Graphology, Membaca Karakter Lewat Tulisan Tangan

Dalam kehidupan ini, kita sering kali bertemu dengan banyak orang baru. Dalam waktu singkat, kita harus mampu mengambil kesimpulan awal tentang karakter mereka. Tapi, bagaimana jika kita bisa membaca karakter seseorang hanya melalui tulisan tangan mereka? Kemampuan ini sebenarnya bisa kita pelajari melalui ilmu yang disebut graphology atau analisa tulisan tangan. Saya sendiri sangat tertarik dengan hal ini dan ingin berbagi pengalaman pribadi saya dalam mempelajari dan menerapkan graphology.

graphology-membaca-karakter-lewat-tulisan-tangan

Pertama Kali Mengenal Graphology

Pertama kali saya mendengar tentang analisa tulisan tangan, saya skeptis. Bagaimana mungkin secara akurat bisa membaca karakter seseorang hanya melalui tulisan tangan mereka? Tapi rasa penasaran saya tidak bisa dihentikan, jadi saya memutuskan untuk mencoba mempelajarinya lebih lanjut.

Saya memulai dengan membaca buku-buku tentang graphology dan menonton video tutorial online. Melalui materi tersebut, saya belajar tentang berbagai aspek tulisan tangan yang bisa mengungkap karakter seseorang. Mulai dari tekanan tulisan, kecepatan menulis, hingga ukuran dan bentuk huruf, semuanya memiliki arti dan dapat memberikan gambaran tentang sifat dan kepribadian seseorang.

Tentu saja, mempelajari graphology tidak semudah yang saya bayangkan. Butuh waktu dan latihan untuk bisa membaca dengan akurat. Saya mulai mencoba menganalisa tulisan tangan teman-teman saya dan mencatat kesan serta karakteristik yang muncul dari setiap tulisan. Saya berusaha mencari pola-pola yang terlihat sama antara tulisan tangan seseorang dengan karakteristik yang muncul.

Selanjutnya, saya mencoba menerapkan graphology dalam kehidupan sehari-hari. Ketika saya bertemu dengan orang baru atau bekerja dengan tim yang belum saya kenal, saya berusaha melihat tanda tangan mereka dan mencoba mengambil kesimpulan awal tentang karakter mereka. Tentu saja, ini hanya sebagai panduan awal dan tidak selalu akurat, namun hasilnya sering kali menarik.

Contohnya, ketika saya bekerja dengan seseorang yang memiliki tanda tangan dengan tekanan tulisan yang kuat, saya bisa mengasumsikan bahwa orang tersebut memiliki sifat yang tegas dan bersemangat. Ketika saya bertemu dengan seseorang yang memiliki huruf yang besar dan terbuka, saya bisa mengasumsikan bahwa orang tersebut ramah dan ekstrovert. Membaca karakter seseorang melalui tulisan tangan mereka memberi saya wawasan awal tentang bagaimana cara terbaik untuk berinteraksi dengan mereka.

Graphology Untuk Seleksi Calon Karyawan

Selain itu, graphology juga sangat berguna dalam situasi yang membutuhkan keputusan penting. Misalnya, ketika saya sedang melakukan seleksi calon karyawan untuk perusahaan saya, saya bisa melihat tanda tangan mereka dan mencocokkannya dengan profil yang saya butuhkan untuk posisi tersebut. Ini bukan satu-satunya faktor yang saya pertimbangkan, tapi bisa menjadi salah satu panduan bagi saya.

Setelah beberapa bulan mempelajari graphology, saya merasa semakin tertarik dan terpesona dengan ilmu ini. Saya mulai membaca buku lebih lanjut dan mengikuti kursus online untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. Setiap orang memiliki gaya tulisan yang unik, dan semakin banyak saya mempelajari tentang graphology, semakin banyak hal menarik yang bisa saya temukan.

Namun, penting untuk diingat bahwa graphology bukanlah metode yang 100% akurat untuk membaca karakter seseorang. Tulisan tangan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor lain, seperti mood atau kondisi fisik saat ini. Analisa tulisan tangan hanya sebagai panduan awal dan tidak boleh menjadi satu-satunya pemutus untuk mengambil kesimpulan.

Referensi Buku Belajar Graphology

  1. “Buku Saku Grafologi” oleh Sherlie Magritha, Buku ini memberikan panduan dasar tentang grafologi dalam bahasa Indonesia. Ini dapat menjadi pilihan yang baik untuk memahami konsep dasar grafologi.
  2. “The Complete Idiot’s Guide to Handwriting Analysis” oleh Sheila Lowe, Buku ini tersedia dalam bahasa Inggris, tetapi mungkin ada terjemahan atau buku serupa dalam bahasa Indonesia yang membahas analisis tulisan tangan secara komprehensif.
  3. “Grafologi: Penafsiran Karakter Lewat Tulisan Tangan” oleh Sutikno Bronto, Buku ini juga mengeksplorasi konsep grafologi dalam konteks analisis karakter melalui tulisan tangan.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, graphology atau analisa tulisan tangan adalah suatu ilmu yang menarik dan bermanfaat untuk dipelajari. Melalui studi ini, kita bisa membaca karakter seseorang melalui tulisan tangan mereka. Tentu saja, ini hanya sebagai panduan awal dan tidak boleh dijadikan satu-satunya sumber informasi dalam mengenal seseorang. Namun, dengan mempelajari graphology, kita bisa mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang sifat dan kepribadian seseorang.

Dalam hidup ini, kita akan terus bertemu dengan banyak orang yang memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda. Dengan memahami graphology, kita bisa lebih cepat mengambil kesimpulan awal tentang karakter mereka melalui tulisan tangan mereka. Jadi, jika Anda ingin memahami orang baru dengan lebih baik atau ingin mengambil keputusan penting berdasarkan karakter seseorang, tidak ada salahnya untuk mempelajari graphology. Siapa tahu, kemampuan membaca tulisan tangan ini bisa membuka pintu ke wawasan baru dalam kehidupan Anda.

Referensi,

https://en.wikipedia.org/wiki/Graphology

https://www.britannica.com/

5 thoughts on “Graphology, Membaca Karakter Lewat Tulisan Tangan”

  1. Ibuku salah satu yang termasuk mempelajari karakter dr tulisan tangan, krn emang basic-nya psikolog juga. Agak ngeri ya emang kalau kita kesannya nulis biasa aja ternyata ada makna tersembunyi yang menggambarkan karakter dan sifat kita

    Reply
  2. waah menarik sekali ini mas. Saya sudah lama tahu kalau ada ilmu ini tapi masih sebatas tahu saja belum mengenal. Kayaknya perlu banget ya, apalagi bagi yang suka bekerja dengan banyak orang

    Reply
  3. Terus terang, saya kok masih ragu tentang graphology ya…. Bukankah tulisan tangan seseorang itu bisa berubah-ubah? Contohnya saya, makin ke sini makin amburadul tulisan saya. Apalagi kalau nulis resep…
    Walaupun tulisan beubah-ubah, apakah ada ciri khusus yang tidak bisa diubah? yang bisa dianalisis artinya?

    Reply
    • tulisan dokter biasanya unik ya pak hehehe, untuk graphology sendiri tidak bisa 100% dikatakan akurat pak, karena kondisi emosional seseorang pasti berpengaruh pada tulisannya.

      Reply

Leave a Comment