| Home / Edukasi / Cara Mudah Mengajarkan Pendidikan Agama Islam untuk Anak PAUD Bersama Albata

Cara Mudah Mengajarkan Pendidikan Agama Islam untuk Anak PAUD Bersama Albata

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

paud online

Mendidik anak dalam Islam dimulai sejak kapan? Kendala yang dihadapi orang tua dalam mengajarkan agama Islam pada anak usia dini apa saja? Bagaimana cara efektif dan menyenangkan mengajarkan agama Islam pada anak usia dini? Salah satunya lewat kegiatan PAUD Online. Baca artikel ini untuk jawabannya.

Sejak Kapan Mendidik Anak dalam Islam?

Mendidik anak dalam Islam dimulai sejak dalam kandungan dengan membiasakan membaca Al-Quran, berdoa, dan berdzikir. Orang tua juga perlu menjaga kesehatan fisik dan mental. Rasulullah menekankan 4 fase penting dalam pendidikan anak:

  1. Fase 0-6 tahun: Periode penting bagi kasih sayang, perhatian, dan perlindungan tanpa kekerasan terhadap anak. Rasulullah mencontohkan kesabaran dan cinta kepada anak-anak.
  2. Fase 7-14 tahun: Anak-anak memasuki fase pertumbuhan fisik, mental, dan spiritual. Rasulullah menganjurkan kedisiplinan, tanggung jawab, dan pengajaran nilai-nilai Islam, terutama shalat sejak usia dini.
  3. Fase 15-21 tahun: Masa remaja diwarnai dengan tantangan. Rasulullah menekankan komunikasi terbuka, pengertian, dan hubungan yang bijaksana tanpa mempermalukan atau menghakimi.
  4. Fase 21 tahun ke atas: Anak-anak yang dewasa siap menikah. Rasulullah menyoroti pentingnya bimbingan, nasihat, dan doa bagi mereka. Beliau mendorong dukungan dan kebebasan dalam memilih jalan hidup tanpa campur tangan yang berlebihan.

Jadi, mendidik anak dalam Islam adalah proses yang berlangsung sepanjang hidup. Orang tua harus selalu berusaha untuk memberikan pendidikan agama yang terbaik bagi anak-anak mereka, sesuai dengan tahap perkembangan mereka.

PAUD Online Bersama Albata Toddler Class Online

Orang tua “jaman now” menghadapi kendala dalam mengajarkan agama Islam pada anak usia dini. Beberapa masalah meliputi keterbatasan waktu, kurangnya pengetahuan dan keterampilan, serta keterbatasan sarana dan prasarana. Ini membuat anak cenderung menghabiskan waktu dengan gadget atau mainan yang tidak mendukung pembelajaran agama mereka.

Sebagai orang tua Kita bisa memperkenalkan agama Islam pada anak usia 1-3 tahun melalui PAUD online, Albata Toddler Class Online. Kelas ini dikenal juga sebagai Thematic Class Montessori Islam, diadakan 4x dalam sebulan dengan durasi 45 menit per pertemuan melalui aplikasi Zoom. Kurikulumnya mencakup pengenalan tentang Allah (Tauhid rububiyah, uluhiyah, asmaul husna), mendengarkan al-Quran, pengembangan sensorik & motorik, dan satu pertemuan khusus bahasa Inggris.

Lalu, Apasih Albata itu? Albata adalah lembaga pendidikan Islam untuk anak-anak yang berfokus pada materi Tauhid, Adab, Fiqih, Sirah, Tahsin & Tahfidz dengan pengajaran “fun learning” mengadopsi metode montessori.

Di Albata juga ada kelas lain, antara lain:

  1. Toddler Class Offline (PAUD offline / Visit Albata)
  2. Toddler Class Offline (PAUD Private/Home Visit)
  3. TPQ Kids Online Group
  4. TPQ Kids Online Private
  5. TPQ Kids Offline Private
  6. TPQ Teens Online Group
  7. TPQ Teens Online Private
  8. TPQ Teens Offline Private
  9. Kindergarten (TK) Offline

Ada satu hal yang menarik di Albata, yaitu pengajaran “fun learning” yang mengadopsi metode montessori. Apakah itu?

Apa Itu Metode Montessori?

Metode Montessori adalah pendekatan pendidikan yang mendorong keterlibatan aktif anak dalam proses belajar. Melalui pembelajaran langsung dengan praktik dan permainan kolaboratif. Metode ini memberi kebebasan pada anak untuk memilih cara belajar yang mereka anggap efektif.

Dr. Maria Montessori, seorang dokter dan pendidik asal Italia, mengembangkan metode ini pada awal abad 20. Dia mengamati kemampuan luar biasa anak-anak menyerap informasi dan menemukan bahwa mereka dapat belajar dengan lancar dalam lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.

Ada lima prinsip dasar dalam Metode Montessori:

  1. Menghormati pilihan anak untuk aktivitas sesuai minat dan bakat mereka.
  2. Anak menyerap lingkungan tanpa paksaan atau hukuman.
  3. Lingkungan didesain khusus sesuai tingkat perkembangan anak.
  4. Guru berperan sebagai pemandu, bukan pengontrol atau pengajar.
  5. Memahami periode sensitif anak dalam pembelajaran tertentu.

Jika Anda tertarik untuk mengikuti program PAUD Albata Toddler Class Online, Anda bisa mendaftar dengan mengunjungi website Albata.

