Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City: Kota yang Hidup dan Menghidupkan

sinar-mas-land-kembangkan-konsep-livable-city

 

Kota bukan hanya sekedar kumpulan bangunan beton dan aspal, tetapi adalah tempat di mana mimpi-mimpi ditanamkan, di mana harapan-harapan diberi ruang untuk tumbuh. Sinar Mas Land menyadari bahwa untuk menciptakan kota yang hidup, tidak cukup hanya dengan infrastruktur fisik semata. Lebih dari itu, Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City yang melibatkan aspek sosial, lingkungan, dan kesejahteraan.

 

Apa itu Livable City?

Menurut  Vanessa Timmer, definisi  Livable City  mengacu  pada  sistem  perkotaan  yang memberikan  kontribusi  fisik,  sosial,  mental, dan pribadi terhadap penghuninya. Pernyataan tersebut ia tulis di makalahnya dan dia sampaikan di sebuah forum pada tahun 2006.

 

Livable City adalah konsep pembangunan kota yang berfokus pada kualitas hidup penduduknya. Ini bukan hanya tentang infrastruktur yang baik, tetapi juga mencakup aspek sosial, lingkungan, ekonomi, dan budaya. Kota yang livable memiliki ruang terbuka hijau, transportasi yang efisien, akses mudah ke fasilitas umum, serta lingkungan yang sehat dan berkelanjutan.

 

Bagaimana Cara Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City?

Sinar Mas Land sebagai pengembang yang peduli terhadap kehidupan masyarakat yang lebih baik tengah bergerak  menuju  pengembangan  livable  city  di  setiap  proyek  yang  dikelola.  Sinar  Mas  Land mengembangkan  livable  city  dengan  4  pilar  sebagai  konsep  pembangunannya:  Live,  Learn,  Work,  and Play.

 

  1. Live mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan hidup masyarakat, seperti: hunian, pusat perbelanjaan, ruang publik, akses jalan, dan keamanan.
  2. Learn mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan pendidikan masyarakat, seperti: sekolah formal, sekolah vokasional, sekolah dasar hingga atas, serta universitas nasional dan internasional.
  3. Work mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan profesional dan lapangan kerja, seperti: pusat perkantoran, green office, kota industry, serta area komersial.
  4. Play mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan emosional dan rekreasi masyarakat, seperti: pusat olahraga, taman rekreasi, exhibition halls, hingga pusat kuliner.

 

Dalam sebuah Livable City, komunitas tumbuh dan bersatu. Sinar Mas Land mengupayakan untuk menciptakan ruang-ruang di mana interaksi sosial bukan sekadar hal yang diinginkan, tetapi menjadi kebutuhan. Taman-taman, pusat komunitas, dan tempat-tempat umum lainnya dirancang untuk menjadi tempat berkumpulnya orang-orang dengan berbagai latar belakang, usia, dan impian. Inilah wadah di mana cerita-cerita hidup saling bertautan, di mana persahabatan dan kolaborasi bersemi.

 

Livable City by Sinar Mas Land

Salah satu penerapan konsep Livable City di Indonesia adalah BSD City, sebuah proyek yang sangat besar dan sepenuhnya dikelola oleh Sinar Mas Land, yang merupakan anak perusahaan dari Sinar Mas Group.

 

BSD City mempunyai luas area setengah dari Paris atau total sekitar 6.000 hektar, sebuah perencanaan kota yang menggabungkan konsep properti perumahan, bisnis dan komersial. Sebuah proyek yang luar biasa besar dan pastinya akan berdampak pada lingkungan dan kehidupan sosial di wilayah tersebut.

 

Seperti yang kita ketahui BSD City atau Bumi Serpong Damai ini sudah dikembangkan proyeknya sejak dari tahun 1984, kurang lebih 38 tahun proyek ini berjalan dan hasilnya sangat luar biasa. Mega proyek ini yang membuat Sinar Mas Land menjadi pengembang terkemuka di Asia tenggara.

 

Dengan kualitas rumah terbaik dan infrastruktur yang mendukung perkembangan bisnis. Saat ini BSD City berkembang sangat pesat, tidak hanya perumahan di area BSD juga sudah terdapat fasilitas kesehatan, sekolah, pasar, area bisnis, tempat rekreasi dan juga pusat pemerintahan.

 

Konsep mendasarnya BSD City adalah kota yang di planning berdasarkan satu hal, yaitu masyarakat yang akan tinggal, bekerja, dan bermain di sini. Masyarakat yang akan merasakan kualitas hidup yang tak tertandingi seperti rumah yang nyaman, ruang bisnis, perbelanjaan, pendidikan, dan rekreasi semuanya bersatu untuk menyediakan lingkungan hidup yang lebih baik dan sehat.

 

Menurut Saya ini sangat luar biasa dan the future integrated Livable City di Indonesia adalah BSD City, disini Sinar Mas Land berusaha mewujudkan kota yang hidup dan menghidupkan.

 

Mewujudkan Livable City di Indonesia

Pertumbuhan perkotaan yang pesat di Indonesia telah mendorong perlunya pembangunan kota yang tidak hanya fungsional, tetapi juga nyaman bagi penduduknya. Visi untuk menciptakan kota yang lebih baik, dikenal sebagai “livable city,” semakin menjadi perhatian dalam upaya menjaga kualitas hidup warga di tengah dinamika perkembangan global.

