| Home / Edukasi / Rahasia Sukses Menjadi Blogger Merdeka: Lawan Mental Block Anda!

Rahasia Sukses Menjadi Blogger Merdeka: Lawan Mental Block Anda!

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

menjadi-blogger-merdeka

Apasih arti menjadi blogger merdeka bagi Saya? Sebuah pertanyaan yang tiba-tiba muncul di benak Saya di pertengahan bulan agustus ini. Bagi Saya menjadi blogger merdeka adalah bebas menulis apapun, dimanapun dan dalam bentuk apapun tanpa ada beban atau paksaan dari siapapun. Lalu, sudahkah Kamu menjadi blogger yang merdeka? Atau masih ada mental block yang menghalangi perjuanganmu sebagai blogger? Yuk simak tulisan ini.

 

Merdeka jika dilihat artinya di KBBI adalah bebas (dari perhambaan, penjajahan, dsb); berdiri sendiri. Tanggal 17 Agustus ini juga diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia, tepatnya sudah 78 tahun Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Kemerdekaan Indonesia juga didapatkan dengan perjuangan yang panjang dan lama seperti coki-coki. Pastinya tanpa jasa para pahlawan pembela bangsa, Indonesia tidak akan menjadi negara kesatuan seperti saat ini.

 

Jika Kamu ketahui para pejuang kemerdekaan itu berjuang dengan gagah berani, tanpa kenal lelah, tidak hanya melawan penjajah mereka juga melawan mental block yang ada pada diri mereka. Jika Kamu ingin menjadi blogger yang merdeka, maka Kamu harus berjuang dengan sungguh-sungguh, salah satu tantangannya adalah berjuang melawan mental block Kamu.

 

Mental Block Untuk Menjadi Blogger Merdeka

Mental block pada blogger adalah kondisi di mana seorang blogger mengalami kesulitan atau hambatan dalam menghasilkan konten baru untuk blog mereka. Ini adalah situasi di mana pemikiran kreatif terasa terhenti, ide-ide sulit muncul, dan proses menulis menjadi lambat atau bahkan terhenti sama sekali. Kondisi mental block ini bisa menghambatmu untuk menjadi blogger yang merdeka lahir dan batin. Beberapa mental block ini yang sering terjadi pada diri blogger.

11 Mental Block Pada Blogger

  1. Kekurangan Ide: Blogger mungkin mengalami kesulitan dalam mencari ide baru untuk konten. Mereka merasa sulit untuk menemukan topik yang menarik atau segar untuk dibahas di blog mereka.
  2. Rasa Tidak Percaya Diri: Blogger kadang-kadang meragukan kemampuan mereka untuk menghasilkan konten yang baik. Mereka mungkin merasa bahwa apa yang mereka tulis tidak cukup bagus atau bermanfaat.
  3. Sindrom Halaman Kosong: Ini terjadi ketika seorang blogger duduk di depan layar kosong dan tidak tahu harus menulis apa. Mereka merasa terjebak dalam kekosongan kreatif.
  4. Perfectionism: Blogger mungkin terjebak dalam upaya untuk membuat setiap tulisan sempurna. Mereka merasa terlalu banyak tekanan untuk menghasilkan konten yang tak ada cela, yang akhirnya bisa menghambat proses kreatif.
  5. Overwhelm (Kebingungan): Terlalu banyak ide atau topik yang mengemuka dalam pikiran bisa membuat blogger merasa kewalahan. Mereka mungkin kesulitan memilih mana yang harus diambil dan dijadikan konten.
  6. Kehabisan Waktu: Ketika blogger memiliki jadwal yang padat atau pekerjaan lain yang menuntut perhatian, mereka mungkin merasa kehabisan waktu untuk menulis. Ini bisa membuat mereka stres dan mengalami mental block.
  7. Tuntutan Performa: Blogger yang merasa tekanan untuk menghasilkan konten yang selalu lebih baik dari sebelumnya bisa mengalami mental block. Tuntutan untuk terus meningkatkan kualitas atau jumlah konten dapat menimbulkan stres.
  8. Kehilangan Fokus: Blogger mungkin kehilangan fokus karena gangguan, pikiran yang melayang, atau perasaan cemas. Ini bisa membuat mereka sulit berkonsentrasi dan menemukan arah untuk konten.
  9. Membandingkan Diri dengan Orang Lain: Melihat kesuksesan atau kualitas konten blogger lain bisa menyebabkan perasaan tidak memadai. Pembandingan ini bisa menghambat kreativitas dan menyebabkan mental block.
  10. Penurunan Motivasi: Lama kelamaan, blogger bisa merasa kurang termotivasi untuk menulis. Mungkin karena kurangnya hasil yang memuaskan atau rasa bosan dengan topik yang sama.
  11. Kendala Teknis: Masalah teknis, seperti masalah dengan platform blog atau perangkat keras, juga bisa menyebabkan mental block karena blogger tidak dapat fokus pada konten.

 

Itulah 11 mental block yang sering terjadi pada diri blogger termasuk Saya ;p

 

Stop Mental Block! Jadilah Blogger Merdeka!

Setiap kendala yang dihadapi pasti ada solusinya, begitu juga dengan kondisi mental block ini. Bagaimana cara Saya untuk tetap konsisten menulis, walaupun tidak rutin setiap hari, minimal setiap bulan ada tulisan-tulisan yang menghias blog ari3yanto.com ini.

