AI Image, Cara Membuat Gambar Unik dan Original Untuk Blog

Apa itu AI Image?

cara membuat AI Image

AI dapat membantu Anda membuat gambar unik, original, menarik, dan sesuai dengan tema atau gaya yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengedit gambar yang dibuat oleh AI dengan mudah menggunakan alat-alat online yang tersedia. Selain itu, gambar AI juga dapat meningkatkan engagement dan keterlibatan audiens Anda dengan memberikan visual yang menarik perhatian dan menyampaikan pesan Anda secara efektif.

AI Image adalah teknologi yang dapat membantu Anda membuat gambar yang unik, menarik, dan sesuai dengan tema atau gaya yang Anda inginkan. Anda hanya perlu menulis teks input yang jelas, spesifik, dan deskriptif, dan AI Image akan mencari gambar-gambar yang sesuai dengan teks input Anda. Anda juga bisa mengedit gambar-gambar tersebut dengan menggunakan alat-alat online yang tersedia.

Namun, bagaimana cara menggunakannya? Apa saja alat-alat yang dapat Anda gunakan? Dan apa saja tips dan trik untuk membuat gambar yang berkualitas dengan AI? Artikel ini akan menjawab semua pertanyaan tersebut dan memberikan beberapa contoh penggunaan AI Image untuk blog.

Mengenal Text to Image

Text to image adalah proses menghasilkan gambar dari teks dengan menggunakan model AI yang disebut generative adversarial network (GAN). GAN adalah model AI yang terdiri dari dua jaringan neural, yaitu generator dan discriminator. Generator bertugas untuk membuat gambar baru dari teks, sedangkan discriminator bertugas untuk membedakan gambar asli dan gambar buatan. Kedua jaringan ini saling bersaing dan belajar satu sama lain, sehingga menghasilkan gambar yang semakin realistis dan sesuai dengan teks.

Cara Membuat Prompt Text to Image

Prompt adalah teks yang digunakan sebagai input untuk text to image. Prompt harus ditulis dengan baik dan benar, agar dapat menghasilkan gambar yang sesuai dan berkualitas.

Rumus membuat prompt text to image,

Adjective (Objek dan Subjek), Lokasi (misal: Tempat, Nama Kota, Latar Belakang), Style (misal: Sketsa, Cartoon, Realistik)

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat prompt yang benar:

  1. Gunakan bahasa yang sederhana, jelas, dan spesifik. Hindari penggunaan bahasa yang rumit, ambigu, atau umum, karena dapat menyulitkan model AI untuk memahami maksud Anda. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat gambar tentang hewan, sebaiknya tuliskan nama hewan yang spesifik, seperti “anjing”, “kucing”, atau “gajah”, daripada hanya menulis “hewan”.
  2. Gunakan kata benda, kata sifat, dan kata keterangan yang relevan. Kata benda, kata sifat, dan kata keterangan dapat membantu model AI untuk menentukan bentuk, warna, ukuran, posisi, dan detail lainnya dari gambar yang Anda inginkan. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat gambar tentang bunga, sebaiknya tuliskan jenis, warna, dan jumlah bunga yang Anda inginkan, seperti “tiga bunga mawar merah” atau “satu bunga matahari kuning besar”.
  3. Gunakan tanda baca yang tepat. Tanda baca dapat membantu model AI untuk membedakan antara kalimat, frasa, atau kata yang berbeda. Tanda baca yang sering digunakan dalam prompt adalah koma (,), titik (.), dan tanda kutip (“). Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat gambar tentang pemandangan, sebaiknya pisahkan antara elemen-elemen yang berbeda dengan koma, seperti “gunung, danau, pepohonan, langit biru”. Jika Anda ingin menambahkan teks dalam gambar, sebaiknya gunakan tanda kutip, seperti “sebuah poster dengan tulisan “Selamat Datang””.

Contoh Prompt dan hasilnya,

Seekor kucing hitam sedang tidur, latar belakang taman bermain, realistik style

AI Image Kucing Hitam 3

Tools Yang Digunakan untuk Membuat Gambar AI

Ada beberapa alat atau platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat gambar AI dengan basis text to image, antara lain;

  1. Midjourney
  2. Leonardo
  3. DALL-E
  4. Microsoft Bing Image Creator
  5. Canva

Platform diatas yang sering digunakan untuk membuat gambar AI dengan teknik text to image. Dari 5 tools tersebut ada 2 yang mudah untuk digunakan yaitu Bing Image Creator dan Canva.

Cara menggunakan Bing Image Creator

 

tampilan bing image creator

Untuk menggunakan Bing Image Creator caranya cukup mudah,

  1. Punya akun Microsoft, jika belum punya buat akunnya segera dan gratis.
  2. Buka browser Microsoft Edge, pilih Bing Image Creator atau jika Anda menggunakan browser Chrome buka link ini bing.com/images/create.
  3. Masukkan prompt yang sudah Anda buat di text box yang tersedia lalu klik “create”
  4. Tunggu beberapa saat dan Anda bisa mendapatkan 4 gambar yang bisa Anda download.

Semudah itu Anda bisa mendapatkan gambar unik dan original untuk digunakan di blog atau di sosial media. Untuk penggunan Bing Image Creator hanya dibatasi 14 kali pembuatan dalam 1 hari, jika limit habis aplikasi ini masih bisa digunakan hanya saja proses pembuatannya lebih lama. Anda bisa menunggu 1 x 24 jam untuk mendapatkan limit baru lagi.

hasil bing image creator

Apa Kegunaan Gambar AI untuk Blogger?

Pekerjaan seorang blogger tidak hanya menulis, tetapi juga menciptakan gambar atau video untuk melengkapi apa yang ditulis. Gambar AI ini bisa berguna menjadi alternatif dalam membuat gambar yang unik dan original untuk postingan artikel Anda.

Kesimpulan

Membuat gambar AI memang sangat mudah dan ini bisa mempercepat pekerjaan seorang blogger untuk membuat sebuah konten. Selain itu gambar yang dihasilkan bisa menjadi gambar yang unik dan original karena bisa disesuaikan dengan gaya blogging Anda. Semoga artikel ini berguna, terima kasih sudah berkunjung.

1 thought on “AI Image, Cara Membuat Gambar Unik dan Original Untuk Blog”

  1. Langsung tulis komen karena keren banget…sy masih susah2 bikin gambar di canva menangis lihat ini…terima kasih tulisannya…saya mau coba aah…

    Reply

Leave a Comment