 

Tantangan Pembangunan Livable City di Indonesia

Pertumbuhan Penduduk dan Kemacetan

Pertumbuhan penduduk yang cepat di beberapa kota besar Indonesia menyebabkan kemacetan lalu lintas yang parah. Kurangnya sistem transportasi yang efisien telah mengakibatkan waktu perjalanan yang panjang dan produktivitas yang menurun.

 

Ketidaksetaraan Akses

Tidak semua penduduk memiliki akses yang sama terhadap fasilitas dan layanan. Ketidaksetaraan dalam pendidikan, kesehatan, dan pekerjaan masih menjadi masalah serius yang perlu diatasi.

 

Kerusakan Lingkungan

Pembangunan yang tidak terkendali telah menyebabkan kerusakan lingkungan yang signifikan. Polusi udara, pencemaran air, dan hilangnya ruang terbuka hijau mengancam kesehatan masyarakat dan keberlanjutan lingkungan.

 

Langkah Menuju Livable City di Indonesia

 

Pengembangan Transportasi Publik

Peningkatan sistem transportasi publik yang terintegrasi akan membantu mengurangi kemacetan dan mendorong mobilitas yang lebih efisien. Investasi dalam kereta cepat, bus kota, dan jalur sepeda akan memberikan alternatif yang lebih berkelanjutan.

 

Penghijauan dan Taman Kota

Pengembangan taman kota dan ruang terbuka hijau tidak hanya memberikan tempat rekreasi, tetapi juga membantu meningkatkan kualitas udara dan memperbaiki iklim mikro di kota.

 

Pendidikan dan Kesehatan yang Merata

Investasi dalam pendidikan dan kesehatan yang merata akan membantu mengurangi ketidaksetaraan sosial dan ekonomi. Akses yang lebih baik terhadap layanan ini akan memberikan peluang lebih banyak bagi seluruh penduduk.

 

Pembangunan Berkelanjutan

Pembangunan yang berkelanjutan harus menjadi fokus utama. Penggunaan energi terbarukan, pengelolaan limbah yang baik, dan pemanfaatan teknologi hijau akan membantu menjaga lingkungan tetap sehat.

 

Kesimpulan

Mewujudkan dan membangun konsep livable city di Indonesia adalah tantangan besar, tetapi juga peluang untuk menciptakan kualitas hidup yang lebih baik bagi penduduknya. Dengan menggabungkan pengembangan infrastruktur yang cerdas, kesetaraan akses, dan keberlanjutan lingkungan, kita dapat membentuk kota-kota yang nyaman, ramah lingkungan, dan berkelanjutan bagi generasi mendatang. Dengan adanya Sinar Mas Land kembangkan konsep Livable City ini akan sangat membantu perkembangan Livable City di Indonesia.

 

https://www.sinarmasland.com/development/township/

9 thoughts on “Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City: Kota yang Hidup dan Menghidupkan”

  1. MAsyarakat juga semakin cerdas. Mereka bakal mempertimbangkan konsep livable city untuk keberlangsungan hidup yang sehat, aman dan nyaman. Baik untuk kerja maupun tempat tinggal

    Reply
  2. Impian bgt memang untuk bisa stay di livable city. Aku pribadi memang suka dengan tempat yang dalam satu area luas mencakup segala hal yang dibutuhkan dari akses pendidikan, taman/hiburan, kesehatan, pekerjaan, ya pokonya ngga perlu jauh-jauh semua dah tercapai. Jadi lebih mindful hidupnya 🙂

    Reply
  3. Pengen banget punya hunian Livable city dari Developer ternama Sinar Mas Land. Sarana dan prasarana yang terjamin sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan

    Reply
  4. Konsep livable city ini seandainya banyak diterapkan di kota-kota Indonesia tentunya akan membuat Indonesia menjadi tempat yang nyaman untuk tinggal

    Reply
  5. Kalau mendengar BSD itu sudah seperti mendengar sebuah kota disebutkan. Saking besarnya dan lengkapnya fasilitas yang ada di sana. Ternyata Sinar Mas yang menggarap proyek ini. Semoga semakin banyak hunian berkonsep livable city yang ada di Indonesia.

    Reply
  6. Tertarik banget nih sama konsep livable city..seru sekali kayaknya menyaksikan kota yang tak hanya memberikan ruang tapi juga sekaligus tempat manusianya ikut bertumbuh 🙂

    Reply
  7. Konsep kota yang menarik ini. Tidak hanya hidup namun juga menghidupkan. Konseo livable city ini bisa menjadi pilihan karena memperhatikan kualitas kehiduoan penghuni nantinya.

    Reply
  8. memang menyenangkan ya bayanginnya kalo hidup di lingkungan yangs emua-semuanya dekat, apalagi kaum mageran akya aku wkwkwkwk, kota dalam kota ini berarti ya, semoga tidak menimbulkan kesenjangan yang semakin tajam dengan wilayah sekitarnya.

    Reply

Leave a Comment