Kesimpulan

Sebagai seorang muslim Kita memiliki tanggung jawab mengajarkan agama Islam pada anak-anak. Meski ada kendala seperti kurangnya waktu, pengetahuan, sarana, dan motivasi, penting bagi mereka untuk terus belajar demi perkembangan anak. Salah satu solusi yang membantu adalah mengikuti program PAUD Online di Albata Toddler Class Online. Semoga artikel ini memberikan inspirasi dalam mendidik anak dalam Islam. Terima kasih telah membacanya.

Bagikan:

24 pemikiran pada “Cara Mudah Mengajarkan Pendidikan Agama Islam untuk Anak PAUD Bersama Albata”

  1. Terima kasih tipsnya, kebetulan ada saudara yang sedang mencari informasi ini, kok ya pas dapat infonya. Setahuku di Surabaya juga ada Albata, tapi kalau online dimana aja bisa kan ya.

    Balas
      • Iya Pak, ternyata enggak jauh dari rumah saudara dan mereka sreg juga memilih Albata sekalian untuk latihan sekolah nanti, karen amasih galau nih mau pilih sekolah atau home schooling, masih memantau kesiapan anak dan kesiapan mereka juga sih

        Balas
    • Yuup dunia anak adalah dunia bermain jadi kita juga mengajarkan kita dengan cara mengasyikkan. Albata keren menggabungkan metode montessori dalam mengajarkan agama

      Balas
  2. Keren tulisannya buat Artikel juga untuk pengalaman mengikutkan anak di kelas online kelebihan dan kekurangan mengikuti kelas online 🙂

    Balas
  3. Sudah lama saya tertarik sama metode montessori. Ternyata bisa diaplikasikan untuk belajar agama untuk anak-anak PAUD ya. Terima kasih sharingnya

    Balas
  4. Mungkinkah ini jawaban atas kegundhaan hati ini? Di tempat kita tinggal tidak ada tpq yang sesuai dengan keluarga kita. Selama ini garap sendiri, cuma kita sebagai orangtua juga butuh asupan ilmu biar tetap semangat dan terus berjuang mendampingi anak dalam mendidik terutama tentang agama. Terimakasih pak tulisannya bermanfaat sekali

    Balas
  5. Wah… Albata sekarang kelasnya banyak pilihan ya…. Saya kira di Albata hanya ada pilihan belajar mengaji, ternyata banyak juga ya alternatif pilihannya. Apalagi ini pakai metode Montessori… MAntap nih…

    Balas
  6. Memberikan stimulus yang tepat untuk belajar dan mengenali fase perkembangan anak sesuai usia ini beneran berpengaruh terhadap pola asuh kita. Albata ini tau banget ya cara mengajar sesuai kebutuhan anak. Jadinya hasilnya bisa cepet terlihat

    Balas
  7. Masih ingat zaman kecil dulu setiap sore ikut TPA di masjid dekat rumah. Banyak sekali dasar-dasar agama yang diajarkan di sana, yang saya terapkan hingga sekarang. Sayangnya sekarang TPAnya sudah tidak berlanjut. Adanya PAUD online dan TPQ online berbasis agama seperti Albata ini tentunya sangat bermanfaat ketika di lingkungan sekitar kita tidak ada TPA. Terima kasih infonya.

    Balas
  8. Adanya Albata ini sangat memberi kemudahan bagi para orang tua yang menginginkan anaknya belajar agama. Apalagi di Albata ini ada PAUD dan TPQ online dengan metode Montessori, semakin membuat anak nyaman dan tidak bosan belajar agama secara online.

    Balas
  9. Setuju pak mengenalkan anak pendidikan agama sejak dalam kandungan itu akan bermanfaat ketika dia dewasa nanti. Suka banget kelas Albata ini belajarnya pakai sistem Montessori ya anak jadi semangat belajarnya nih karena siswa diberikan kesempatan untuk aktif sehingga bsia mengembangkan motoriknya. Pengen belajarin anakku di Albata jadinya nih hehe

    Balas
  10. Semua yang ada pada kita akan dimintai pertanggungjawaban, baik anak maupun harta. Mengeluarkan dana untuk pendidikan agama anak semoga bisa meringankan hisab kita kelak. Aamiin.

    Balas
  11. Albata cukup banyak ya program pendidikannya, dari kecil sampai remaja tersedia kelasnya. Apalagi dipadukan dengan kurikulum Montessori, tambah mantap dah

    Balas
  12. Belajar agama apalagi dengan metode Montessori bisa jadi pondasi agama bagi anak, apalagi dengan era digital saat ini kalau ga punya bekal kuat bisa bahaya

    Balas
  13. Sejak memiliki anak Umma banyak belajar akan pentingnya pendidikan agama.bagi anak sejak dini..tapi tentu menggunakan metode yang tepat. Albata sendiri menjawba kebutuhan tersebut. Bagaimana anak bisa mengenal agama tapi dengan cara yang mudah mereka pahami

    Balas
    • Waw baru tau nih ada kelas keren seperti Albata ini, anak pertama saya tahun ini masuk SD dan anak ke 2 saya masuk PAUD. Sepertinya mereka bakal suka ikutan kelas online dari Albata ❤️

      Balas
  14. Enak banget ini metode pengajarannya yang fun learning. Aku suka bnaget nih. Apalagi ngajarin anak-anak kan nggak mudah ya, harus tergantung mood mereka. Aku lihat metode yang diajarkan di Albata cocok banget diterapkan pada anak-anak. Boleh dicoba nih.

    Balas
  15. Waw baru tau nih ada kelas keren seperti Albata ini, anak pertama saya tahun ini masuk SD dan anak ke 2 saya masuk PAUD. Sepertinya mereka bakal suka ikutan kelas online dari Albata ❤️

    Balas

Tinggalkan komentar