| Home / Motivasi / Negative Thinking dan Pikiran Bawah Sadar

Negative Thinking dan Pikiran Bawah Sadar

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

negatif-thinking

Kali ini pembahasannya agak berat dikit ya… , Saya akan membahas tentang pikiran bawah sadar.

Bagi yang belum kenal dengan pikiran bawah sadar sebaiknya anda mulai mengenalinya karena pikiran ini sebenarnya sangatlah dekat dengan anda dan ada selama anda hidup.
Pikiran bawah sadar adalah bagian dari otak kita yang memberikan perintah tidak sadar (auto pilot). Pikiran sadar bekerja saat anda aktif bertindak (sadar) seperti berpikir, melihat, berbicara, mendengar, atau melakukan aktivitas lain, dan akan beristirahat ketika anda tidur.
Sementara itu, pikiran bawah sadar bekerja setiap saat. Pikiran ini merekam atau mengingat semua hal yang anda lakukan.
Misal saat anda menyentuh api yang panas, maka informasi bahwa api panas itu akan terekam dipikiran bawah sadar, lalu saat anda berfikir bahwa menulis adalah satu hal yang sulit, maka itu pulalah yang akan terekam pada bawah sadar anda.
Dari fungsinya tersebut pikiran bawah sadar mempengaruhi pola pikir, kreativitas, kepribadian, keyakinan, persepsi dan fungsi organ-organ tubuh.
Ada hal dan fakta yang membuat saya merasa aneh, geli dan juga merasa ini adalah hal yang sadis. Bawah sadar lebih menyukai atau merespon hal negatif. Saat kita berusaha mengarahkan pikiran sadar kita pada hal positif, seketika itu juga bawah sadar akan dipenuhi oleh pemikiran negatif.
Itulah mengapa kabar hoax akan lebih cepat menyebar dari pada fakta yang ada, hal yang buruk akan lebih cepat disebarkan dari pada hal yang baik. Seperti yang sedang terjadi di negara kita saat ini.
Oleh karenanya, kita harus selalu memberikan pemikiran positif agar bawah sadar tidak kembali ke kecenderungan nya untuk merespon hal negatif.
Bisa jadi pada setiap agama tentang setan yang bersemayam dalam diri anak Adam, yang selalu berjalan mengikuti aliran darah manusia, berasal dari kecenderungan pikiran bawah sadar yang cepat merespon dan cenderung menerima hal-hal yang negatif.
Dalam Islam atau agama langit lainnya ada ritual yang harus dilakukan agar setan dalam diri ini bisa terkendali, jika dalam Islam sendiri ada Zikir, Doa, Sholat, Tafakur, Bersahabat dengan orang Shalih, Qanaah, Berserah Diri, Membaca Quran, beserta memahami maknanya, menjauhi hal yang sia-sia adalah diantara metode pengkondisian agar bawah sadar tetap stabil dan lebih cenderung pada kebaikan dan kebenaran sejati.
Walaupun begitu kadang kita pun masih dikuasai oleh bawah sadar kita, menjadi mengila dengan ego dan pemikiran tentang kebenaran sendiri, tanpa peduli bahwa akan menimbulkan dampak buruk bagi orang lain.
Tetapi setelah anda mengetahui alurnya dan bisa mengkondisikan hal tersebut, terserah anda mau ngikut yang mana. Mau mengikuti hal yang baik atau mengikuti kecendrungan bawah sadar kita.
Terus belajar, belajar pengendalian diri itu untuk selamanya, sampai anda nanti mati…
Karena apa…
“Setan” dalam pikiran anda perlu dikendalikan atau jika tidak maka dia yang akan mengendalikan anda.
Well… life must go on, hadapi, nikmati dan kita harus sama-sama saling mengingatkan tentang hal yang baik dan buruk.
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk rekan-rekan semua, terima kasih.
Bagikan:

Tinggalkan komentar