| Home / Kesehatan / Memahami Kesehatan Mental dan Cara Menjaganya

Memahami Kesehatan Mental dan Cara Menjaganya

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

memahami-kesehatan-mental-kita

 

Halo Sobat Sehati, YukSemangat terus dalam menjalani hidup ya dan selalu berpikir positif, jangan biarkan hal-hal negatif merusak kesehatanmu. Kali ini Abhi akan mengajak Sobat untuk lebih memahami tentang kesehatan mental dan bagaimana cara menjaganya.
Abhi menulis artikel ini karena miris dengan beberapa berita yang beredar di media online atau di sosial media.
Berita-berita seperti seorang anak yang mengajak ibunya yang sudah berumur untuk live di tiktok dan melakukan hal yang kurang pantas dengan mengguyur air sesuai banyaknya saweran saat live, ada lagi kasus anak dibawah umur yang dengan tega membunuh temannya dikarenakan ingin menjual organ temannya itu dan menjualnya di internet (astagfirullah…), dan berita lain yang semakin aneh-aneh saja saat ini.
Apakah ini tanda bahwa kesehatan mental masyarakat kita sedang terganggu? Daripada bertanya-tanya yuk belajar bersama untuk mengenali penyakit mental yang ada, supaya kita juga bisa menjaga diri dan keluarga dari berbagai penyakit mental yang saat ini mungkin ada di masyarakat.

Apakah Kesehatan Mental Itu?

Kesehatan mental adalah kondisi fisik dan emosional yang memungkinkan seseorang untuk mengatasi tekanan sehari-hari, bekerja dengan efektif, dan membuat kontribusi yang positif dalam masyarakat. Namun, banyak orang mengalami masalah kesehatan mental, seperti depresi, ansietas, dan gangguan bipolar.
Faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan mental meliputi genetik, lingkungan, dan gaya hidup. Contohnya, seseorang yang memiliki riwayat keluarga dengan masalah kesehatan mental mungkin lebih rentan terhadap masalah tersebut. Lingkungan yang stress, perubahan lingkungan atau peristiwa traumatis, dapat juga menyebabkan masalah kesehatan mental.

13 Masalah Kesehatan Mental

Ada berbagai macam masalah kesehatan mental yang dapat dialami oleh seseorang. Beberapa masalah yang paling umum adalah:
  1. Depresi: merupakan kondisi emosional yang ditandai oleh perasaan sedih, putus asa, dan kurang minat dalam aktivitas yang biasanya menyenangkan.
  2. Ansietas: merupakan reaksi tubuh yang normal terhadap situasi yang menegangkan. Namun, jika seseorang mengalami tingkat ansietas yang tidak sehat, dapat menyebabkan masalah kesehatan mental.
  3. Gangguan bipolar: merupakan kondisi yang ditandai oleh periode mania (suasana hati yang sangat baik) dan depresi yang berulang.
  4. Skizofrenia: merupakan gangguan kesehatan mental yang ditandai oleh perubahan dalam pikiran, persepsi, dan perilaku.
  5. Gangguan Obsesif-Kompulsif (OCD): merupakan kondisi yang ditandai oleh obsesi (pikiran yang mengganggu) dan kompulsi (perilaku yang diulang-ulang) yang menyebabkan kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
  6. Gangguan Alimentasi : seperti anoreksia dan bulimia, merupakan masalah kesehatan mental yang ditandai oleh kesulitan dalam mengatur makanan dan berat badan.
  7. PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) : merupakan masalah kesehatan mental yang ditandai oleh reaksi yang berlebihan terhadap peristiwa yang traumatis.
  8. ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) : merupakan masalah kesehatan mental yang ditandai oleh kesulitan dalam menjaga perhatian dan kesulitan dalam mengendalikan tingkah laku.
  9. Gangguan Kematangan Emosional : merupakan masalah kesehatan mental yang ditandai oleh kesulitan dalam mengendalikan emosi dan membuat keputusan.
  10. Gangguan Kepribadian : merupakan masalah kesehatan mental yang ditandai oleh pola perilaku yang tidak sehat yang mempengaruhi interaksi sosial dan hubungan.
  11. Gangguan Suportif : merupakan masalah kesehatan mental yang ditandai oleh kesulitan dalam mengatasi perubahan atau masalah dalam hidup.
  12. Gangguan Trauma Pasca Kerja : merupakan masalah kesehatan mental yang ditandai oleh reaksi yang berlebihan terhadap situasi kerja yang menegangkan.
  13. Gangguan Pemakai Narkoba : merupakan masalah kesehatan mental yang ditandai oleh ketergantungan atau kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan narkoba.
cara-menjaga-kesehatan-mental-kita

 

