| Home / Kesehatan / Ternyata Ini Obat Sakit Gigi yang Manjur

Ternyata Ini Obat Sakit Gigi yang Manjur

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

obat-sakit-gigi-yang-manjur

 

Hai Sobat YukSemangat, jika sobat pernah merasakan sakit gigi pasti tahu rasa sakitnya saat sakit gigi melanda, makan dan minum tidak enak, tidur juga tidak nyenyak, pokoknya menyiksa banget, kali ini Abhi akan berbagi tentang obat sakit gigi yang manjur, yuk simak artikelnya.


Penyebab Sakit Gigi

Sakit gigi atau nyeri gigi adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum dijumpai. Nyeri gigi dapat terjadi karena berbagai penyebab, mulai dari karies gigi hingga infeksi gusi. Berikut ini beberapa penyebab umum sakit gigi:

  1. Karies gigi adalah penyebab utama sakit gigi. Karies terjadi ketika bakteri yang ada di mulut mengurai makanan yang terdapat karbohidrat dan menghasilkan asam yang merusak enamel gigi. Jika tidak diobati, karies akan terus merusak gigi hingga terjadi infeksi yang dapat menyebabkan sakit gigi.

  1. Infeksi gusi adalah penyebab lain sakit gigi. Infeksi gusi terjadi ketika bakteri menyebar ke jaringan gusi dan menyebabkan peradangan. Infeksi gusi dapat terjadi karena plak yang tidak dibersihkan dengan baik atau ketidakseimbangan pH di mulut.

  1. Gigi yang tersumbat adalah penyebab lain sakit gigi. Sumbatan terjadi ketika makanan atau kotoran terjebak di antara gigi dan gusi. Sumbatan dapat menyebabkan infeksi yang menyebabkan sakit gigi.

  1. Cedera gigi juga dapat menyebabkan sakit gigi. Cedera gigi dapat terjadi karena jatuh atau kecelakaan yang menyebabkan gigi patah atau retak.

  1. Kerusakan pada gigi yang disebabkan oleh pemakaian berlebihan obat-obatan seperti asam salisilat juga dapat menyebabkan sakit gigi.

Selain Penyebab di atas, sakit gigi juga bisa saja disebabkan oleh hal-hal berikut:

  1. Gigi geraham yang sedang tumbuh pada anak-anak dapat menyebabkan sakit gigi. Gigi geraham yang tumbuh akan menekan jaringan di sekitar gigi yang menyebabkan sakit.

  1. Penyakit periodontal atau penyakit gusi juga dapat menyebabkan sakit gigi. Penyakit periodontal terjadi ketika jaringan yang menahan gigi mengalami infeksi dan meradang. Penyakit periodontal dapat menyebabkan sakit gigi yang terasa sampai ke telinga.

  1. Reaksi alergi terhadap beberapa bahan yang terkandung dalam obat-obatan gigi atau perawatan gigi lainnya juga dapat menyebabkan sakit gigi.

  1. Penyakit sistemik seperti diabetes, penyakit hati, dan penyakit ginjal juga dapat menyebabkan sakit gigi.

  1. Kekurangan vitamin dan mineral seperti vitamin D dan calcium juga dapat menyebabkan sakit gigi.

Untuk mengatasi sakit gigi, pertama-tama Sobat harus mengunjungi dokter gigi untuk mengetahui penyebab pastinya. Dokter gigi akan memberikan obat atau melakukan tindakan seperti menghilangkan karies atau membersihkan sumbatan gigi.

Selain itu, Sobat juga dapat mengurangi sakit gigi dengan menjaga kebersihan mulut yang baik, menghindari makanan yang asam, dan tidak menggunakan obat-obatan yang mengandung asam salisilat dengan sembarangan.

Obat Sakit Gigi yang Manjur

Obat sakit gigi merupakan salah satu obat yang sering dicari oleh orang-orang yang mengalami sakit gigi. Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang sangat menyiksa karena sakitnya yang tajam dan tidak terduga. 

daftar-obat-sakit-gigi-manjur

Untuk mengatasi sakit gigi, Sobat dapat menggunakan obat sakit gigi yang tersedia di pasaran. Ada beberapa jenis obat sakit gigi yang bisa Sobat pilih, diantaranya adalah:

  1. Obat sakit gigi berbahan aktif ibuprofen. Obat ini dapat membantu mengurangi nyeri dan inflamasi pada gusi.

  1. Obat sakit gigi berbahan aktif acetaminophen. Obat ini juga dapat membantu mengurangi nyeri dan demam yang disebabkan oleh sakit gigi.

  1. Obat sakit gigi berbahan aktif aspirin. Aspirin dapat membantu mengurangi nyeri dan menurunkan demam. Namun, obat ini tidak dianjurkan untuk anak-anak di bawah 12 tahun karena dapat menyebabkan reaksi alergi.

