| Home / Tokoh / Ganjar Pranowo: Gubernur Berjiwa Rakyat yang Menggetarkan Hati

Ganjar Pranowo: Gubernur Berjiwa Rakyat yang Menggetarkan Hati

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

Ganjar Pranowo

Dalam peranannya sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo telah menjadi sosok yang dikenal luas oleh masyarakat. Gaya kepemimpinannya yang tegas dan cerdas membuatnya dihormati oleh banyak orang, terutama di kalangan masyarakat Jawa Tengah. Biografi Ganjar Pranowo dipenuhi dengan perjalanan hidup yang sangat menginspirasi dan menjadikannya sebagai panutan yang mampu memberikan contoh yang baik.

Kepribadiannya yang santun namun penuh humor membuatnya mudah dicintai oleh rakyat. Selain itu, penampilannya yang tinggi dan gagah menambah daya tarik tersendiri bagi gubernur yang satu ini. Kehidupan romantisnya dengan sang istri juga membuatnya menjadi tokoh yang diidolakan oleh banyak ibu-ibu.

Latar Belakang Pendidikan Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo, yang kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, telah melewati perjalanan panjang yang penuh liku-liku. Para pemimpin hebat umumnya dibentuk melalui kemampuan mereka melewati segala rintangan dan ujian hidup yang membantu membentuk mereka menjadi sosok luar biasa. Beliau dilahirkan di Karanganyar, Jawa Tengah pada 28 Oktober 1968. Ayahnya bernama Pamuji dan ibunya bernama Sri Suparmi. Ganjar merupakan anak yang cerdas dan tumbuh dalam keluarga yang mendukungnya untuk mengejar pendidikan hingga perguruan tinggi. Riwayat pendidikannya dimulai dari SD 1 Kutoarjo, lulus pada tahun 1981, dan melanjutkan pendidikan di SMP 1 Kutoarjo.

Ketika memasuki masa remaja, Ganjar memilih untuk melanjutkan pendidikan menengah atasnya di SMA BOPKRI Yogyakarta. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan tinggi di salah satu universitas terkemuka, yakni Universitas Gadjah Mada, dengan mengambil jurusan hukum.

Semangat kepemimpinan Ganjar telah terasah sejak masa kuliahnya, aktif dalam berbagai organisasi kampus. Ganjar aktif dalam kegiatan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Mapagama (Mahasiswa Pecinta Alam Gadjah Mada). Karir politiknya dimulai sejak masa orde baru. Ia bergabung dengan Partai Demokrasi Perjuangan (PDI). Meskipun pada masa itu iklim politik tidak kondusif, Ganjar lebih memilih untuk menjalani kegiatan di bidang hukum dengan membuka bisnis konsultan sumber daya manusia.

Perjalanan Ganjar Pranowo Menuju Posisi Gubernur Jawa Tengah

Kecerdasan yang melekat pada diri Ganjar semakin terpancar. Sebagai suami dari Siti Atikoh Supriyanti, Ganjar akhirnya kembali bergabung dengan PDI dan menjadi kader yang mengalami kemajuan pesat.

Ia kemudian menjadi anggota legislatif pada tahun 2004, walaupun tidak terpilih melalui pemilihan umum, melainkan menggantikan koleganya dari PDI, Jacob Tobing, yang saat itu mendapat mandat untuk bertugas sebagai duta besar di Korea Selatan.

Biografi Ganjar Pranowo mencerminkan sosok yang dikenal dengan keberaniannya. Keberaniannya dalam menyuarakan aspirasi rakyat dengan teguh pada prinsipnya menjadi ciri khas Ganjar yang membuatnya semakin dihormati di dunia politik Indonesia. Oleh karena itu, Ganjar kembali berhasil menduduki kursi parlemen dengan terpilih dalam pemilihan umum tahun 2009, dan menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II untuk urusan dalam negeri hingga tahun 2014. Namun, karena terpilih untuk memimpin Jawa Tengah, Ganjar tidak menyelesaikan masa tugasnya di parlemen.

Karirnya sebagai Gubernur dimulai pada tahun 2013. Ia terpilih menjadi orang nomor satu di Jawa Tengah dengan Heru Sudjatmoko sebagai wakil gubernur. Didukung oleh PDI, pasangan ini berhasil memenangkan pemilihan dengan perolehan suara mencapai 48,82%. Pada tanggal 23 Agustus 2013, Ganjar resmi dilantik menjadi gubernur oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, di DPRD Jawa Tengah.

Sejak terpilih sebagai gubernur, Ganjar telah melakukan banyak gebrakan yang mendapat banyak apresiasi. Salah satu kejadian yang menarik perhatian adalah inspeksi mendadaknya ke jembatan timbang di Subang yang kemudian menjadi berita utama. Saat itu, Ganjar memergoki anak buahnya melakukan pungutan liar, yang membuatnya marah.

Selain itu, ia juga dikenal sebagai “gubernur twitter” karena menggunakan media sosial tersebut sebagai sarana komunikasi untuk menampung aspirasi dan keluhan rakyat terkait pembangunan di Jawa Timur. Inilah Biografi Ganjar Pranowo yang mampu memberikan inspirasi.

Melalui perjalanan hidupnya yang inspiratif, Ganjar Pranowo telah membuktikan dirinya sebagai seorang pemimpin yang berdedikasi dan penuh semangat. Keberanian dan kecerdasannya dalam mengemban tugas sebagai Gubernur Jawa Tengah telah menjadikan dirinya sebagai sosok yang dihormati dan dijadikan panutan oleh banyak orang. Ganjar Pranowo adalah contoh nyata bahwa dengan tekad dan usaha yang keras, siapapun dapat mencapai kesuksesan.

Bagikan:

8 pemikiran pada “Ganjar Pranowo: Gubernur Berjiwa Rakyat yang Menggetarkan Hati”

  1. Wah senangnya ya punya sosok pemimpin seperti Pak Ganjar ini yang banyak diidolakan ibu-ibu, hehe. Baru tahu juga aku nih ternyata beliau ini lulusan hukum ya. Track record politiknya udah gak diragukan lagi pantes aja banyak yang mendukung Pak Ganjar ya.

    Balas
  2. Kayanya sudah mulai siap” menentukan pilihan ini mas Arief. Ada sikap yang aku suka dari Pak Ganjar opo onone, merakyat dan tanggap. Dan aktif memberikan semangat untuk para UMKM.

    Balas
    • Aku gak terlalu ngikutin politik sih pak, tapi lewat tulisan ini jadi tahu seperti apa pak Ganjar pranowo ini. Semoga bisa jadi pemipin yg amanah dan bisa lebih memihak ke rakyat. Aku notice pak Ganjar main twitter beneran membaur sama kaula muda

      Balas
  3. Wah baru tahu Pak Ganjar ini lulusaj UGM. Banyak juga ya orang2 hebat lulusan UGM. Keren… Dan ternyata usianya gak beda jauh sama bapakku

    Balas
    • Track record politiknya lumayan pesat ya meski diawal menggantikan pak Jacob Tobing di parlemen. Semoga selalu amanah pak Ganjar

      Balas
  4. Sbg orang Semarang byk dapet cerita bgitu tegas dan disiplin nya pak Ganjar..
    Byk perubahan juga selama menjabat gubernur. Ya meski menjelang pilpres byk isu2 nya ya, ga berani usik2 dunia politik aku tuh.

    Balas

Tinggalkan komentar