| Home / Tips Menulis / Tips Menulis Esai LPDP, Auto Lolos!

Tips Menulis Esai LPDP, Auto Lolos!

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

Halo Sahabat ari3yanto.com! Beasiswa LPDP selalu menjadi incaran bagi mereka yang ingin mengambil program magister atau doktoral. Tetapi, ada syarat untuk bisa mendapatkan beasiswa pendidikan ini, yaitu menulis esai yang relevan dengan program pendidikan yang akan Kamu ambil. Nah, kali ini Saya akan memberikan beberapa tips menulis esai LPDP yang Insyaallah bisa auto lolos. Apa saja tipsnya? Simak terus artikel ini ya!

 

Apa itu Beasiswa LPDP?

Sebelum masuk ke tips menulis esai LPDP, ada baiknya kalau kita bahas dulu tentang apa itu beasiswa LPDP, karena pasti banyak dari Sobat yang belum paham apa itu LPDP, mengapa LPDP memberikan beasiswa dan dana beasiswa LPDP itu dari mana.

tips menulis esai lpdp, pasti lolos

LPDP atau singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan adalah sebuah lembaga dibawah Kementrian Keuangan RI yang bertugas mengelola dana abadi pendidikan. Dana pendidikan ini digunakan untuk mendanai beasiswa warga negara Indonesia (WNI) yang ingin menempuh pendidikan tinggi magister atau doktoral, baik didalam negeri atau di luar negeri.

Beasiswa LPDP adalah program yang dibiayai pemerintah Indonesia untuk mahasiswa S1 (Sarjana) atau S2 (Magister) yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister (S2) atau Doktor (S3) di perguruan tinggi terbaik,  baik di dalam negeri maupun luar negeri.  Program ini dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), yang berada di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Tujuan Beasiswa LPDP

Tujuan utama beasiswa LPDP adalah untuk:

  1. Mencetak generasi penerus Indonesia yang berpendidikan tinggi dan berkualitas.
  2. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada penerima beasiswa.
  3. Mempersiapkan generasi muda agar memiliki visi yang kuat untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Menurut data LPDP, jumlah pendaftar beasiswa LPDP periode 2022-2023 mencapai 36.840 orang.  Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan periode sebelumnya, yaitu 2021-2022 yang mencapai 29.756 orang.

 

penerima beasiswa LPDP tahun 2024

Peningkatan ini menunjukkan bahwa semakin banyak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi dengan beasiswa LPDP.  Hal ini tentu saja merupakan kabar baik bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Dana Beasiswa LPDP dari Mana?

Pendanaan beasiswa LPDP bersumber dari Dana Abadi Pendidikan (DAP) yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) itu sendiri.  Bantuan ini sifatnya terus berkelanjutan (abadi) dan tidak bisa digunakan untuk belanja negara.  Sumber pemasukan utama untuk DAP adalah:

  1. Alokasi 20% pada tahun 2024 dari anggaran pendidikan nasional: Setiap tahun, pemerintah mengalokasikan 20% dari anggaran sektor pendidikan yang tercantum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk dialirkan ke DAP. Dengan skema ini, maka alokasi dana untuk pendidikan tinggi di Indonesia dapat terus berkelanjutan.
  2. Sumber lainnya: Dana Abadi Pendidikan juga dapat berasal dari sumber lain yang sah, misalnya hibah atau sumbangan.

Jadi, dana beasiswa LPDP tidak berasal dari pajak masyarakat secara langsung, melainkan dialokasikan dari anggaran pendidikan nasional yang dikelola secara khusus untuk investasi jangka panjang di bidang pendidikan tinggi Indonesia.

Tips Menulis Esai LPDP, Syarat Pengajuan Beasiswa LPDP

Salah satu dokumen yang harus di sertakan saat mendaftar beasiswa ini adalah esai. Karena banyak yang belum tahu esai seperti apa yang harus dibuat, ini tips menulis esai untuk LPDP yang menarik dan lolos seleksi:

  1. Pahami Kriteria Esai LPDP. Salah satu hal yang sering terlewatkan adalah memahami apa kriteria esai LPDP. Apa saja kriterianya? Panjang esai, format penulisan dan tujan penulisan.
  2. Memahami Struktur Penulisan Esai. Ada tiga komponen utama dalam struktur penulisan esai, yaitu pendahuluan, isi dan penutup. Ini yang harus benar-benar Kamu kuasai juga. Untuk struktur penulisan esai yang lengkap mungkin akan Saya ulas diartikel yang lain ya.
  3. Jujur dan Autentik. Tulislah dengan gaya bahasamu sendiri dan hindari plagiarisme.
  4. Gunakan Data dan Bukti. Dukung pernyataan yang kamu tuliskan dengan data, contoh nyata, dan pengalaman pribadi.
  5. Tunjukkan Passion dan Antusiasme. Jelaskan mengapa Kamu ingin mengambil program studi tersebut dan bagaimana Kamu akan menggunakannya untuk berkontribusi pada bangsa dan negara Indonesia.
  6. Periksa kembali esai yang Kamu tulis. Pastikan esai Anda bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan.
  7. Ikuti pelatihan atau workshop menulis esai LPDP
  8. Mintalah bantuan orang lain untuk membaca dan memberikan masukan terhadap esaimu.
  9. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan alumni LPDP atau staf LPDP. Ingatlah bahwa esai LPDP adalah kesempatanmu untuk menunjukkan kepada tim seleksi bahwa Kamu adalah kandidat yang tepat untuk program ini.

Gunakan tips-tips di atas untuk menyusun esai yang menarik dan lolos seleksi!

 

Kesimpulan

Dalam UUD 1945 sudah dinyatakan dengan jelas bahwa sekurang-kurangnya 20% APBN diperuntukkan untuk fungsi pendidikan. Ini berarti sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk terus mendorong generasi penerus bangsa agar mau menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Untuk apa? Yang pasti untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

tulisan esai LPDP diterima

Tips menulis esai LPDP ini bisa menjadi salah satu motivasi dan panduan singkat agar Kamu bisa mudah menulis esai dan bisa lolos dalam seleksi. Intinya adalah selalu baca dan ikuti syarat yang sudah ditentukan oleh LPDP. Untuk Kamu yang sedang bingung menulis surat lamaran, bisa cek tulisan Saya tentang tips menulis surat lamaran kerja ya. Terus belajar dan semoga sukses Sobat!

Reverensi

Website LPDP: https://lpdp.kemenkeu.go.id

Bagikan:

Tinggalkan komentar