Cara Mudah Menata Template Blog Sederhana dan SEO Friendly

Template Blog Sederhana dan SEO Friendly

 

Bismillahirrahmanirrahim
Kebanyakan orang mengejar kebahagiaan dengan ingin terlihat mewah. Padahal, hidup sederhana, tidak foya-foya justru bisa membebaskan diri dari kesombongan.
 
Halo Sobat Abhi, semoga Sobat selalu diberikan kesehatan dan keberkahan ya. Pada artikel kali ini ari3yanto.com akan membahas tentang menata Template Blog Sederhana dan SEO Friendly.

Sebagai seorang Blogger, selain bisa membuat sebuah konten berupa tulisan, infografis, audio dan video juga harus bisa membuat tampilan blog menjadi lebih menarik pembaca.

Sebuah blog yang ditata dengan baik akan membuat pengunjung bisa lebih betah berlama-lama blogging di blog kita, itu juga harus didukung dengan konten yang menarik juga ya Sobat.

Bagaimana Agar Blog Menarik?

Ada beberapa point yang bisa membuat blog Sobat menjadi lebih menarik, 

  1. Konten, bagi Blogger konten adalah segalanya, buatlah konten dengan semenarik mungkin, jika perlu buatlah konten yang kekinian.

  2. Optimasi gambar, memaksimalkan gambar pada artikel bisa membuat tulisan anda lebih berwarna dan tidak membosankan.

  3. Template blog, ibarat sebuah rumah, template itu ibarat pernak-pernik yang ada didalamnya, mulai interior, furniture dan warna catnya, semua bisa kita atur dengan menggunakan theme baik itu bawaan dari blogger atau template pihak ketiga.

paling tidak 3 poin utama di atas harus menjadi pondasi dasar dalam ngeblog.

Nah, kali ini kita akan membahas poin yang ke-3 yaitu tentang tema blog, pada kesempatan kali ini yang akan kita ulik adalah tema pada platform Blogger ya.

Langkah Mengubah Tampilan Template Blog Sederhana dan SEO Friendly?

Lalu, bagaimana caranya merubah tampilan Blogspot kita? Sobat bisa masuk ke menu Tema.

Di menu ini ada beberapa tema bawaan Blogger yang bisa Soba pilih, mulai tema sederhana dan simple sampai tema yang kekinian.

Setelah memilih salah satu tema bisa Sobat pilih terapkan agar tampilan blog Sobat berubah sesuai dengan tema yang dipilih.

“Mudah bukan?”

“Sudah gitu aja bang?”

Tenang masih ada lagi ini lanjutannya…

Memilih template tidak hanya mencari yang keren atau yang imut saja ya Sobat, tetapi perlu dipertimbangkan juga untuk bisa memenuhi kaidah SEO.

SEO lagi… SEO lagi…

Memang ya dalam dunia per website an, SEO adalah bintangnya, jadi jika ingin websitenya jadi keren harus dan wajib mengikuti kaidah SEO yang ada.

Ada beberapa catatan yang harus Sobat terapkan saat memilih Blogger theme,

  1. Mudah settingnya,

Bagi blogger yang diurusin ga cuma template tetapi juga konten, terlalu asik ngulik template bisa membuat lupa bikin konten blog.

  1. Cek kualitas SEO,

Template bawaan dari Blogger biasanya kurang bagus susunan heading halaman untuk single post, tetapi ini bisa ulik lagi agar lebih optimal.

Template pihak ketiga juga biasanya perlu dicek lagi, walaupun berlabel SEO ready atau SEO Friendly tak jarang masih ada bagian-bagian yang terlewatkan.

Sobat bisa cek seberapa SEo friendlynya tema yang kita pilih melalui SEOptimer.com.

  1. Loadingnya cepat,

Selain memenuhi kaidah SEO, tema yang fast loading juga patut menjadi pilihan. Cek performa website Sobat melalui https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/, nilai dari hasil pengecekan terkadang berbeda antara demo dengan nilai yang didapat di web kita.

  1. Responsive,

Sebuah template yang kekinian harus optimal saat ditampilkan pada mode desktop atau mode mobile, hal ini dikarenakan banyaknya pengguna yang mobile jadi tampilan web kita juga harus nyaman saat dilihat di gawai.

