Kegunaan Tepung Maizena yang Harus Kamu Tahu: Menakjubkan!

apa kegunaan tepung maizena

 

Tepung maizena terbuat dari bahan dasar sari pati jagung. Apakah kamu juga tahu kegunaan tepung maizena yang ternyata bisa digunakan untuk berbagai hal, selain sebagai bahan tambahan saat memasak?

Ya, tepung maizena memiliki kegunaan yang menakjubkan dan tidak banyak orang yang tahu tentang hal ini. Jadi, di artikel ini, Kami akan membahas tentang kegunaan tepung maizena yang harus kamu tahu. Siap-siap terkejut!

Mengenal Tepung Maizena

Sebelum memulai dengan kegunaannya, ada baiknya kalau kita juga mengenal lebih jauh tentang tepung yang satu ini.

 

Fakta tentang tepung maizena, Maizena sebenarnya adalah sebuah merek tepung yang pernah dipasarkan di Mexico, tetapi di Indonesia, kata maizena digunakan untuk menyebut tepung yang terbuat sari pati jagung. Ini juga dapat dilihat pada KBBI yang mengartikan mai.ze.na[n] tepung jagung.

 

Pada tahun sebelum 1850 tepung jagung lebih banyak digunakan untuk mencuci pakaian daripada digunakan sebagai bahan masakan.  

Tepung Maizena Sama dengan Tepung Apa?

Seperti yang kita tahu, tepung maizena terbuat dari bahan dasar saripati jagung. Tetapi tepung maizena berbeda dengan tepung jagung, apa bedanya tepung jagung dengan maizena?

Bentuk fisik

Tepung jagung adalah biji jagung yang dihaluskan sehingga bentuknya lebih kasar dibanding tepung yang lain. Sedangkan tepung maizena berbentuk fisik halus sama dengan tepung yang lain karena pembuatannya dari sari pati jagung atau disebut sebagai endosperm.

Warna tepung

Tepung jagung biasanya berwarna kekuningan dan tepung maizena berwarna putih.

Rasa tepung

Karena proses pembuatan tepung jagung dari biji jagung yang dihaluskan maka rasa tepung jagung cenderung manis seperti rasa jagung, sedangkan tepung maizena lebih terasa hambar.

 

Walaupun terbuat dari jagung tetapi 2 tepung ini mempunyai bentuk, warna dan rasa yang berbeda.

Tepung Maizena Terbuat dari Apa?

Jika Sobat bertanya lagi, tepung maizena terbuat dari apa, maka jawabannya adalah terbuat dari sari pati jagung.

 

Lalu, bagaimana proses pembuatan tepung maizena?

 

Untuk proses pembuatan tepung maizena ada 3 metode yang biasa digunakan, apa saja metodenya? Yuk simak penjelasan berikut.

 

  1. Metode pemberasan jagung, biji jagung yang telah bersih  dikeringkan kurang lebih 1-2 jam dengan suhu 5°C, setelah itu biji jagung tersebut digiling dengan menggunakan mesin penggilingan jagung untuk memisahkan endosperm, lembaga dan kulit ari biji jagung, hasil dari proses penggilingan masih perlu dikeringkan untuk menurunkan kadar air menjadi 15% – 18%.

  2. Metode cara perendaman air, metode ini  merendam beras jagung selama 24 jam dengan air, setelah 24 jam, rendaman itu ditiriskan dan dijemur selanjutnya diayak dengan saringan, jika semua telah selesai, tepung dari hasil penyaringan dijemur lagi dibawah sinar matahari agar kadar air turun, tepung dengan kadar air yang tinggi akan menyebabkan tepung cepat rusak, berbau dan berjamur.

  3. Metode perendaman larutan kapur, biji jagung direndam dalam larutan air kapur yang memiliki kandungan kapur sebanyak 5% tujuannya untuk melepaskan pericarp dalam jumlah besar, proses perendaman ini membutuhkan waktu 24 jam kemudian biji jagung dikeringkan sampai kadar airnya menjadi 14%, biji-biji jagung yang kering digiling dan diayak menjadi tepung.

