| Home / Tips Menulis / Cara Menulis Deskripsi Produk yang Menjual, Menarik dan Efektif

Cara Menulis Deskripsi Produk yang Menjual, Menarik dan Efektif

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

Menulis deskripsi produk yang efektif adalah salah satu keterampilan penting dalam dunia pemasaran online. Deskripsi produk yang baik dapat membuat perbedaan besar antara produk yang laku keras dan yang kurang diminati. Artikel ini akan membahas cara menulis deskripsi produk yang menjual, memberikan tips menulis, serta contoh-contoh deskripsi produk yang efektif.

Apa Itu Deskripsi Produk?

Deskripsi produk adalah teks yang menjelaskan tentang produk yang dijual. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi yang cukup kepada calon pembeli, sehingga mereka tertarik untuk membeli produk tersebut. Deskripsi produk yang baik harus informatif, menarik, dan meyakinkan.

cara menulis deskripsi produk

Mengapa Deskripsi Produk Penting?

Deskripsi produk memainkan peran penting dalam keputusan pembelian. Deskripsi yang baik dapat:

  • Menarik perhatian calon pembeli.
  • Memberikan informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan pembelian.
  • Meningkatkan kepercayaan terhadap produk dan merek.
  • Meningkatkan SEO situs web dan membantu produk ditemukan di mesin pencari.

Cara Menulis Deskripsi Produk yang Menarik

1. Kenali Target Audiens Anda

Sebelum menulis deskripsi produk, penting untuk memahami siapa target audiens Anda. Apakah mereka remaja, dewasa, atau profesional? Apa yang mereka cari dalam produk Anda? Memahami audiens akan membantu Anda menulis deskripsi yang lebih relevan dan menarik bagi mereka.

2. Fokus pada Manfaat, Bukan Fitur

Salah satu kesalahan umum dalam menulis deskripsi produk adalah terlalu banyak fokus pada fitur produk. Meskipun fitur penting, calon pembeli lebih tertarik pada manfaat yang akan mereka dapatkan. Jelaskan bagaimana produk Anda dapat memecahkan masalah mereka atau membuat hidup mereka lebih baik.

Contoh:

Fitur: “Kamera 12 MP”
Manfaat: “Ambil foto berkualitas tinggi dengan detail yang tajam, bahkan dalam cahaya rendah.”

3. Menggunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Hindari penggunaan jargon atau istilah teknis yang mungkin tidak dimengerti oleh semua orang. Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Pastikan deskripsi Anda mudah dibaca dan tidak membingungkan calon pembeli.

4. Gunakan Gaya Penulisan yang Menarik

Gunakan gaya penulisan yang menarik dan memikat. Buatlah deskripsi yang bercerita dan mengajak calon pembeli untuk membayangkan menggunakan produk tersebut. Anda dapat menggunakan teknik copywriting seperti storytelling atau membuat analogi yang menarik.

5. Sertakan Bukti Sosial

Bukti sosial seperti ulasan pelanggan, testimoni, atau penghargaan dapat meningkatkan kepercayaan terhadap produk Anda. Sertakan kutipan dari ulasan pelanggan yang puas atau angka penjualan yang menunjukkan popularitas produk.

6. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Untuk meningkatkan SEO, gunakan kata kunci yang relevan dalam deskripsi produk Anda. Ini dapat membantu produk Anda ditemukan oleh calon pembeli yang mencari produk sejenis di mesin pencari.

7. Buat Deskripsi yang Singkat dan Padat

Meskipun penting untuk memberikan informasi yang cukup, sebaiknya hindari membuat deskripsi yang terlalu panjang. Calon pembeli mungkin tidak memiliki waktu atau minat untuk membaca deskripsi yang panjang. Buatlah deskripsi yang singkat, padat, dan langsung pada intinya.

8. Gunakan Call-to-Action (CTA)

Sertakan call-to-action yang jelas dalam deskripsi produk Anda. CTA dapat berupa ajakan untuk membeli, mendaftar, atau menghubungi untuk informasi lebih lanjut. CTA yang baik dapat mendorong calon pembeli untuk segera mengambil tindakan.

Contoh Deskripsi Produk yang Efektif

Contoh 1: Pakaian

Deskripsi:

“Kenakan gaya dan kenyamanan dengan T-Shirt Premium kami. Terbuat dari 100% katun organik, T-Shirt ini tidak hanya lembut di kulit, tetapi juga ramah lingkungan. Desain modern dan potongan yang pas membuat Anda terlihat lebih stylish. Tersedia dalam berbagai warna dan ukuran, cocok untuk segala kesempatan. Dapatkan sekarang dan rasakan perbedaannya!”

