Apa yang Kita Dengar adalah Apa yang Kita Pikirkan

Pada suatu hari seorang guru menugaskan kepada kedua muridnya untuk melakukan penelitian disebuah rumah sakit yang sangat terkenal di kota itu. Mereka diberikan waktu satu minggu untuk merangkum hasil penelitian itu dan disampaikan dalam sebuah pertemuan.

Setelah satu minggu berlalu, mereka berkumpul di sebuah ruangan kelas. Sang guru mempersilahkan murid pertama untuk menyampaikan apa yang dia dapatkan selama satu minggu ini.

“Menurut saya rumah sakit itu sangatlah bagus dan sesuai dengan apa yang masyarakat pikirkan selama ini, karena menurut data yang saya dapatkan dari bagian administrasi, setiap harinya banyak pasien yang pulang karena sudah sembuh dari penyakit yang mereka derita.”

Dengan sangat menggebu-gebu murid pertama menceritakan apa yang dia dapatkan dari bagian administrasi rumah sakit, sang guru hanya tersenyum dan diam, lalu dia mempersilahkan murid kedua untuk menyampaikan apa yang dia dapatkan dari penelitiannya.

“Rumah sakit itu sangatlah jelek dan tidak bermutu !”

“Dari data yang saya kumpulkan di bagian kamar jenazah, sangat banyak pasien yang tidak tertolong dan akhirnya meninggal. Ini sangatlah berbeda dengan apa yang masyarakat lihat selama ini, ternyata rumah sakit itu sangat tidak berkwalitas.”

Rupanya murid kedua ini mengambil data dari bagian lain dan hasil yang didapatkan sangatlah bertolak belakang dengan apa yang didapatkan oleh murid pertama.

Sang guru pun lalu menjelaskan bahwa hasil yang mereka dapatkan tidak ada yang benar dan tidak adapula yang salah, karena mereka mempunyai sudut pandang yang berbeda saat pengambilan data.

Kesimpulannya adalah setiap peristiwa jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda akan mendapatkan kesimpulan yang berbeda juga. Apa yang kita dengar akan mempengaruhi cara berpikir kita akan sebuah masalah atau sebuah peristiwa.

Contohnya saat setiap hari apa yang kita dengar dan kita lihat adalah berita kriminal maka kita akan berpikir bahwa ternyata banyak kejahatan disekitar kita, sehingga kita menjadi orang yang selalu curiga dengan orang lain dan cenderung penakut.

Nah..kini saatnya anda mulai memilah apa yang anda dengar dan lihat karena ini akan berpengaruh dengan cara berpikir anda, sesungguhnya dunia ini sangat indah jika kita selalu berprasangka baik dan berpikiran positif.

Salam damai dan sejahtera kawan, terima kasih sudah berkunjung di blog saya ini.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published