 

Semoga dari penjelasan diatas Sobat menjadi lebih paham bahwa ada perbedaan proses dalam pembuatan tepung maizena dengan tepung jagung.

 

 

Tentang tepung maizena terbuat dari apa (yt. Dapur Nana)

 

Kegunaan Tepung Maizena

Secara umum kita mengetahui bahwa tepung maizena berguna sebagai bahan untuk memasak, dan fungsi utama tepung maizena pada masakan adalah mengentalkan suatu masakan.

 

Tidak hanya itu tepung ini juga bisa diolah menjadi berbagai makanan atau camilan yang nikmat dan lezat.

Kegunaan Tepung Maizena Sebagai Bahan Makanan

11 camilan yang terbuat dari tepung maizena sebagai salah satu bahan memasaknya.

  1. Donat maizena

  2. Lepet jagung

  3. Puding jagung

  4. Bolu maizena

  5. Kue lapis maizena

  6. Kue kering maizena

  7. Cheese cake maizena

  8. Kue basah tradisional

  9. Bakpao maizena

  10. Nagasari maizena 

  11. Tempe goreng tepung maizena

 

Tidak hanya membuat camilan, tepung maizena juga bisa digunakan sebagai pengental pada kuah masakan atau saus, membuat kue kering lebih lembut, dan membuat gorengan lebih renyah.

 

Tepung maizena menambah kelezatan pada berbagai kuliner di Nusantara.

Kegunaan Lain Tepung Maizena

Selain berguna sebagai bahan makanan, ternyata tepung maizena juga mempunyai 11 kegunaan yang ajaib, apa saja kegunaannya?

 

  1. Mengatasi iritasi kulit, bagi Sobat yang mengalami iritasi kulit akibat terkena sinar matahari atau akibat gigitan serangga, bisa mengoleskan pasta maizena yang dibuat dengan mencampur 3 sendok teh tepung maizena dan air dingin.

  2. Deodoran alami, bau badan membuat kita ga’ pede, Sobat bisa menggunakan tepung maizena bersama minyak kelapa dan baking soda. Campur tiga bahan ini dan oleskan pada ketiak, selain mengurangi bau badan juga akan menyerap kelembaban.

  3. Mengurangi bau kaki, kaki yang bau disebabkan karena keringat dan lembab, Sobat bisa menaburkan maizena pada kaki, sepatu atau kaus kaki agar tidak terlalu lembab.

  4. Membersihkan perhiasan perak, gunakan pasta tepung maizena (tepung maizena dicampur air) dengan cara mengoleskannya pada perhiasan atau benda yang terbuat dari perak, biarkan sampai pasta mengering, lalu bersihkan menggunakan lap kering, pasti perhiasan perak Sobat akan kembali berkilau.

  5. Menjadi sampo kering, sampo kering ini bisa digunakan pada kepala kita atau bisa juga digunakan untuk membersihkan bulu anabul, caranya dengan menaburkan tepung maizena pada kulit kepala, selanjutnya gunakan sikat halus untuk menyikat dari akar rambut sampai ujung rambut.

  6. Membersihkan bekas minyak, saat menggoreng seringkali minyak menyiprat ke dinding, Sobat bisa menaburkan tepung maizena ke bekas minyak, baru menggosoknya menggunakan lap kering, pasti noda bekas minyak akan hilang.

  7. Pembersih kaca, gunakan tepung maizena yang dicampur dengan cuka dan amonia, lalu semprotkan pada kaca dan bersihkan menggunakan lap kering, pasti kaca akan tampak kinclong lagi.

  8. Menghilangkan bau karpet, seringkali karena ruangan yang lembab, karpet juga menjadi bau, Sobat bisa menaburkan tepung maizena pada karpet dan mendiamkannya selama 30 menit, lalu bersihkan menggunakan vacum cleaner, pasti bau karpet akan hilang.

  9. Masker wajah, bagi Sobat yang mempunyai wajah berminyak resep ini cocok untuk mengurangi minyak diwajah, campur tepung maizena dengan minyak zaitun, madu dan perasan lemon, lalu oleskan pada wajah sebagai masker, pasti wajah berminyak akan berangsur-angsur menjadi normal.

