Inspirasi Yulianto dan Boneka Pustaka Bergerak: Pahlawan Literasi Masa Kini

Literasi mungkin satu kata yang sering kita dengar, tetapi adakah yang tahu apa arti literasi itu? Dalam arti sederhana literasi berarti kemampuan untuk membaca dan menulis. Tidak hanya itu literasi juga bisa berarti luas lagi di jaman sekarang ini, seperti kemampuan berbicara, kemampuan berhitung dan kemampuan memecahkan masalah pribadi. Hal mendasar tentang literasi inilah yang membuat Yulianto dan Boneka Pustaka Bergerak nekat menyebar virus literasi di desanya. Lalu, apa saja kegiatan Rumah Baca Bintang, Mas Yulianto dan boneka pustaka bergerak? yuk simak terus artikel ini ya.

 

Kegiatan di Rumah Baca Bintang

inspirasi-yulianto-dan-boneka-pustaka-bergerak
Sumber Gambar https://kumparan.com/lita-lestianti/meski-jalan-berliku-boneka-pustaka-tetap-mengajak-anak-baca-buku-1zWhjMIL3mX/3

Anak-anak terlihat gembira berlarian menuju sebuah rumah sederhana yang terletak di Dusun Jajar, Desa Suberjosari, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Di dalam rumah yang sederhana itu, ternyata penuh dengan berbagai buku bacaan untuk anak dengan berbagai cerita yang menarik. 

 

Sang pemilik rumah, Yulianto juga menyambut anak-anak tersebut dengan senyum lebar bersama boneka yang bernama Nana. Setelah anak-anak duduk melingkar. Kini saatnya Yulianto beraksi bersama Nana, beliau membacakan sebuah buku cerita untuk anak-anak itu. Gaya membaca Mas Yulianto yang ekspresif membuat anak-anak senang dan memperhatikan detail cerita yang disampaikan, setelah cerita selesai, Yulianto mempersilahkan anak-anak untuk memilih dan membaca sendiri buku yang mereka sukai.

 

Begitulah kegiatan setiap harinya diitempat yang diberi nama Rumah Baca Bintang. Di rumah inilah Mas Yulianto menebar virus literasi kepada anak-anak. Metode yang digunakannya bernama Boneka Pustaka Bergerak, dimana beliau menggunakan alat bantu boneka untuk membacakan buku cerita kepada anak-anak.

 

Ditengah keceriannya sebagai pendongeng ternyata Mas Yulianto menderita penyakit yang menyerang daya tahan tubuh, hal ini membuatnya selalu berobat seumur hidupnya. Tidak hanya itu beliau juga pernah mengalami kecelakaan yang membuat tempurung lutut dan tulang lengannya retak. Tetapi semua itu tidak menjadi penghalang bagi Mas Yulianto untuk berjuang menjadi penggiat literasi di daerahnya.

 

Keseruan Anak-Anak di Rumah Baca Bintang

Tidak hanya tentang literasi, di rumah baca ini juga ada kegiatan lain yang membuat anak-anak betah untuk berlama-lama, kegiatannya antara lain:

  1. Mewarnai dan menggambar
  2. Latihan menari
  3. Membuat kerajinan tangan dan origami

Wah, seru sekali ya ternyata kegiatan di rumah bacanya Mas Yulianto ini.

 

Yulianto dan Boneka Pustaka Bergerak Menyebar Virus Literasi Kepelosok Desa

yulianto-dan-boneka-pustaka-bergerak
Sumber Gambar https://kumparan.com/lita-lestianti/meski-jalan-berliku-boneka-pustaka-tetap-mengajak-anak-baca-buku-1zWhjMIL3mX/3

Kegiatan Mas Yulianto juga ternyata tidak terbatas di rumah baca saja, tetapi beliau juga sering pergi ke pelosok-pelosok desa di Grobogan untuk membacakan buku didepan anak-anak.

“Kata orang, minat baca anak Indonesia itu kurang dan rendah, tapi kenapa saat saya membawa buku-buku ke berbagai tempat terpencil di Grobogan, mereka melihat buku-buku itu seperti harta karun? Saya berpikir, bukan minat bacanya yang rendah tapi akses ke buku-buku yang kurang.” Ujar mas Yulianto.

 

Dengan semangat yang luar biasa ini, Mas Yulianto membawa buku-buku bacaannya ke berbagai penjuru desa yang ada di Grobogan, tidak lupa dibawa pula boneka yang menjadi teman untuk bercerita kepada anak-anak.

 

Anak-anak di desa selalu meminta Mas Yulianto untuk kembali lagi bercerita di desa mereka, tak hanya itu anak-anak juga menjadi suka membaca buku cerita yang dibawa oleh beliau.

 

Seperti yang dukatakan oleh Mas Yulianto, bukan minat bacanya yang rendah tetapi masih kurangnya akses ke buku-buku yang ada. Apakah anak-anak itu tidak bisa membaca buku di perpustakaan sekolah? Bisa saja, hanya waktu yang terbatas membuat anak-anak terkadang kurang puas atau malah menjadi malas untuk mengunjungi perpustakaan sekolah.

Apa Manfaat Literasi Bagi Anak?

Sebenarnya apakah manfaat literasi? Ada banyak manfaat literasi bagi anak-anak, beberapa diantaranya adalah,

  1. Membantu anak-anak untuk bisa memahami orang lain dan lingkungan sekitarnya.
  2. Membantu anak-anak agar dapat bisa menyampaikan pikiran dan perasaan kepada orang lain.
  3. Menumbuhkan minat pada diri anak terhadap keaksaraan.
  4. Munculnya sikap, pengetahuan, dan juga keterampilan yang sangat dibutuhkan di jenjang pendidikan selanjutnya.

