pelamar yang Beralih Karir

Setelah bekerja di bidang keuangan selama sepuluh tahun, saya memutuskan untuk mengejar passion saya di bidang pendidikan. Saya berpengalaman dalam manajemen data keuangan dan analisisnya, yang relevan untuk manajemen lembaga pendidikan. Saya berkomitmen untuk membantu dalam membangun lingkungan belajar yang efektif dan mendukung.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, saya membahas pentingnya profil yang menarik, panduan untuk menulis profil yang baik, dan contoh profil untuk berbagai jenis pelamar. Menulis profil “Tentang Saya” di CV adalah langkah penting yang dapat menentukan kesan pertama perekrut terhadapmu.

Memastikan profil ringkas, mudah dibaca, dan profesional adalah hal penting yang perlu diingat, dan kamu harus menetapkan tujuan yang jelas. Profil “Tentang Saya” yang baik meningkatkan peluangmu untuk menerima panggilan wawancara dan, pada akhirnya, mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Referiensi

Bagikan:

Tinggalkan komentar