  10. Menghilangkan noda minyak pada pakaian, oleskan tepung maizena pada pakaian yang terkena minyak, lalu diamkan selama 12 jam, maizena akan menyerap minyak yang ada pada pakaian, setelahnya cuci pakaian seperti biasa.

  11. Menghilangkan bau pada sarung tangan karet, taburan tepung maizena kedalam sarung tangan karet akan mengurangi bau dan juga membuat sarung tangan ini mudah dilepas.

 

Wow, ternyata banyak juga kegunaan tepung maizena, tidak hanya berguna sebagai bahan masakan tetapi juga berguna dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kesimpulan

Tepung maizena berbeda dengan tepung jagung walaupun berasal dari biji jagung.

 

Harga tepung maizena di pasaran juga terbilang murah, mulai Rp. 5.000,- per 100 gr, Sobat bisa klik link ini untuk beli tepung maizena.

 

Artikel ini ditulis untuk mengikuti kompetisi keyword yang diselenggarakan oleh Blogger malang. Semoga artikel tentang kegunaan tepung maizena dan tepung maizena terbuat dari apa ini bisa bermanfaat bagi Sobat.

 
tepung maizena terbuat dari apa lomba artikel 1 - ari3yanto.com

 

 

0 thoughts on “Kegunaan Tepung Maizena yang Harus Kamu Tahu: Menakjubkan!”

  1. oiya baru tahu kalau tepung maizena dan tepung jagung itu beda. Rupanya serupa tapi tak sama ya. Aku juga kalau nggak baca ini pasti bilangnya sama antara tepung jagung dan maizena. Thank you pencerahannya kak ^ ^

    Reply
  2. Suka deh dengan judul artikel yang eye catching (baca: bombastis), tapi isinya juga bagus sih… Aku jadi paham kalau maizena tuh banyak banget manfaatnya>>>

    Reply
  3. Kukira maizena itu ya tepung jagung. Hihihi… Banyak juga kegunaannya ya selain buat masakan. Bikin gorengan dr tepung maizena masih jd pr biar bisa renyah terus

    Reply
  4. Sangat bermanfaat sekali pa artikelnya. Jadi tau ternyata tepung maizena bukan hanya buat kue, bahkan bisa dijadikan obat gatal dan penghilang bau ketiak..hehe

    Reply
  5. Aku dulu blass gak tau tepung maizena. Sejak married suka ke dapur baru deh pakai tepung maizena buat mengentalkan makanan, kaya mac n cheese, spagetti panggang gitu2. Wkwk baru tau manfaatnya lebih dari itu

    Reply
  6. Ini nih yang sering bikin bingung tuh soal pertepungan. Kalo pas labelnya di ilangin bakal ngga bisa jawab satu persatu yang mana tepung sari Pati jagung, dan yang mana tepung jagung. Tapi setelah baca ini jadi ada pencerahan. Terima kasih infonya Pak.

    Reply
  7. HEOLL!! Daebak, maldo andwaee… Itu pas aku baca kegunaan tepung maizena, nggak nyangka sebanyak itu gunanya, segala deodoran sampe shampo kering dibawa-bawa. Wah, mantap banget ini. Kok aku baru tau sih? Haha, nice sharing hyungnim!!

    Selama ini aku pakai maizena yaa buat kebutuhan dapur aja, masak-masak, nggak pernah nyoba dipake yang lain-lain. Walaupun aku udah feeling sih (halah feeling), tepung maizena ini beda dengan tepung jagung. Soalnya kalo tepung jagung pasti kuning kayak jagung, bikinnya pasti gak seribet bikin tepung maizena juga kan.. Baca ini jadi yakin, "tuh kan emang beda dengan tepung jagung…"

    Reply
  8. Ternyata bukan hanya untuk memasak ya, bisa untuk berbagai keperluan, bahkan urusan kaca, karpet, dan minyak juga bisa nih. Ilmu baru nih, bisa diterapkan

    Reply

Leave a Comment