| Home / Tips Menulis / Mengenal Teknik Penulisan Artikel, 4 Teknik Agar Artikel Berkualitas

Mengenal Teknik Penulisan Artikel, 4 Teknik Agar Artikel Berkualitas

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

Mengenal Teknik Penulisan Artikel. Artikel adalah sebuah karya tulis yang berisi informasi, opini, atau gagasan tentang suatu topik tertentu, biasanya ditulis untuk dimuat di media massa, seperti koran, majalah, atau website. Artikel memiliki tujuan untuk memberikan informasi, mengedukasi, menghibur, atau mempengaruhi pembaca.

Teknik Penulisan Artikel

Namun, menulis artikel tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa teknik penulisan artikel yang perlu dikuasai agar artikel dapat menarik perhatian dan memenuhi standar kualitas. Teknik penulisan artikel meliputi proses menulis artikel, struktur artikel, gaya bahasa, dan teknik optimasi artikel. Mengenal teknik penulisan artikel dengan baik akan meningkatkan kualitas artikel yang Anda tulis.

Proses Menulis Artikel

Ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum, saat, dan sesudah menulis artikel.

Proses menulis artikel terdiri dari tiga tahap, yaitu:

  1. Pra-menulis. Tahap ini meliputi penentuan topik, tujuan, sasaran, dan sumber informasi artikel. Tahap ini juga melibatkan riset, pengumpulan data, dan penyusunan kerangka artikel. Tahap ini sangat penting untuk mempersiapkan bahan dan arah penulisan artikel.
  2. Menulis. Tahap ini adalah tahap menuliskan artikel sesuai dengan kerangka yang telah dibuat. Tahap ini membutuhkan kreativitas, keterampilan, dan ketelitian dalam menyampaikan informasi, opini, atau gagasan. Tahap ini juga memerlukan penggunaan gaya bahasa yang sesuai dengan tujuan dan sasaran artikel.
  3. Pasca-menulis. Tahap ini adalah tahap penyelesaian dan penyempurnaan artikel. Tahap ini meliputi pengecekan, revisi, dan editing artikel. Tahap ini bertujuan untuk memastikan bahwa artikel tidak mengandung kesalahan ejaan, tata bahasa, atau fakta. Tahap ini juga melibatkan pengoptimalan artikel agar lebih mudah ditemukan dan dibaca oleh pembaca.

Mengenal Teknik Penulisan Artikel #2 – Struktur Artikel

Struktur artikel adalah susunan bagian-bagian artikel yang membentuk kesatuan yang utuh dan logis. Struktur artikel umumnya terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  1. Judul. Judul adalah bagian yang paling penting dalam artikel, karena judul adalah hal pertama yang dilihat oleh pembaca. Judul harus menarik, informatif, dan relevan dengan isi artikel. Judul harus mampu menimbulkan rasa penasaran, minat, atau keingintahuan pembaca untuk membaca artikel lebih lanjut.
  2. Pembuka. Pembuka adalah bagian yang berisi pengantar atau latar belakang artikel. Pembuka harus mampu memberikan gambaran umum tentang apa yang akan dibahas dalam artikel. Pembuka juga harus mampu menarik perhatian dan mempertahankan minat pembaca untuk melanjutkan membaca artikel. Pembuka dapat berupa fakta, statistik, pertanyaan, kutipan, atau anekdot yang berkaitan dengan topik artikel.
  3. Isi. Isi adalah bagian yang berisi informasi, opini, atau gagasan utama yang ingin disampaikan dalam artikel. Isi harus disusun secara sistematis, jelas, dan padat. Isi harus didukung oleh data, fakta, atau sumber yang valid dan kredibel. Isi harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami, lugas, dan objektif. Isi dapat dibagi menjadi beberapa sub-bagian atau paragraf, sesuai dengan kebutuhan dan tujuan artikel.
  4. Penutup. Penutup adalah bagian yang berisi kesimpulan atau rangkuman dari artikel. Penutup harus mampu memberikan pesan atau poin penting yang ingin disampaikan dalam artikel. Penutup juga harus mampu memberikan rekomendasi, saran, atau ajakan kepada pembaca. Penutup harus menggunakan bahasa yang tegas, singkat, dan menarik.

