| Home / Lifestyle / Cara Mudah Membuat CV Dengan Canva, Gratis!

Cara Mudah Membuat CV Dengan Canva, Gratis!

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

membuat-cv-dengan-canva-mudah

 

Bismillahirrahmanirrahim

 

Halo Sobat Abhi, sehat sukses selalu ya! kali ini ari3yanto.com akan berbagi tentang membuat CV dengan Canva.

Sebenarnya artikel ini adalah tugas dari kelas Blogspedia yang temanya Pengalaman bersama Canva, sub temanya pengalaman ngulik Canva untuk membuat infografis. Entah ini pembahasan tentang CV apakah masuk sebagai infografis atau tidak ya, karena entah kenapa tema membuat daftar riwayat hidup ini tiba-tiba muncul di kepala dan saya membuatnya.

CV atau Curriculum Vitae merupakan dokumen yang menginformasikan tentang kualifikasi serta informasi pribadi dari pencari kerja. CV juga sering dikenal sebagai daftar riwayat hidup, dimana isi dan maksud pembuatannya juga sama.

Daftar riwayat hidup ini biasanya dibutuhkan sebagai lampiran surat lamaran kerja, walau terkadang tidak semua pemberi kerja mensyaratkan dokumen ini, tetapi ada baiknya sobat menyertakan surat ini.

Pembuatan CV juga harus sesuai dengan aturan yang berlaku, isi dari curriculum vitae selain mencantumkan biodata pribadi juga harus bisa menggambarkan prestasi akademis dan pengalaman kerja secara baik dan profesional.

Poin Yang Wajib Ada Di Curriculum Vitae

Sebagai ceklist untuk sobat, ini beberapa poin yang wajib dicantumkan dalam CV,

  1. Biodata pribadi, seperti nama lengkap, temtala (tempat dan tanggal lahir), alamat tempat tinggal, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email, bisa juga menyertakan alamat media sosial yang sobat miliki, dan website atau blog jika ada.

  2. Riwayat Sekolah atau pendidikan, sertakan juga nama almamater, tahun lulus dan gelar jika ada.

  3. Riwayat pekerjaan yang berisi tempat bekerja, posisi yang pernah ditempati dalam perusahaan, job description, durasi bekerja.

  4. Pengalaman kegiatan organisasi, jelaskan mulai dari nama organisasi, dimana, pernah menjabat sebagai apa dan durasi selama di organisasi.

  5. Jika ada sertakan riwayat pendidikan, diluar pendidikan formal.

  6. Prestasi yang pernah didapat juga bisa dicantumkan, ini merupakan nilai plus untuk sobat.

  7. Keterampilan pendukung yang berisikan keahlian dalam melaksanakan pekerjaan..

Tips Membuat CV Yang Dilirik HRD

Lanjut ya Sobat, setelah kita mengetahui poin-poin yang wajib ada di daftar riwayat hidup, berikut ini Abhi akan memberikan beberapa tips membuat CV yang menarik dan dijamin dilirik oleh HRD.

Sebelum lanjut ke tips membuat CV, saya akan bercerita sedikit pengalaman saat menyeleksi lamaran yang masuk di perusahaan tempat saya bekerja dulu.

Banyak pelamar yang membuat lamaran kerja hanya seadanya saja, mungkin mereka menganggap itu hanya formalitas saja.

Lamaran tulis tangan tetapi setelah saya test tulisan aslinya beda dengan tulisan di surat lamaran.

Susunan kalimatnya juga standar tidak ada perubahan sama sekali, padahal kadang seorang HRD atau tim penerima pegawai baru memperhatikan ini.

Melampirkan swafoto dengan menggunakan kaos, wah buat saya hal seperti ini, nggak sopan banget ya, karena berkesan tidak formal dan kurang etis.

Walau perusahan itu belum resmi menjadi tempat kerjamu, tetapi paling tidak kamu bisa menunjukkan keseriusan saat melamar pekerjaan, maksimalkan itu dan biarkan HRD yang menilai.

Ada juga yang menggunakan nama panggilan pada CV yang dilampirkan, ketahuan beda karena dia melampirkan juga kartu identitas, setelah diwawancara mengapa kok nama di KTP dan CV berbeda, jawabnya biar keren, karena CV nya juga sudah diprint dengan warna-warni yang menurut dia bagus.

Aduh, jangan sampai seperti ini ya sobat, lebih baik cantumkan nama asli ya.