Analisis:

  • Menyoroti manfaat (kenyamanan, ramah lingkungan, stylish).
  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
  • Menyertakan call-to-action (Dapatkan sekarang dan rasakan perbedaannya!).

Contoh 2: Gadget Teknologi

Deskripsi:

“Tingkatkan produktivitas Anda dengan Tablet X200 terbaru kami. Ditenagai oleh prosesor octa-core yang cepat dan RAM 8GB, tablet ini menawarkan kinerja luar biasa untuk multitasking. Layar 10 inci yang jernih memberikan pengalaman menonton yang memukau, sementara baterai tahan lama memastikan Anda tetap produktif sepanjang hari. Ideal untuk bekerja, belajar, dan hiburan. Pesan sekarang dan nikmati penawaran spesial!”

Analisis:

  • Menyoroti manfaat (kinerja luar biasa, pengalaman menonton yang memukau, baterai tahan lama).
  • Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan menarik.
  • Ada call-to-action (Pesan sekarang dan nikmati penawaran spesial!).

Contoh 3: Produk Kecantikan

Deskripsi:

“Dapatkan kulit cerah alami dengan Serum Vitamin C kami. Diformulasikan dengan bahan-bahan alami, serum ini membantu mengurangi bintik hitam dan kerutan, memberikan kulit Anda tampilan yang lebih muda dan sehat. Mudah diserap dan tidak lengket, cocok untuk semua jenis kulit. Gunakan setiap pagi dan malam untuk hasil terbaik. Beli sekarang dan rasakan kulit yang lebih cerah dalam 4 minggu!”

Analisis:

  • Menyoroti manfaat (kulit cerah alami, mengurangi bintik hitam dan kerutan).
  • Bahasa yang digunakan¬† mudah dipahami dan menarik.
  • Memiliki call-to-action (Beli sekarang dan rasakan kulit yang lebih cerah dalam 4 minggu!).

Kesimpulan

Menulis deskripsi produk yang menjual memerlukan pemahaman tentang target audiens, fokus pada manfaat, penggunaan bahasa yang mudah dipahami, dan gaya penulisan yang menarik. Ditambah dengan menyertakan bukti sosial, menggunakan keyword yang relevan, membuat deskripsi yang singkat dan padat, serta menyertakan call-to-action yang jelas.

Dengan mengikuti tips menulis ini, Anda dapat membuat deskripsi produk yang efektif dan meningkatkan penjualan produk Anda. Ingatlah untuk selalu menguji dan mengoptimalkan deskripsi produk Anda berdasarkan feedback dan hasil penjualan untuk mencapai hasil yang terbaik. Pelajari juga Teknik Menulis Persuasif, agar tulisan Anda lebih mengena ke calon pembeli.

Tips Lanjutan

1. Uji Coba A/B

Lakukan uji coba A/B pada deskripsi produk Anda untuk melihat mana yang lebih efektif dalam meningkatkan konversi. Dengan membandingkan dua versi deskripsi yang berbeda, Anda dapat mengetahui elemen mana yang paling berpengaruh pada keputusan pembelian.

2. Gunakan Gambar Berkualitas Tinggi

Gambar yang baik dapat mendukung deskripsi dan memberikan gambaran yang lebih jelas kepada calon pembeli tentang produk yang Anda jual.

3. Sertakan Video Produk

Jika memungkinkan, sertakan video produk dalam halaman produk Anda. Video dapat memberikan perspektif yang lebih lengkap tentang cara kerja dan manfaat produk Anda, serta menarik perhatian calon pembeli lebih lama.

4. Perbarui Deskripsi Secara Berkala

Setidaknya perbarui deskripsi produk Anda secara berkala agar tetap relevan dan menarik. Pada dasarnya produk dan pasar terus berkembang, jadi pastikan deskripsi Anda selalu up-to-date dengan informasi terbaru.

5. Tanggapi Ulasan dan Feedback Pelanggan

Perhatikan ulasan dan feedback dari pelanggan. Gunakan informasi ini untuk memperbaiki deskripsi produk Anda dan mengatasi kekhawatiran atau pertanyaan yang sering muncul.

Selamat menulis deskripsi produk yang menjual!

Bagikan:

Tinggalkan komentar