| Home / membaca tulisan tangan / Apa itu Set Top Box TV Digital dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu Set Top Box TV Digital dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

apa-itu-set-top-box

 

Ari3yanto.com – Televisi digital semakin umum digunakan, dan hal ini membuat kebutuhan untuk set top box TV digital semakin tinggi. Artikel ini akan membahas apa itu STB dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu STB TV Digital?

Set-top box TV digital adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengonversi sinyal TV analog menjadi sinyal TV digital. Dengan menggunakan STB TV digital, televisi analog bisa menerima siaran TV digital.

Kenapa Perlu STB TV Digital?

Set top box TV digital sangat diperlukan karena sebagian besar stasiun televisi sekarang sudah mengadopsi teknologi siaran TV digital. Sinyal TV digital menghasilkan gambar yang lebih jernih dan bersih daripada siaran TV analog.

Bagaimana Cara Kerja Set Top-Box TV Digital?

STB bekerja dengan cara mengonversi sinyal TV analog menjadi sinyal TV digital yang kemudian ditransmisikan ke televisi. Set-top box TV digital juga dapat menampilkan gambar resolusi tinggi, menghasilkan gambar yang lebih tajam dan jelas daripada televisi analog.

Tahapan Kerja STB TV Digital

  • Tahap 1: Mengambil Sinyal TV Analog
  • Tahap 2: Mengonversi Sinyal Analog ke Digital
  • Tahap 3: Memproses Sinyal Digital
  • Tahap 4: Mengirim Sinyal Digital ke Televisi

Keuntungan Menggunakan STB TV Digital

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan STB, di antaranya adalah:
  1. Gambar yang lebih jernih dan bersih
  2. Suara yang lebih jernih dan tajam
  3. Banyak saluran siaran TV yang tersedia
  4. Penggunaan energi yang lebih hemat

Jenis-jenis STB

Berikut ini adalah beberapa jenis TV digital yang tersedia di pasaran:
  1. DVB-T2: Set top box TV digital yang paling umum dan paling banyak digunakan di Indonesia. DVB-T2 mendukung siaran TV digital resolusi tinggi.
  2. DVB-S2: Set top box TV digital yang digunakan untuk siaran TV satelit. DVB-S2 mendukung saluran TV dalam resolusi standar dan tinggi.
  3. DVB-C: Set top box TV digital yang digunakan untuk siaran TV kabel. DVB-C juga mendukung saluran TV dalam resolusi standar dan tinggi.

Cara Memilih STB yang Tepat

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih perangkat STB, di antaranya adalah:
  • Pastikan STBĀ  yang dibeli mendukung siaran TV digital di wilayah tempat tinggal.
  • Pilih setopbox yang memiliki banyak saluran siaran TV.
  • Pastikan STB yang dibeli mudah dioperasikan dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang dibutuhkan.

FAQ

1. Apa itu siaran TV digital?
Siaran TV digital adalah siaran televisi yang menggunakan sinyal digital untuk mengirimkan gambar dan suara, sehingga menghasilkan gambar yang lebih jernih dan bersih daripada siaran televisi analog.
2. Apakah STB TV digital bisa digunakan untuk televisi yang belum mendukung teknologi siaran TV digital?
Ya, STB dapat digunakan untuk televisi yang belum mendukung teknologi siaran TV digital karena salat ini akan mengonversi sinyal TV analog menjadi sinyal TV digital.
3. Apa bedanya STB TV digital dengan antena TV digital?
STB TV digital adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengonversi sinyal TV analog menjadi sinyal TV digital, sedangkan antena TV digital digunakan untuk menangkap sinyal TV digital yang sudah tersedia di udara.
4. Bagaimana cara memasang STB TV digital?
STB biasanya memiliki kabel antena yang harus disambungkan ke televisi dan adaptor yang harus disambungkan ke listrik. Setelah itu, atur televisi untuk menerima sinyal dari STB ini.
5. Berapa harga set top box TV digital?
Harga STB bervariasi tergantung pada merk dan fitur yang ditawarkan, namun umumnya berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 500.000.

Kesimpulan

Set top box TV digital adalah perangkat elektronik yang sangat diperlukan untuk mengonversi sinyal TV analog menjadi sinyal TV digital yang kemudian ditransmisikan ke televisi sehingga menghasilkan gambar dan suara yang lebih jernih dan bersih. Selain itu, STB TV digital juga memungkinkan penayangan program TV yang lebih banyak dan bervariasi, serta fitur-fitur tambahan seperti perekam dan pemutar media.
Bagikan:

Tinggalkan komentar