Personal Branding for Blogger Cara Menjadi Pribadi Terbaik

cara-personal-branding-for-blogger

 

Bismillahirrahmanirrahim

 

“Topik pembicaraan orang tentang Anda saat Anda tidak berada dalam ruangan adalah PERSONAL BRAND Anda.” – Subiakto Priosoedarsono (Pak Bi) –

 

Halo Sobat Abhi, bagaimana kabar hari ini? Semoga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan dari Allah Azza Wa Jalla. Kali ini YukSemangat akan mengulas tentang membangun personal branding for blogger untuk jadi pribadi terbaik.

Setelah sebelumnya Abhi mengulas tentang alasan membuat blog Catatan Abhinaya aka. YukSemangat.Online, kini dapat tugas lagi dari Blogspedia dengan pemateri Coach Ugi untuk membangun personal brand sebagai seorang blogger.

Menurut Pak Bi atau Subiakto seorang praktisi branding, personal branding adalah praktik seseorang yang memasarkan dirinya dan keahliannya sebagai suatu brand atau merek.

Menurut Coach Ugi, Personal branding itu sederhananya adalah Orang melihat kamu sebagai apa. Apakah ketika ketemu kamu orang akan memiliki persepsi kamu baik, ramah, produktif, atau sebaliknya. Semua tergantung dari bagaimana kamu membangun diri. Mencitrakan diri. Menampilkan diri selama  ini.

Menurut Saya personal branding adalah sebuah usaha mengenalkan diri kita di ranah publik dengan segala kelebihan yang kita miliki dengan satu tujuan tertentu.

Pada dasarnya personal branding itu sudah melekat disetiap manusia, tinggal bagaimana kita mengembangkan potensi yang ada.

Ingat, hidup di dunia fana ini hanya sekali, akhirat kelak adalah tempat yang kekal selamanya. Saat nanti kita pergi ke kehidupan selanjutnya, pasti akan meninggalkan kefanaan ini, Sobat ingin dikenal sebagai apa oleh keluarga dan orang-orang terdekat? jangan sampai kelak kita dikenal akan hal yang negatif.

Biarkan orang lain mengenalmu dalam versi terbaikmu.

Ingin Dikenal Sebagai Apa dan Kenapa?

 
kartu-nama-personal-branding

 

Sebagai seorang blogger, mempunyai personal branding itu penting. Tidak hanya blogger pada profesi lain juga sangat perlu yang namanya personal branding.

Kalau Abhi ingin dikenal sebagai seorang ayah 2 orang anak dan 1 istri, saya juga seorang penulis, blogger, freelancer dan juga seorang digital marketer.

Yuk Abhi jelaskan satu-persatu tentang personal branding yang saya inginkan.

Menjadi seorang ayah dari 2 orang anak dan 1 istri, sebenarnya adalah reminder untuk diri saya sendiri, agar apa yang saya lakukan juga selalu ingat kepada mereka, keluarga kecil saya, untuk merekalah seharusnya saya berjuang (mencari nafkah de el el) karena anak-anak saya yang kelak menjadi penerus perjuangan ini.

Menjadi penulis adalah sesuatu yang sudah lama saya inginkan, 3 buku sudah saya tulis (1 buku solo dan 2 buku antologi), mungkin kedepan ingin nambah tulisan lagi yang bisa dibukukan.

Freelancer dan digital marketer sebenarnya masih satu bagian, salah satu impian saya adalah bisa bekerja dari rumah, tidak terikat dengan peraturan perusahaan, selain itu saya juga berkeinginan bisa lebih dekat dengan keluarga.

Lalu, bagaimana bisa saya menjadi seorang blogger? kegiatan blogging juga sama seperti menulis, bahkan mungkin lebih komplit dari hanya sekedar menulis, disisi lain saya juga harus bisa menjadi konten kreator.

 

kartu-nama-sosmed-zeen

Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

Saya juga tidak memungkiri bahwa masih banyak kekurangan dalam menguasai setiap branding yang saya ingin tampilkan, tetapi jika harus menunggu sampai expert kapan diri ini akan maju.