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Untuk menjaga kesehatan mental, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti:
  1. Selalu dekatkan diri pada Tuhan dan pegang teguh agama yang kita anut
  2. Mengurangi stres dengan melakukan olahraga atau meditasi
  3. Mengatur waktu untuk diri sendiri dan mengejar hobi
  4. Mengembangkan hubungan sosial yang positif dan dukungan orang lain
  5. Menjaga pola tidur yang sehat
  6. Menghindari atau mengurangi konsumsi alkohol dan rokok
  7. Mencari batuan profesional seperti psikolog
  8. Terapi, obat-obatan, atau kombinasi keduanya dapat membantu seseorang untuk mengatasi masalahnya.
Kesehatan mental sangat penting untuk kualitas hidup seseorang. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan mental dengan melakukan hal-hal yang dapat membantu mencegah masalah dan mencari bantuan jika masalah terjadi.

Kesimpulan

Mungkin faktor lingkungan dan gaya hidup yang membuat orang saat ini banyak mengalami masalah kesehatan mental, apalagi rentan terjadi pada anak-anak, tugas orang tua lah yang harus mengawasi tumbuh kembang anak dan bagaimana mereka berperilaku.
Saling mengingatkan dan mengawasi lingkungan kita, dengan memahami kesehatan mental dan tahu cara mencegahnya kita bisa lebih berhati-hati dan menjaga keluarga kita dari pengaruh negatif yang ada.
Bagikan:

12 pemikiran pada “Memahami Kesehatan Mental dan Cara Menjaganya”

  1. Kesehatan mental dewasa jni menjadi hal yang harus menjadi perhatian bersama ya, terlebih orang jaman sekarang jarang juga interaksi dengan tetangga atau kerabat sehingga tidak ada pengalihan jika stagnan
    Wal hasil jadi burnout, depresi, dan lain sebagainya

    Balas
  2. Ternyata banyak juga ya jenis-jenis kesehatan mental itu. Harus pintar-pintar jaga diri, keluarga, dan lingkungan sekitar agar bisa menjadi support system yang baik untuk kesehatan mental kita

    Balas
  3. Isu kesehatan mental sudah mulai banyak diperhatikan ya. Kadang memang malu bila kita punya isu ini. Sekarang sudah banyak media yang bahas jadi bisa cari ilmu dan referensi nya sendiri. Dan tentunya bantuan profesional tetap diperlukan ya

    Balas
  4. Makin kesini berita makin serem aja, bukan hanya di kota besar, kejahatan udah masuk perkampungan yang tenang. Ternyata banyak juga yaa masalah kesehatan mental yg bisa mengganggu mental kita.

    Balas
  5. Emang bener, kalau lihat berita akhir2 ini bikin ngelus dada dan istigfar… Tips poin pertama bener2 harus dikuatkan. Terimakasih informasi dan pengingatnya

    Balas
  6. Wah penting nih mengenali masalah kesehatan mental dan cara menjaga kesehatan mental. Agar tetap bisa waras dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tentu tidak mudah, ya. Tapi kita bisa memulai menjaga kesehatan mental dari hal-hal kecil dengan konsisten. Namun, jika dirasa butuh konsultasi ke ahlinya, bisa segera dilakukan dan tidak boleh sungkan ya, pak.

    Balas
  7. Bener banget hyung, kalo liat berita akhir2 ini rasanya pengen ngelus dada. Ya Allah ada aja kelakuan orang2 itu..

    Btw, ternyata banyak ya jenis2 gangguan kesehatan mental. Emang bener sih, istirahat cukup dan olahraga itu bisa menjadi salah satu cara menjaga kesehatan yang gak cuma fisik tapi juga psikis..

    Balas
  8. Ternyata ada banyak jenis-jenis kesehatan mental yang baru saya ketahui. Tips menjaga kesehatan mental yang perlu diterapkan agar sehat hati pikiran dan juga mental ya mas.

    Balas
  9. Kesehatan mental memang jadi isu yg paling banyak dibicarakan. Bukan ttg betapa lemahnya generasi masa kini. Tapi krn tantangan zaman yg semakin kompleks… Menjaga kesehatan mental sangat penting jika ingin survive dg kerasnya kehidupan

    Balas
  10. mental health ini sangat penting dan alhamdulillah sekarang mendapat perhatian khusus yaa. namun sayangnya byk para "oknum gen A" yang berlindung dgn ini utk memaklumi karakter yg tidak seharusnya.

    Balas
  11. Di gempuran era seperti ini memang penting banget untuk aware dan memahami mengenai kesehatan mental. Harus lebih mindful mengenai ini dan nggak menjadikan isu ini sebagai kedok juga bagi generasi skg ^^ balance jadinya

    Balas

Tinggalkan komentar