| Home / Edukasi / Panduan Blogging Bagi Pemula (Part 2)

Panduan Blogging Bagi Pemula (Part 2)

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

Halo rekan2, semoga anda semua dalam keadaan sehat dan sukses.
Saya akan melanjutkan pembahasan dari artikel saya sebelumnya tentang Panduan Blogging Bagi Pemula .

panduan blogging

 

Bingung ? Mulai dari mana?  

Tidak ada yang susah selama kita mau mencoba, beberapa hal ini bisa anda jadikan patokan jika ingin memulai blogging,

  1. Tentukan Arah Blogging Anda, menentukan arah dan tujuan blogging adalah salah satu hal yang bisa membuat anda konsisten dalam mengurus blog anda nantinya. Blogging butuh waktu, tenaga dan pikiran jangan sampai anda nanti berhenti ditengah jalan hanya karena anda tidak mempunyai arah yang tepat dalam blogging.
  2. Pilih Tema yang Familiar, maksud saya familiar adalah tema yang anda sukai bisa merupakan hobi atau paling tidak anda menguasai tema yang anda ingin share dalam blog.
  3. Pilih Aplikasi Blogging Anda, ada banyak layanan atau aplikasi blogging di internet, beberapa diantaranya adalah Blogger.com dan WordPress.com, anda bisa memilih untuk fokus di salah satu plaform tersebut, kalau saya lebih familirar dengan Blogger, walaupun pada awalnya saya memakai WordPress, tapi lebih mudah menggunakan Blogger. Next saya akan tuliskan tentang Panduan Blogger Untuk Pemula.
  4. Mulai Blogging, memulai blogging sama dengan mulai menulis dengan tema yang anda rencanakan sebelumnya, mulailah dengan tulisan-tulisan yang ringan terlebih dahulu sebelum anda memulai pembahasan yang lebih berat.
  5. Custom Blog Anda, agar lebih maksimal dalam tampilan anda dapat mengganti tema dan menambahkan beberapa widget, tetapi terlalu sering mengganti-ganti tema juga akan sangat membuang waktu anda.

Sudah Mulai? Kembangkan Blog Anda

 

Nah..jika anda sudah memulai semua dengan baik, kini saatnya anda  fokus pada pada beberapa hal berikut ini,

  1. Fokus dan Konsisten pada Tema Blog, menghadirkan tulisan yang disukai oleh pembaca memang gampang-gampang susah, karena pembaca juga menilai artikel-artikel lain yang bertebaran di jagat blogging. Berikan pembaca anda konten yang berkualitas dan juga mudah dipahami oleh para pembaca blog anda.
  2. Blogwalking, kunjungi blog lain yang mempunyai tema yang sama dengan blog anda, tinggalkan jejak yang berkualitas dan ajak pemilik blog yang anda kunjungi juga mau mengunjungi blog anda.
  3. Social Bookmaring, ini juga mempunyaiperan yang sangat besar dalam perkembangan blog anda nantinya. manfaatkan social media seperti facebook dll, kunjungi juga beberapa forum dan berinteraksilah disana, dengan harapan pengunjung blog anda akan meningkat.
  4. Berkenalan dengan SEO, SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah usaha mengoptimalkan blog/web pada mesin pencari.Gunakan saja SEO dasar untuk blog anda,tetapi jika anda ingin belajar untuk menjadi seorang yang berpengalaman dibidang ini silakan saja.
  5. Jangan Pernah Berhenti Belajar, perkembangan dunia Blogging berkembang setiap waktu,aturan-aturan baru dalam blogging juga akan terus diperbaharui. Ini sangatlah menuntut anda untuk mengikuti setiap perkembangan yang ada. Selain itu tema yang anda tuliskan juga belumtentu bisa selalu menjadi tren di dunia internet,perlu dipikirkan juga untukmembuat blog baru dan tema pembahasan yang baru juga.

Next : Monetize Your Blog !

Salam Sukses !!!

Bagikan:

Tinggalkan komentar