Mungkin beberapa tips ini bisa menjadi ceklis yang juga harus sobat perhatikan, 

  1. Tulis tangan atau ketikan komputer, saya masih sering melihat pelamar menulis daftar riwayat hidup di kertas folio, kalau menurut saya hal tersebut bukan menjadi suatu masalah jika syarat dari perusahaan memang harus menggunakan tulisan tangan, tetapi jika tidak ada syarat tersebut akan lebih baik jika sobat membuatnya dengan mengetik di komputer.

Pesan saya tulis dengan tulisan tangan sendiri jangan tulisan tangan orang lain.

  1. Gunakan nama asli, ada pelamar kerja yang membuat CV menggunakan nama alias, ini akan membuat perusahaan yang dilamar menganggap sobat tidak serius dengan job yang Sobat lamar.

  2. Gunakan foto terbaik dan senyumlah, foto terbaik disini maksudnya bukan foto selfi atau foto keluarga lho ya, gunakan foto yang formal, usahakan menggunakan kemeja jangan menggunakan kaos, tunjukkan senyum terbaikmu saat foto.

  3. Pilih font yang normal, jika CV nya diketik komputer gunakan font yang normal saja, tidak usah menggunakan font dekorasi, jadi susah dibaca nanti.

Nah, bagaimana sobat, bisa dipahamikan?

Dimana Membuat CV Gratis Dengan Desain Yang Menawan?

Jaman sekarang, sudah sangat biasa kalau membuat surat lamaran dan CV dengan menggunakan aplikasi seperti MS Word, sebenarnya di edisi Word yang terbaru Sobat juga bisa memilih template untuk membuat sebuah daftar riwayat hidup.

Tetapi, jika sobat ingin mendapatkan referensi curriculum vitae yang kekinian, bisa menggunakan aplikasi Canva.

Di aplikasi ini banyak template yang bisa digunakan,dan juga gratis, walau ada juga yang berbayar.

Saya sudah 1 tahun ini menggunakan Canva untuk membuat berbagai desain infografis konten instagram, label kemasan, banner website dan CV.

Kalau dulu sering pakai adobe photoshop untuk membuat desain, tetapi karena sering mobile akhirnya saya mencoba menggunakan Canva untuk membuat berbagai kebutuhan desain.

Banyak desain elemen yang bagus di aplikasi ini, tinggal ketik di menu pencarian maka ragam pilihan grafis yang sesuai dengan kata kunci yang Sobat masukkan akan ditampilkan.

Beberapa kata kunci yang pernah saya gunakan, old muslim faceless, brand:BAEiQaNzxYc, anime, dan sisanya saya menggunakan elemen standar yang ada.

Karena keseringan pakai Canva jadi lupa cara pakai Photoshop, hehehehe

Bagaimana Cara Membuat CV Dengan Canva?

Asiknya Canva bisa digunakan dimana saja, bisa dengan laptop atau pc, bisa juga dengan menggunakan handphone.

Bagi pengguna android bisa mendownload aplikasi ini di playstore.

Ok, lanjut ya Sobat, bagi sobat yang ingin mencoba membuat daftar riwayat hidup menggunakan Canva bisa mengikuti langkah berikut,

1. Login atau daftar di Canva.

2. Kunjungi laman ini: https://www.canva.com/id_id/resume/contoh/

3. Pilih dari hasil pencarian Canva atau melalui template-template CV yang telah disediakan.

4. Klik teks atau grafis yang ada untuk mengganti dan mengedit isi tampilan yang ada.

5. Sobat juga bisa menyesuaikan font, warna dan elemen pendukungnya.

6. Setelah selesai, Sobat akan diberikan opsi untuk mengunduh atau mencetaknya langsung.

Mudah bukan? Sangat mudah sekali, silakan mencobanya ya sobat.

Ini beberapa contoh CV yang saya buat menggunakan template yang disediakan oleh Canva.

contoh-cv-canva-satu

 

contoh-cv-canva-dua

contoh-cv-canva-dua

 

Kesimpulan

Zaman sudah semakin maju, ada baiknya untuk membuat surat lamaran dan daftar riwayat hidup yang kekinian, coba untuk mengembangkan kreativitasmu, karena perusahaan juga akan lebih tertarik dengan lamaran yang kreatif dan unik.

Membuat CV dengan Canva sangat mudah, hanya klik dan ketik saja tidak sampai 5 menit CV yang kekinian bisa Sobat buat.

 

 

 

Bagikan:

3 pemikiran pada “Cara Mudah Membuat CV Dengan Canva, Gratis!”

Tinggalkan komentar