Bukankah belajar yang baik itu dengan praktek langsung, tidak hanya menguasai teori saja.

Konsep learning by doing ini yang saya gunakan untuk membangun personal branding saya dan semoga bisa menjadi versi diri yang lebih baik serta bermanfaat baik untuk orang lain juga.

Cara Membangun Personal Branding for Blogger

Bagi seorang blogger membangun personal branding adalah sebuah hal yang penting, mau dikenal sebagai diri sendiri atau dikenal sebagai pribadi lain atau boleh-boleh saja.

Menjadi pribadi lain itu seperti seorang penulis yang menggunakan nama pena, seperti Tere Liye, nama tersebut bukanlah nama asli beliau, nama aslinya Darwis, beliau menggunakan nama pena Tere Liye karena terinspirasi dari film India.

Dulu saya mengira Tere Liye adalah seorang wanita, tetapi akhirnya tahu bahwa beliau adalah seorang lelaki.

Lalu bagaimana cara membangun personal branding?

Setidaknya ada 7 poin yang harus Sobat terapkan jika ingin membangun personal branding sebagai seorang Blogger.

  1. Konsisten, hal pertama yang perlu dilakukan dalam membangun PB adalah konsisten, seperti halnya Blogging, PB juga butuh konsisten, itu yang harus diterapkan dari awal, semisal Sobat ingin dikenal sebagai penulis, paling tidak setiap hari harus menyempatkan diri untuk menulis, walaupun itu hanya satu kata saja.

  2. Gali kemampuan, kenali dan pahami kemampuan Sobat yang ingin dijadikan branding diri, seperti yang Abhi katakan diatas PB itu sebenarnya sudah melekat dalam diri kita, hanya bagaimana kita mau kembangkan lagi.

  3. Upgrade Skill, setelah menemukan kemampuan, langkah selanjutnya adalah upgrade skill yang Sobat kuasai, tingkatkan terus sampai Sobat merasa cukup menguasai akan skill-skill yang ingin ditampilkan. Ikuti event menulis atau lomba blogging, itu akan mengasah skill kita.

  4. Aktif di sosial media, jika ingin dikenal ya aktiflah di sosmed, bikin konten yang sesuai dengan PB kita, gunakan variasi konten untuk menarik orang follower yang menyukai karya-karya kita.

  5. Bergabung dengan komunitas, ada banyak komunitas blogging, salah satunya Blogspedia, bergabung bersama komunitas yang sesuai dengan PB yang ingin kita tampilkan akan mengupdate skill yang kita miliki.

  6. Bangun jaringan, bergabung dalam komunitas tidak hanya mengupdate skill tetapi juga salah satu upaya dalam membangun jaringan pertemanan, Sobat tidak bisa maju jika hanya bergerak sendiri, terkadang kita juga butuh jaringan pertemanan yang bisa saling support.

  7. Evaluasi, lakukan evaluasi secara rutin atas apa yang sudah Sobat lakukan dalam membangun personal branding, ini juga akan membuat kita lebih tahu apa yang lebih dan apa yang kurang dalam membangun PB.

Yups, itulah 7 poin yang saya terapkan dalam mambangun PB sebagai seorang blogger, kalau Sobat bagaimana?

Tips dari saya jika ingin branding menjadi seorang penulis, tidak usah minder dengan apa yang sudah Sobat tulis, baik atau buruk itu adalah tulisan Sobat, jika ada yang tidak suka dan berkomentar negatif ya berarti mereka mungkin bukan pembaca yang ditakdirkan sebagai penggemar tulisan kita.

Jadikan komentar negatif itu sebagai pijakan untuk bisa sampai ke tingkat teratas dari impian yang Sobat miliki.

 Begitulah kiranya cara membangun personal branding for blogger untuk jadi pribadi terbaik menurut Abhi, semoga tulisan ini bisa memberi pemahaman yang baik untuk Sobat semua.

 

0 thoughts on “Personal Branding for Blogger Cara Menjadi Pribadi Terbaik”

Leave a Comment