Apa Beda Tepung Maizena Dengan Tepung Terigu? Awas Salah!

beda tepung maizena

 

ari3yanto.comHai Sobat Sehati, setelah pada artikel yang lalu Abhi mengulas tentang resep camilan menggunakan tepung maizena, pada artikel ini Abhi ingin mengulas lagi tentang apa beda tepung maizena dengan tepung terigu dan apa perbedaannya juga dengan tepung yang lain.

Penggunaan Tepung Maizena

Tepung maizena terbuat dari saripati jagung, biasanya digunakan sebagai pengental pada kuah makanan dan saus. Penggunaannya juga tidak terlalu banyak, biasanya digunakan pada masakan capcay, koloke, vla dan lainnya. Bisa juga digunakan untuk membuat berbagai macam makanan seperti nagasari, klepon, kue kering, donat dan juga digunakan pada gorengan agar lebih renyah.

Beda Tepung Maizena Dengan Tepung Terigu

Pertanyaan tentang apa bedaan tepung maizena dengan tepung terigu sering kali ditanyakan, bahkan mungkin banyak yang belum bisa membedakan kedua tepung ini. Terigu dan maizena berbeda, apa saja perbedaannya? yuk simak terus artikelnya ya.

 

  1. Warna, dari warna jelas berbeda, terigu berwarna putih cenderung kekuningan sedangkan maizena berwarna putih.

  2. Tekstur, terigu memiliki tekstur yang kesat di tangan, sedangkan maizena bertekstur licin.

  3. Jika dicampur dengan air tepung terigu menyatu dan menyerap air, beda dengan maizena yang mengendap dibawah walau diaduk.

  4. Bahan, terigu terbuat dari gandum, sedangkan maizena terbuat dari saripati jagung.

  5. Kegunaan utama, tepung terigu biasanya digunakan untuk membuat aneka macam roti atau kue, sedangkan tepung maizena digunakan untuk mengentalkan kuah masakan dan saus.

 

Bagaimana? sekarang tahukan apa perbedaan tepung terigu dengan tepung maizena. Semoga kali ini Sobat tidak salah lagi saat memasak menggunakan tepung.

 

Oh ya, terigu yang beredar di pasaran biasanya dibagi menjadi 2 jenis yaitu, tepung berprotein tinggi dan berprotein rendah. Tepung protein tinggi biasanya digunakan untuk membuat roti, mie, kulit martabak, kulit lumpia, hal ini dikarenakan hasilnya akan memiliki tekstur lebih kenyal dan elastis.

Beda Tepung Tapioka Dengan Tepung Maizena

Nah, ini satu pertanyaan lagi yang juga sering ditanyakan, apa perbedaan tepung maizena dengan tepung tapioka, pasti beda dong, namanya saja sudah beda. Berikut ini perbedaan antara tepung maizena dengan tepung tapioka yang harus Sobat tahu,

  1. Bahan pembuatan, seperti yang kita sudah bahas diatas maizena terbuat dari saripati jagung, sedangkan tapioka atau disebut juga tepung kanji dibuat dari saripati singkong.

  2. Tekstur akhir olahan, secara tekstur hasil akhir olahan tepung maizena biasanya akan membuat makanan bertekstur lebih lembut, sedangkan tapioka membuat makanan bertekstur kenyal dan elastis.

  3. Penggunaan pada olahan makanan, dalam pengolahan makanan tepung maizena digunakan untuk olahan masakan barat seperti kue-kue dan roti ala Eropa, sedangkan tepung tapioka digunakan untuk olahan masakan Indonesia seperti kue-kue basah tradisional.

 

Walaupun memiliki perbedaan, tetapi keduanya sama-sama mempunyai fungsi utama sebagai pengental pada makanan atau saus. Warna tepungnya juga sama, sama-sama berwarna putih bersih.

Resep Makanan Menggunakan Tepung Tapioka

Resep kue lapis coklat

Bahan:

  • 300 gram tepung tapioka

  • 150 gram tepung terigu

  • 400 gram gula pasir

  • 1200 cc santan

  • 1 sdm garam

  • 30 gram coklat bubuk

 

Cara membuatnya:

  1. Campur tepung tapioka, tepung terigu, garam dan gula. Aduk rata.

  2. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan pengaduk hingga rata

  3. Bagi adonan jadi 2 bagian. Satu bagian ditambahkan dengan coklat bubuk.Siapkan loyang yang sudah dioles minyak dan dialasi plastik tebal. Tuang adonan selapis demi lapis bergantian warna.

  4. Kukus setiap lapisan masing-masing 5 menit sampai adonan habis. Lapisan terakhir kukus hingga 30 menit hingga matang.

 

Resep makanan menggunakan tepung maizena bisa Sobat lihat di artikel sebelumnya ya.

Penutup

Tapioka, terigu dan maizena adalah jenis tepung yang berbeda. Masing-masing mempunyai bahan dasar pembuatan yang berbeda.

 

Secara fungsi maizena dan tapioka mempunyai fungsi yang hampir sama, sedangkan terigu mempunyai fungsi yang berbeda yaitu digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan roti, kue dan sejenisnya.

 

Semoga Ibu-ibu yang tidak terbiasa di dapur, Abhi harap bisa lebih memahami beda tepung maizena dengan tepung terigu atau perbedaan maizena dengan tapioka, setelah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

 

Referensi,

https://id.wikipedia.org/wiki/Tepung_jagung

Leave a Comment