Dengan berbagai manfaat yang ada, pastinya kita juga harus giat dalam menyebar virus literasi seperti Mas Yulianto.

 

Bintang Terang di Tahun 2021

Perjuangan Mas Yulianto dalam menyebarkan virus literasi ini memang tidaklah mudah. Apalagi pandemi yang berkepanjangan kala itu membuatnya harus berhenti dalam waktu yang cukup lama dalam menyebar virus literasi. Tetapi tanpa disangka, pada suatu hari di bulan Oktober 2021 beliau mendapat kabar bahagia.

 

Mas Yulianto mendapatkan apresiasi Satu Indonesia Award Tingkat Provinsi Jateng di Bidang Pendidikan yang diadakan oleh PT. Astra International, Tbk. Dukungan pihak PT. Astra International, Tbk sangat berarti untuk kegiatannya.

 

Beliau mendapat dukungan berupa materi dan juga berbagai pelatihan yang menambah wawasan. Mas Yulianto juga bisa bertemu dengan banyak orang hebat di berbagai bidang berkat penghargaan itu. Sungguh pengalaman yang tak ternilai.

 

Rumah Baca Bintang dan Boneka Pustaka bergerak semakin berkembang dengan pesat, Mas Yulianto kini juga tidak berjaan sendiri, banyak rekan yang membantu kegiatannya dalam menyebar virus literasi di berbagai pelosok desa di Grobogan. Cita-cita Mas Yulianto agar masyarakat Indonesia lebih melek literasi passti akan semakin mudah terwujud dengan peran serta berbagai pihak yang siap membantu kegiatan Mas Yulianto dan Boneka Pustaka bergerak.

 

Referensi :

https://www.youtube.com/@yuliantodelaveras9306

https://www.instagram.com/rumahbacabintangandfriends

https://www.instagram.com/yuliantodelaveras

12 thoughts on “Inspirasi Yulianto dan Boneka Pustaka Bergerak: Pahlawan Literasi Masa Kini”

  1. Belajar literasi sambil bermain dan menyimak cerita yang dibawakan boneka. Kalau jaman dulu secara lisan saja yang disampaikan orang tua kita, sekarang media boneka bisa jadi alat yang seru untuk belajar

    Reply
  2. Wah keren banget ya ada rumah baca gini untuk anak2. Menebarkan virus literasi biar anak cinta membaca. Terima kasih Mas Yulianto dan bonekanya sudah membantu mencerdaskan anak bangsa. Gak heran jadi penerima awards ASTRA

    Reply
  3. Bener juga sih pak munhkin bukan minat baca yg rendah tp akses ke buku² itu yg tidak ada. Apalagi harga buku itu lumayan mahal bagi orang yg hanya cukup untuk bertahan hidup. Dengan adanya kegiatan literasi dari mas yulianto ini sangat membantu khususnya anak² yg jadi penerus bangsa ini. Semoga sukses terus buat gerakan mas yulianto ini.

    Reply
  4. Salut sama pemuda-pemudi yang memikirkan generasi anak bangsa, semoga kisah inspiratif ini bisa kita contoh dan terapkan dilingkungan sekitar kita.

    Reply
  5. Keren Mas Yulianto ini walaupun beliau sendiri mempunyai keterbatasan tapi beliau tidak mau berdiam diri begitu saja, Salut dengan cara beliau telaten membacakan cerita, salah satu hal yang tidak akan ditolak anak-anak adalah cerita

    Reply
  6. SAlut banget buat Mas Yulianto yang dengan modal kreativitasnya bisa berkontribusi turut meningkatkan kecerdasan anak bangsa. GAk hanya literasi ya ternyata, disana juga ada kegiatan belajar yang fun banget buat anak-anak…
    Semoga MAs Yulianto (ultahnya pasti bulan Juli nih…) selalu sehat dan semangat terus…

    Reply
  7. Masya Allah,keren sekali..
    Pas anak ku awal masuk TK ada acara di sekolah dgn mengundang pendongeng sperti pak yulianto ini. Dan bener bgt, anak2 suka sekali dan ngena bgt pesen dari cerita yg dibawakan.smoga makin banyak anak yg teredukasi yaa

    Reply
  8. Luar biasa mas Yulianto ya, usahanya demi anak-anak agar melek literasi perlu diacungi jempol. Nggak banyak orang mau melakukan seperti yang dilakukan mas Yulianto. Indonesia butuh banyak orang seperti mas Yulianto ini.

    Reply
  9. Ikut senang dan gembira mengetahui kabar literasi yang dikemas dengan begitu menarik. Kalau sepwrti jji, pasti virus literasi akan menyebar mudah

    Reply
  10. Keren banget mas Yulianto, memanfaatkan boneka untuk mengajak anak biar melek literasi tuh emang cukup berpengaruh. Jadi inget dulu pas kecil tuh suka nonton susan hehe

    Reply
  11. Wah wah wah.. Bonekanya lucu *eh. Luar biasa sosok Mas Yulianto ini ya. Inspiratif sekali. Semoga semakin banyak yang terinspirasi dari beliau. Aku setuju, minat membaca memang harus ditumbuhkan dari anak-anak. Biar gedenya mereka terbiasa suka baca. Kegiatannya seru-seru yaa, jadi nggak cuma baca aja.. Ada seseruan lainnya kayak menggambar dan bebikinan kerajinan…

    Reply

Leave a Comment