Referensi Template Blogspot Responsive dan SEO Friendly

Dalam memilih tema Abhi merekomendasikan tema dari pihak ketiga, hal ini karena lebih mudah dan tidak terlalu banyak setting, ingat seorang blogger tidak hanya fokus pada tema blog saja, jadi kita perlu tema yang bagus, simple dan powerfull (ciee..)

  1. Sugeng.id

Mas Sugeng itu pemain lama di dunia pertemplatean Blogger, karyanya bagus-bagus, Blog yuksemangat juga pakai template dari Sugeng.id.

Untuk menggunakan tema seperti VioMagz dari Mas Sugeng Sobat cukup berinvestasi sekitar Rp.220 ribu setelah mendapat potongan, harganya menjadi Rp.197 ribu.

Bagi Sobat yang belum pernah setting template, jangan khawatir Sugeng.id menyediakan panduan lengkap dan solusi dari jika ada kendala.

  1. Dunia Blanter

Disini banyak pilihan template yang bisa Sobat coba, ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Blanter juga menyediakan jasa redesign template, jadi Sobat tidak perlu repot setting atau bermain coding.

Template Blanter yang berbayar bisa didapatkan dengan harga cukup murah mulai dari Rp.70 ribu saja.

  1. Igniel

Template Fiksioner dari Igniel memang terkenal gratis dan SEO friendly, walaupun ada versi premiumnya tetapi menurut Igniel tidak ada perbedaan antara versi free dan premium, hanya kredit di bagian footer saja yang tidak boleh dihilangkan untuk free versionnya.

Yuksemangat.online juga akhirnya ganti template menggunakan Fiksioner agar tampil beda.

Untuk Fiksioner yag premium Sobat cukup mengeluarkan uang Rp.100 ribu saja.

  1. Goyabitemplates.com

Jika masih kurang ada lagi nih Sobat, tempat unduh template blogger gratis namanya goyabitemplates.

Kalau Sobat memakai tema gratis, alangkah baiknya menyertakan kredit pembuatnya di bagian footer. Hargailah pembuat template, karena mereka juga berproses saat membuat sebuah karya.

sebelum dan sesudah yuksemangat

 

Cara Mengganti Template Bawaan Blogger dengan Template Igniel

Lanjut ya, berhubung Abhi baru mengganti template lama menjadi Fiksioner, maka saya akan berikan tutor singkat cara mengganti template blogger menggunakan template pihak ketiga.

  1. Setelah berada di dashboard Blogger, Sobat pilih Tema

  2. Lalu klik tanda panah kebawah pada tombol Sesuaikan

    setting pilih sesuaikan

     

  3. Pada menu ini ada menu Cadangkan, Pulihkan, Beralih ke tema klasik, Edit HTML dan setelan seluler

    menu cadangkan pulihkan edit html

     

  4. Jika ingin menyimpan tema lama, Sobat bisa pilih Cadangkan

  5. Untuk memakai tema pihak ketiga, Sobat pilih Edit HTML

  6. Pada tampilan Edit HTML, klik ditengah kode editor, lalu Select All (CTRL+A) dan DELETE untuk menghapus semua kode yang ada

    tampilan kode editor

     

  7. Selanjutnya buka file Fiksioner.xml yang sudah Sobat unduh sebelumnya, jika belum mengunduh, Sobat bisa kunjungi web Igniel ya.

  8. Buka file xml dengan notepad atau notepad++

  9. Pilih semua kode yang ada, lalu copy kode tersebut.

  10. Paste kode yang tadi sudah di copy ke kode editor yang tadi sudah Sobat hapus kodenya.

  11. Save dan lihat hasilnya.

Bagaimana? Mudah sekali bukan?

 

Kesimpulan

Sebenarnya untuk lebih maksimal lagi ada beberapa perubahan yang harus dilakukan pada kode tema Fiksioner ini, tetapi akan Abhi lanjutkan di artikel yang lain ya.

Ternyata menata template blog sederhana dan SEO friendly itu tidak sesulit yang kita bayangkan, ada panduan di web penyedia template yang bisa kita ikuti, jika ada problem yang tidak biasa, sobat bisa juga bertanya di komunitas blog seperti Blogspedia.

 

 

0 thoughts on “Cara Mudah Menata Template Blog Sederhana dan SEO Friendly”

Leave a Comment