9 Tips Melawan Mental Block Blogger

  1. Istirahat dan Peremajaan: Kadang-kadang, pikiran kita perlu istirahat. Luangkan waktu untuk beristirahat dan meremajakan pikiran Anda. Ini bisa membantu mengembalikan energi kreatifmu.
  2. Eksplorasi dan Penelitian: Jelajahi topik baru, baca buku, artikel, atau blog lain untuk mencari inspirasi. Penelitian dapat memicu ide-ide baru dan sudut pandang yang berbeda.
  3. Menghibur Diri: Lakukan hal-hal yang Kamu senangi, boleh sendiri atau dengan keluarga, contohnya nonton film, karaoke, hangout bersama keluarga, de el el.
  4. Buat Jadwal Tetap: Buat jadwal rutin untuk menulis. Terkadang, terus menerus menulis meskipun merasa tidak kreatif dapat membantu melewati mental block.
  5. Latihan Menulis: Cobalah latihan menulis singkat, seperti menulis jurnal, puisi, atau cerita pendek. Ini dapat merangsang kreativitas dan mengurangi tekanan yang terkait dengan menulis untuk blog.
  6. Pergi ke Tempat Baru: Kadang-kadang perubahan lingkungan dapat merangsang kreativitas. Pergi ke tempat baru, seperti taman, kafe, atau perpustakaan, bisa membantu menghilangkan mental block.
  7. Mengenal dan Menerima: Kenali bahwa mental block adalah bagian dari proses kreatif. Jangan terlalu keras pada diri sendiri dan terimalah bahwa ada saat-saat ketika ide sulit muncul.
  8. Lakukan Aktivitas Kreatif Lainnya: Lakukan aktivitas lain yang Anda nikmati, seperti melukis, memasak, atau berkebun. Aktivitas kreatif lain dapat merangsang imajinasi dan membantu melewati mental block.
  9. Join Komunitas Blogger: Dengan bergabung dengan komunitas blogger dapat memotivasi Kita untuk tetap konsisten menulis, seperti Saya yang bergabung dengan komunitas Blogspedia yang penuh dengan blogger yang positif dan berprestasi.

 

Bagaimana? Sudah dapat pencerahan? Atau jika Kamu punya cara lain untuk menghadapi mental block silahkan tulis di kolom komentar ya 🙂

 

Penutup

 

Menjadi blogger merdeka bisa mempunyai berbagai macam arti, salah satunya adalah bagaimana Kita bisa menjadi blogger yang merdeka atau terbebas dari mental block yang sering datang dan pergi sesuka hati. Bagi Saya “no body perfect” tetapi bukan berarti Kita harus menerima begitu saja ketidak sempurnaan itu. Kita harus berjuang untuk menggapai kemerdekaan kita.

Bagikan:

11 pemikiran pada “Rahasia Sukses Menjadi Blogger Merdeka: Lawan Mental Block Anda!”

  1. Sering sekali tak punya ide untuk ditulis, kadang ada ide tapi kurang untuk dibuat tulisan yang lumayan panjang. Sepertinya banyak membaca atau mencasi situasi baru bisa lebih membantu untuk mencari ide segar supaya isi blog nya tidak monoton

    Balas
  2. Nah ini informasi yang bikin aku senyum-senyum sambil angguk-angguk ga geleng-geleng wkwk. Kok banyak benernya sih kak. Kayaknya aku mesti nyobain tipsnya nih..mau nonton film deh, mumpung libur nih hehe. Semoga nggak kebablasan deh haha

    Balas
  3. Saya kalau lagi buntu ide malah scrolling Tiktok. Sekarang sedang coba dikurangi dan memperbanyak baca buku saja. Selain merefresh otak, setelah baca buku jadi suka pengen nulis ulasannya. Jadi nulis lagi kan.

    Balas
    • Di awal memulai menulis, bneran kena mental block…tp alhamdulillah dpet tmn² yg sgat supportive dn coach yg sngat mndukung untuk mnjdikan diri sbgai blogger merdeka. Ini sangat penting sekali diterapkan…mnjaga kesehatan mental dlam berkarya hehehe, terimakasih sharingnya

      Balas
  4. Wah iya merdeka menjadi blogger dengan bisa menulis apapun tanpa paksaan ya pak. Kalau aku sih paling mager nya aja yg harus dihilangkan pak, wkwkwk. Menghibur dirinya malah lebih sering, yaitu nonton Drakor hahaha.

    Balas
  5. Artikel yang sungguh bikin senyam senyum sendiri karena semuanya relate dengan kondisi ku hahahhaha. Tapi kadang berharap untuk menghibur diri biar semangat balik, malah keenakan dengan aktivitas menghibur dirinya hihi

    Balas
  6. Mental block dari semua poin diatas kok ada semua diaku. Kadang sudah mencoba menghibur diri mau bangkit ee rebahan lagi mbah susah lawan diri sendiri kadang.

    Balas
  7. Sepakat Pak, saran-sarannya nih mantul banget. Jika sedang buntu ide, kita bisa googling mencari ide dan mencatatnya. Selain itu dengan bergabung komunitas bloger akan sangat membantu membentuk ritme atau saling dukung sesama bloger. Terima kasih tipsnya ya

    Balas
  8. Ide mendobrak mental block writernya oke juga mas. Bisa dicoba nih….masalahe aku banyak ide mager nulisnya. Ada gak ya tools yang bisa menuangkan ide jadi tulisan secara otomatis hehehe

    Balas
  9. Beberapa teman yang mengalami kebuntuan ide tampaknya perlu baca tulisan mas arif nih. Biar mind glowing.. bagus lho tips2nya..

    Bersyukur bisa bertemu orang2 keren di blogspedia.

    Balas
  10. Tanpa disadari bener juga ya mental block selama ini ternyata semua itu. Dan cara melawan mental block kelihatannya simpel tapi buat nerapinnya butuh niat dan usaha yang serius. Terima kasih Kak

    Balas

Tinggalkan komentar