Mengenal Teknik Penulisan Artikel #3 – Gaya Bahasa

Gaya bahasa adalah cara penyampaian informasi, opini, atau gagasan dalam artikel. Ini dipengaruhi oleh tujuan, sasaran, dan media artikel. Gaya bahasa dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

  1. Gaya bahasa informatif. Gaya bahasa ini digunakan untuk menyampaikan informasi yang faktual, objektif, dan netral. Gaya bahasa ini cocok untuk artikel yang bertujuan untuk memberikan informasi, pengetahuan, atau edukasi kepada pembaca. Contoh artikel yang menggunakan gaya bahasa informatif adalah artikel berita, artikel ilmiah, atau artikel sejarah.
  2. Gaya bahasa persuasif. Gaya bahasa ini digunakan untuk menyampaikan opini atau gagasan yang bertujuan untuk mempengaruhi, membujuk, atau mengajak pembaca. Gaya bahasa ini cocok untuk artikel yang bertujuan untuk mengubah sikap, perilaku, atau keputusan pembaca. Contoh artikel yang menggunakan gaya bahasa persuasif adalah artikel opini, artikel kritik, atau artikel iklan.
  3. Gaya bahasa naratif. Gaya bahasa ini digunakan untuk menyampaikan informasi, opini, atau gagasan dalam bentuk cerita. Gaya bahasa ini cocok untuk artikel yang bertujuan untuk menghibur, menginspirasi, atau menyentuh pembaca. Contoh artikel yang menggunakan gaya bahasa naratif adalah artikel cerpen, artikel biografi, atau artikel pengalaman.

Mengenal Teknik Penulisan Artikel #4 – Teknik Optimasi Artikel

Teknik optimasi artikel adalah cara meningkatkan kualitas dan keterbacaan artikel agar lebih mudah ditemukan dan dibaca oleh pembaca. Teknik optimasi artikel meliputi beberapa aspek, antara lain:

  1. Pemilihan kata kunci. Kata kunci adalah istilah atau frasa yang digunakan oleh pembaca untuk mencari informasi, opini, atau gagasan yang berkaitan dengan topik artikel. Pemilihan kata kunci yang tepat dapat membantu artikel untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari, seperti Google atau Bing. Pemilihan kata kunci harus sesuai dengan topik, tujuan, dan sasaran artikel. Pemilihan kata kunci juga harus mempertimbangkan persaingan, volume, dan relevansi kata kunci tersebut. Kata kunci harus ditempatkan di judul, pembuka, isi, dan penutup artikel, dengan frekuensi yang wajar dan alami.
  2. Pembuatan slug. Slug adalah bagian dari URL yang menunjukkan judul atau topik artikel. Pembuatan slug yang baik dapat membantu pembaca untuk mengetahui isi artikel secara singkat dan mudah. Pembuatan slug juga dapat membantu mesin pencari untuk mengindeks artikel dengan lebih baik. Pembuatan slug harus menggunakan kata kunci, menghindari kata-kata yang tidak penting, dan menggunakan tanda hubung (-) untuk memisahkan kata-kata.
  3. Pembuatan meta deskripsi. Meta deskripsi adalah teks pendek yang muncul di bawah judul artikel di halaman hasil pencarian. Pembuatan meta deskripsi yang menarik dapat membantu pembaca untuk memilih artikel yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Pembuatan meta deskripsi juga dapat membantu mesin pencari untuk memahami isi artikel dengan lebih baik. Pembuatan meta deskripsi harus menggunakan kata kunci, menyampaikan inti artikel, dan menggunakan kalimat yang menggugah.

Kesimpulan

Menulis artikel adalah sebuah keterampilan yang dapat dipelajari dan ditingkatkan. Menulis artikel membutuhkan penguasaan teknik penulisan artikel, yang meliputi proses menulis artikel, struktur artikel, gaya bahasa, dan teknik optimasi artikel. Dengan menguasai teknik penulisan artikel, kita dapat menulis artikel yang informatif, menarik, dan berkualitas. Semoga artikel tentang mengenal teknik penulisan artikel ini bermanfaat untuk Anda, terima kasih sudah membaca.

Bagikan:

Tinggalkan komentar