  1. Obat sakit gigi berbahan aktif benzocaine. Obat ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dengan cara mengurangi sensasi nyeri pada area yang terkena.

Selain menggunakan obat sakit gigi, Sobat juga dapat mengatasi sakit gigi dengan cara mengurangi asupan makanan yang dingin atau panas, menggunakan gel penghilang nyeri pada gusi, dan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mencegah terjadinya karies.

Obat Sakit Gigi Alternatif

Selain menggunakan obat sakit gigi, ada beberapa cara lain yang dapat Sobat lakukan untuk mengatasi sakit gigi, di antaranya:

  1. Menggunakan kompres hangat. Kompres hangat dapat membantu mengurangi nyeri dan inflamasi pada gusi yang terkena sakit gigi.

  1. Menggunakan obat alami. Ada beberapa obat alami yang dapat membantu mengurangi nyeri sakit gigi, seperti mengunyah daun sirih, mengkonsumsi jahe, atau menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam.

  1. Menggunakan obat tradisional. Obat tradisional seperti obat sambiloto atau obat kemangi dapat membantu mengurangi nyeri sakit gigi.

  1. Menggunakan obat penghilang nyeri. Obat penghilang nyeri seperti lidokain dapat membantu mengurangi nyeri sakit gigi dengan cara mengurangi sensasi nyeri pada area yang terkena.

Sakit gigi dapat menjadi sangat menyiksa, namun dengan menggunakan obat sakit gigi yang tepat dan cara lain yang tersedia, Sobat dapat mengurangi nyeri sakit gigi dan kembali merasakan kenyamanan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan mengunjungi dokter gigi secara berkala untuk mencegah terjadinya sakit gigi di kemudian hari.

Nah, bagaimana Sobat, sekarang lebih tenangkan jika sakit gigi datang, kalau bisa jangan sampailah sakit gigi, beneran rasanya ga enak banget hehehe.

Dengan mengetahui cara penanganan dan obat sakit gigi yang tepat kita bisa lebih siap jika diri kita atau anggota keluarga ada yang tiba-tiba mengalami sakit gigi ini. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan agar tidak perlu merasakan sakit gigi.

 

 

Bagikan:

11 pemikiran pada “Ternyata Ini Obat Sakit Gigi yang Manjur”

  1. Jadi teringat pesan seorang dokter gigi, lbh baik merawat pemberian Tuhan yg asli ketimbang harus cabut gigi..Maka penting sekali memang tahu cara tepat mengobati gigi yg sakit.

    Balas
  2. So far aku menjaga banget gigi, karena kalau lihat keluargaku yang sakit gigi seperti tersiksa banget. Tips dan alternatif obat-obatnya bakal aku kasih tahu juga sih ke mereka. ^^ thanks kak

    Balas
  3. Pernah sakit gigi gegara gigi berlubang di masa kecil, sakitnya masih bisa dirasakan. Abis copot gigi skrg rajin gosok dan alhamdulillah udah g pernah

    Balas
  4. Huuhuu aku Saban hari sakit gigi nie kak. Baca ini aku jadi langsung ngira ngira sendiri aku sakit gigi karena apa? Tapi Faktor kehamilan dan defisit vitamin dan kalsium jadi Penyebabnya. Terima nasib sekarang sangat tergantung sama Ibu profen.

    Balas
  5. Sewaktu kecil aku seringkali sakit gigi. Sudah diobati tetap aja suka kambuh. Setelah besar baru berkurang, namun kadang saat terkena cuaca dingin tiba-tiba cenut2. Kalau sakit gigi pastinya langsung minum obat. Kalau pas di luar dan tidak ada obat, yang saya lakukan mencari es batu kemudian di kompres bagian luar yang sakit

    Balas
  6. Inget banget waktu kecil pernah sakit gigi sampai nangis kejer ga kuat, biasalah waktu kecil makanan kurang terjaga dan juga malas gosok gigi. Jadi pelajaran banget dari kejadian itu untuk lebih memperhatikan kesehatan gigi

    Balas
  7. Aku jarang pakai obat kalau sakit, sebisa mungkin ditahan kalau nggak sanggup ya ke dokter deh dan baru dikasih obat. Nggak jarang si dokternya bilang kalau sakit bisa pakai paracetamol aja.

    Balas
  8. Baru banget nih kejadian, gigi bolongku ngilu banget. Masih nunggu jadwal ke dokter gigi.

    Mana sakitnya malem-malem. Udah coba pakai salep benzocaine, cuma bertahan beberapa menit. Kayaknya emang harus minum ibuprofen.

    Makasih banyak buat tipsnya ya!

    Balas

Tinggalkan komentar