| Home / pesan makanan di grabfood / Peluang Bisnis Makanan Online, Apakah Menguntungkan?

Peluang Bisnis Makanan Online, Apakah Menguntungkan?

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

Bisnis jual makanan online adalah salah satu jenis usaha yang semakin populer di era digital saat ini. Dengan adanya aplikasi pesan makanan online, banyak orang yang memanfaatkan peluang usaha makanan ini untuk mendapatkan penghasilan. Namun, apakah peluang bisnis makanan online ini benar-benar menguntungkan? Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis ini? Dan bagaimana cara menjalankan bisnis ini dengan efektif dan efisien? Artikel ini akan membahas hal-hal tersebut.

peluang bisnis makanan online

Peluang Bisnis Makanan Online

Menurut data dari sebuah media survey online, nilai transaksi kotor (gross merchandise value/GMV) pemesanan makanan melalui platform digital di Indonesia mencapai USD4,5 miliar pada 2022. Ini menunjukkan bahwa ada permintaan yang tinggi akan layanan pesan antar makanan online di Indonesia. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang membuat peluang usaha makanan online ini cukup menjanjikan, antara lain:

  1. Makanan dan minuman adalah kebutuhan dasar manusia yang tidak akan pernah habis. Apalagi di Indonesia, ada banyak variasi makanan yang bisa ditawarkan, mulai dari makanan tradisional hingga makanan kekinian.
  2. Banyak orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk memasak sendiri. Mereka lebih memilih untuk memesan makanan online yang praktis dan cepat. Selain itu, ada juga orang yang hobi mencoba makanan baru dan mencari sensasi kuliner yang berbeda.
  3. Banyak platform digital yang menyediakan layanan pesan antar makanan online, seperti Ayomakan.com, GoFood, GrabFood, ShopeeFood, dan lain-lain. Ini memudahkan para penjual makanan online untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan omset penjualan.
  4. Modal usaha makanan online relatif kecil dan fleksibel. Penjual makanan online tidak perlu menyewa tempat atau properti lainnya. Mereka bisa memproduksi makanan di rumah atau di dapur bersama. Selain itu, mereka juga bisa memilih sistem reseller atau dropship untuk menjual produk makanan dari supplier lain.
  5. Bisnis makanan online memiliki potensi untuk berkembang dan bersaing. Penjual makanan online bisa melakukan inovasi dan kreativitas untuk menciptakan produk makanan yang unik, menarik, dan lezat. Mereka juga bisa memanfaatkan media sosial dan strategi pemasaran lainnya untuk mempromosikan bisnis mereka.

Tantangan Bisnis Makanan Online

Meskipun memiliki peluang yang cukup besar, peluang bisnis makanan online juga memiliki tantangan dan risiko yang harus dihadapi. Beberapa tantangan yang umum dijumpai oleh para penjual makanan online adalah:

  1. Persaingan yang ketat. Ada banyak penjual makanan online yang menawarkan produk yang serupa atau bahkan sama. Ini membuat konsumen memiliki banyak pilihan dan lebih mudah beralih ke penjual lain. Oleh karena itu, penjual makanan online harus bisa membedakan diri dari pesaing dan memberikan nilai tambah kepada konsumen.
  2. Kualitas dan keamanan makanan. Penjual makanan online harus bisa menjaga kualitas dan keamanan makanan yang mereka jual. Mereka harus memperhatikan bahan baku, proses produksi, kemasan, penyimpanan, dan pengiriman makanan. Mereka juga harus memenuhi standar dan peraturan yang berlaku terkait dengan bisnis makanan.
  3. Kepuasan dan loyalitas konsumen. Penjual makanan online harus bisa memberikan pelayanan yang baik dan profesional kepada konsumen. Mereka harus bisa menanggapi keluhan, saran, dan masukan dari konsumen dengan cepat dan ramah. Mereka juga harus bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan kepada konsumen, sehingga konsumen mau kembali memesan dan merekomendasikan bisnis mereka.

Tips Jual Makanan Online

Untuk menjalankan peluang bisnis makanan online dengan sukses, ada beberapa tips yang bisa diikuti oleh para penjual makanan online, antara lain:

  1. Kenali target pasar dan segmentasi. Penjual makanan online harus mengetahui siapa konsumen potensial mereka, apa kebutuhan dan preferensi mereka, dan bagaimana cara menjangkau mereka. Dengan demikian, penjual makanan online bisa menyesuaikan produk, harga, dan strategi pemasaran mereka dengan target pasar mereka.
  2. Buat website atau toko online. Website atau toko online adalah salah satu media yang efektif untuk memperkenalkan dan menjual produk makanan online. Penjual makanan online bisa membuat website atau toko online yang menarik, informatif, dan mudah digunakan. Mereka juga bisa memanfaatkan fitur-fitur seperti testimoni, ulasan, rating, dan chatbot untuk meningkatkan kredibilitas dan interaksi dengan konsumen.
  3. Bergabung dengan platform digital. Selain membuat website atau toko online sendiri, penjual makanan online juga bisa bergabung dengan platform digital yang menyediakan layanan pesan antar makanan online, seperti GoFood, GrabFood, ShopeeFood, dan lain-lain. Dengan bergabung dengan platform digital, penjual makanan online bisa memperluas jangkauan pasar, meningkatkan visibilitas, dan memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh platform tersebut, seperti sistem pembayaran, pengiriman, dan promosi.
  4. Lakukan promosi dan pemasaran. Promosi dan pemasaran adalah salah satu kunci untuk menarik dan mempertahankan konsumen. Penjual makanan online bisa melakukan promosi dan pemasaran melalui berbagai cara, seperti media sosial, email marketing, word of mouth, iklan online, dan lain-lain. Penjual makanan online juga bisa memberikan diskon, voucher, atau hadiah untuk menarik minat konsumen.
  5. Jaga kualitas dan kepuasan konsumen. Kualitas dan kepuasan konsumen adalah hal yang sangat penting untuk bisnis jual makanan online. Penjual makanan online harus bisa menjaga kualitas dan keamanan makanan yang mereka jual, mulai dari bahan baku, proses produksi, kemasan, penyimpanan, hingga pengiriman. Penjual makanan online juga harus bisa memberikan pelayanan yang baik dan profesional kepada konsumen, mulai dari menanggapi pesanan, keluhan, saran, dan masukan dengan cepat dan ramah, hingga memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan kepada konsumen.

Kesimpulan

Bisnis jual makanan online adalah salah satu jenis usaha yang cukup menguntungkan di era digital saat ini. Para penjual makanan online dapat memanfaatkan banyak peluang usaha mulai dari makanan tradisional hingga makanan kekinian. Namun, mereka juga harus menghadapi tantangan dan risiko, seperti persaingan ketat, menjaga kualitas dan keamanan makanan, serta mempertahankan kepuasan dan loyalitas konsumen. Agar bisnis jual makanan online sukses, para penjual dapat mengikuti beberapa tips, seperti mengenali target pasar dan melakukan segmentasi, membuat website atau toko online, bergabung dengan platform digital, melakukan promosi dan pemasaran, serta menjaga kualitas dan kepuasan konsumen. Dengan demikian, peluang bisnis makanan online bisa menjadi usaha yang menguntungkan dan berkelanjutan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar