Paradoks (Memoar Catatan Sulaeman)

paradoks-memoar-catatan-sulaeman

Merujuk pada KBBI Paradoks adalah sebuah pernyataan yang seolah-olah bertentangan atau berlawanan dengan asumsi umum, tetapi dalam kenyataannya mengandung sebuah kebenaran. Sedangkan Memoar adalah karangan yang mencertitakan secara khusus pengalaman hidup seseorang.

 

Sulaeman masih duduk termenung sendiri di pinggir dermaga, sambil matanya menatap kosong Laut Sawu yang luas terhampar didepannya. Sebetulnya, tadi ada beberapa orang yang juga duduk di pinggir dermaga itu. Namun, satu persatu sudah pergi meninggalkan tempat itu karena hari sudah menjelang petang.

 

Ada ganjalan yang menyumbat otak Sulaeman, puluhan pertanyaan menggumpal menanti sebuah jawaban yang mungkin hanya dia sendiri yang bisa menjawabnya. Salah satu pertanyaannya seperti, mengapa dia bisa sampai di pulau ini? Jauh dari rumah, jauh dari keluarga. Untuk apa semua ini? Ada rasa mangkel di hati Sulaeman, mengapa harus dia yang terdampar disini, padahal seharusnya ada orang lain yang bisa dan lebih mampu mengemban tugas ini.

 

Dalam diamnya, Sulaeman menemukan jawaban yang sederhana, tentang mengapa dia sampai disini dan mengapa tidak orang lain yang dipilih untuk ke pulau ini. Jawabannya adalah karena kamu istimewa. Sebuah jawaban simple tetapi bermakna mendalam.

Leave a Comment