Motivasi Diri, Saat Kamu Dititik Terendah

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

1000 kali kita berbuat baik belum tentu dikenang oleh orang lain, tapi satu kali saja kita berbuat kesalahan akan selalu dibicarakan oleh orang lain.”

Catatan Motivasi Diri – Arief Tri
motivas diri saat dititik terendah

ari3yanto.com – Terkadang orang memang cenderung lebih melihat satu kesalahan dari pada 1000 kebaikan yang kamu lakukan. Namun tetaplah semangat untuk selalu berlaku baik karena sifat semesta ini adalah setiap kebaikan akan kembali pada si pembuatnya.

Untukmu yang saat ini sedang terpuruk, semoga motivasi diri ini membuatmu tetap kuat, jagalah kesehatan, selalu berusaha menjadi baik walau tidak dianggap baik.Tetaplah semangat, jangan pernah, menyerah ikuti alurnya, nikmati prosesnya, ikhlas dan bersyukurlah, karena semesta tahu kapan kamu harus bahagia.

Ketika malam datang menggantikan siang, sesungguhnya mengingatkan kita bahwa terang tidak selamanya ada, sulit, sakit, tak selamanya bertahan, ada gelap dan pahit manisnya kehidupan, maka jadilah kuat, jika lelah istirahatlah sejenak, karena dunia tak akan ada habisnya untuk dikejar.

“Sejauh apapun kita mengejar dunia, garis akhirnya hanyalah kematian.”

Catatan Motivasi Diri – Arief Tri

Semua orang punya cerita tentang rumitnya perjalanan hidup, begitu banyak hal yang sangat menyakitkan harus dilewati, namun nyatanya hingga saat ini segalanya masih bisa dilewati.

Kuncinya? Jalani saja, karena semua akan berlalu. Semua ada jalannya dan semesta tahu jika kita mampu melewatinya.

Sebenarnya kamu sanggup dan kuat, hanya saja kamu sering terlalu cemas di awal sebelum menjalaninya ini hanya permasalahan yang tidak mudah, bukan berarti tidak mungkin.

Teruslah melangkah, lari jika bisa, berjalan jika perlu, merangkak jika harus, tapi jangan perah berhenti dan menyerah pada apapun yang kamu hadapi.

“Hidup bukanlah tentang siapa yang bisa bersinar lebih terang tapi tetang siapa yang terus bisa bertahan, meskipun ia sedang redup.”

Catatan Motivasi Diri – Arief Tri

3 Hal yang Harus Diingat Untuk Motivasi Diri

Ada tiga hal yang harus diingat agar bisa memotivasi diri,

  1. Tidak semua badai datang untuk menghancurkan hidupmu, beberapa datang malah untuk membuka jalan untukmu.
  2. Jangan pernah terikat dengan masa lalumu itu hanya pelajaran bukan hukuman seumur hidup.
  3. Maafkan orang lain ketika kamu memilih untuk memaafkan kamu akan menjadi bebas dan ketika kamu memilih untuk melepaskan kamu akan mulai tumbuh.

Ketika kamu memiliki hati yang baik kamu akan mudah kasihan dengan orang lain, kamu akan mudah memberi, kamu akan sering menolong, kamu akan sering mengalah untuk kepentingan orang lain dan seterusnya.

Di sisi lain kamu juga harus memahami bahwa tidak semua orang cukup diri dan tahu berterima kasih. Maka, jika suatu saat kebaikanmu dimanfaatkan oleh orang lain, atau bahkan kamu tersakiti padalah kamu sudah bebuat baik kepadanya, yakinkan dirimu, bahwa semesta ini tidak akan membiarkan dirimu terus disakiti karena kebaikanmu yang tulus.

Telinga jangan terlalu panas ketika mendengar omongan yang tidak benar tentangmu, mulut jangan terlalu kasar, ketika kamu tidak terima dengan omongan orang lain yang tidak sesuai dengan kemauanmu, dan hati jangan emosi ketika kamu merasa tersudut tetaplah tenang, sadari bahwa setiap tindakan dan ucapan yang akan kamu lakukan selalu ada konsekuensi yang akan kembali kepadamu.

Tetaplah tampil sederhana tanpa harus memaksa diri untuk terlihat istimewa hiduplah sesuai dengan kebutuhan jangan turuti keinginan dunia ini tak ada habisnya jika dikejar jika merasa lelah coba letakkan sejenak bebanmu lihat dirimu sendiri, perjalananmu masih panjang, mungkin kamu terlalu banyak membawa beban, yang tidak kamu perlukan.

“Lihatlah dirimu sendiri, jangan terlalu menilai orang lain, ketika kamu melihat dirimu sendiri, kamu akan menjadi dirimu yang sesungguhnya.”

Catatan Motivasi Diri – Arief Tri

Terkadang gajah di kelopak mata tidak terlihat, sedangkan semut diberang sungai terlihat jelas, seperti itu juga kita akan terus menderita karena tidak mampu melihat kekurangan diri, malah sibuk mempermasalahkan kesalah-kesalahan kecil yang dilakukan orang lain

Esensi dari kejujuran bukan saat kita mampu menunjukkan bukti-bukti bahwa kita jujur, tapi saat kita bertanya pada diri sendiri, Apakah kamu jujur? Lalu dengan berani kita menjawab; YA dan kita siap menghadapi segala konsekuensinya.

Masalah akan menjadi lebih besar jika kita melepas tanggung jawab, pada awalnya masalah akan mendatangkan kesulitan tapi pada akhirnya masalah akan mendatangkan pembelajaran, cara terbaik untuk bersabar menghadapi masalah adalah rajin bekerja menyelesaikan masalah itu.

Bersabarlah, tak peduli seberapa sulit dan gelapnya jalan yang akan kamu lalui, hidup ini bukan hanya mencari jalan yang terbaik. Namun, lebih kepada menerima kenyataan. Bersahabatlah dengan masalah, karena masalah yang akan membuatmu tumbuh dalam kebijaksanaan orang yang kuat itu adalah orang yang sabar dan ikhlas ketika menghadapi masalah.

Sabar dan ikhlas memang tak mudah, tapi itu harus, belajarlah untuk melepas dan menerima arti kehilangan.

Ada dua hal yang harus kita jaga,

  1. Pertama, jagalah kesabaran disaat kita tidak memiliki apa-apa.
  2. Kedua jagalah sikap kita saat kita telah memiliki segalanya.

Penutup

Sebagai penutup, ingatlah pesan ini, hidup yang baik, berawal dari pikiran yang baik, hidup yang berkah, berawal dari pikiran yang berkah, kadang kamu harus berhenti sejenak dan mengingat kembali betapa indah dan beruntungnya kamu coba saja, pejamkan mata, tenangkan dirimu, lalu tarik nafas yang dalam dan hembuskan nafasmu rasakan sadari begitu mudahnya kamu menarik nafas itu.

Ketika kamu membuka mata dan bisa melihat dunia bersyukurlah karena tidak semua orang seberuntung dirimu dan hari ini, sudah waktunya melangkah lagi, tapi tanpa perlu terburu-buru, terus belajar untuk mengendalikan pikiranmu, dan jadilah bahagia tanpa harus berpura-pura. Semoga tulisan ini bisa me motivasi diri mu yang kini sedang terpuruk dalam titik terendah hidupmu.

Bagikan:

Leave a Comment