| Home / Tips Menulis / 6 Langkah-Langkah Menulis Artikel Efektif Untuk Blog

6 Langkah-Langkah Menulis Artikel Efektif Untuk Blog

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

Langkah-Langkah Menulis Artikel Efektif. Menulis artikel adalah salah satu cara untuk berbagi informasi, pengetahuan, atau pengalaman dengan pembaca. Artikel yang efektif adalah artikel yang mampu menyampaikan pesan dengan jelas, menarik, dan bermanfaat. Namun, menulis artikel yang efektif tidaklah mudah. Diperlukan keterampilan, strategi, dan latihan yang cukup untuk menghasilkan artikel yang berkualitas.

Menulis Artikel Efektif

Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips menulis artikel efektif yang dapat Anda terapkan dalam praktik. Kami juga akan menjelaskan langkah-langkah menulis artikel efektif yang dapat membantu Anda dalam menyusun artikel Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan contoh susunan artikel yang dapat Anda gunakan sebagai acuan. Mari kita mulai!

Menulis Artikel Efektif #1 – Tentukan Tujuan dan Sasaran Artikel Anda

Langkah pertama dalam langkah-langkah menulis artikel efektif adalah menentukan tujuan dan sasaran artikel Anda. Tujuan adalah apa yang ingin Anda capai dengan artikel Anda, misalnya memberikan informasi, mengedukasi, menghibur, atau mempengaruhi pembaca. Sasaran adalah siapa yang menjadi pembaca atau audiens Anda, misalnya umur, jenis kelamin, latar belakang, minat, atau kebutuhan mereka.

Menentukan tujuan dan sasaran artikel Anda akan membantu Anda dalam menyesuaikan isi, gaya, dan bahasa artikel Anda dengan kebutuhan dan harapan pembaca Anda. Selain itu, tujuan dan sasaran juga akan membantu Anda dalam menentukan topik, judul, dan kata kunci artikel Anda.

Menulis Artikel Efektif #2 – Lakukan Riset dan Kumpulkan Data

Langkah kedua dalam menulis artikel efektif adalah melakukan riset dan mengumpulkan data yang relevan dengan topik artikel Anda. Riset adalah proses mencari, menemukan, dan mengolah informasi dari berbagai sumber yang dapat mendukung atau memperkaya artikel Anda. Data adalah fakta, statistik, kutipan, contoh, atau ilustrasi yang dapat Anda gunakan sebagai bukti, argumen, atau penjelasan dalam artikel Anda.

Melakukan riset dan mengumpulkan data yang cukup akan membantu Anda dalam menyusun artikel yang akurat, valid, dan kredibel. Selain itu, riset dan data juga akan membantu Anda dalam menambah wawasan, pengetahuan, dan referensi Anda tentang topik artikel Anda.

Menulis Artikel Efektif #3 – Buat Kerangka atau Outline Artikel Anda

Langkah ketiga adalah membuat kerangka atau outline. Kerangka atau outline adalah rangkaian poin-poin utama yang akan Anda bahas dalam artikel Anda. Kerangka atau outline akan membantu Anda dalam mengatur dan menyusun isi artikel Anda secara logis, sistematis, dan koheren.

Buatlah kerangka atau outline artikel Anda sesuai dengan tujuan, sasaran, dan jenis artikel Anda. Umumnya, artikel terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Pendahuluan adalah bagian yang berisi latar belakang, tujuan, dan pokok bahasan artikel Anda. Isi adalah bagian yang berisi pembahasan, analisis, atau argumentasi tentang topik artikel Anda. Penutup adalah bagian yang berisi kesimpulan, saran, atau ajakan bertindak terkait artikel Anda.

4. Tulis Draft atau Naskah Artikel Anda

Langkah keempat adalah membuat draft atau naskah artikel Anda. Draft atau naskah adalah versi awal dari artikel Anda yang berisi kalimat-kalimat yang mengembangkan poin-poin utama yang telah Anda buat dalam kerangka atau outline Anda. Draft atau naskah akan membantu Anda dalam menuangkan ide, gagasan, atau informasi Anda dalam bentuk tulisan.

Tulislah draft atau naskah artikel Anda dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan tujuan, sasaran, dan jenis artikel Anda. Beberapa poin yang harus Anda perhatikan

  • Gunakanlah bahasa yang jelas, sederhana, dan mudah dipahami oleh pembaca Anda.
  • Pakai kalimat aktif, kata baku, ejaan yang benar, dan tanda baca yang tepat.
  • Pilih keyword yang relevan dengan topik artikel Anda.
  • Gunakan kata hubung atau transisi yang dapat menghubungkan antara kalimat, paragraf, atau bagian dalam artikel Anda.

5. Revisi dan Perbaiki Draft atau Naskah Artikel Anda

Langkah kelima dalam langkah-langkah menulis artikel efektif adalah merevisi dan memperbaiki draft atau naskah Anda. Revisi adalah proses mengevaluasi, mengkritisi, atau memberikan umpan balik terhadap draft atau naskah artikel Anda. Perbaikan adalah proses mengedit, mengoreksi, atau memodifikasi draft atau naskah artikel Anda berdasarkan hasil revisi.

Merevisi dan memperbaiki draft atau naskah artikel Anda akan membantu Anda dalam meningkatkan kualitas, kesalahan, atau kekurangan dalam artikel Anda. Anda dapat merevisi dan memperbaiki artikel Anda sendiri atau meminta bantuan orang lain, misalnya teman, kolega, atau editor profesional. Anda dapat merevisi dan memperbaiki artikel Anda dari segi isi, struktur, gaya, atau bahasa.

6. Buat Judul, Subjudul, Slug, dan Meta Deskripsi Artikel Anda

Langkah keenam dan terakhir dalam langkah-langkah menulis artikel efektif adalah membuat judul, subjudul, slug, dan meta deskripsi. Judul adalah kalimat singkat yang menunjukkan topik atau tema utama artikel Anda. Subjudul adalah kalimat singkat yang menunjukkan topik atau tema spesifik dalam setiap bagian artikel Anda. Slug adalah bagian dari URL yang menunjukkan judul atau kata kunci artikel Anda. Meta deskripsi adalah kalimat singkat yang menjelaskan isi atau ringkasan artikel Anda.

Membuat judul, subjudul, slug, dan meta deskripsi artikel Anda akan membantu Anda dalam menarik perhatian, minat, atau rasa ingin tahu pembaca Anda. Selain itu, judul, subjudul, slug, dan meta deskripsi juga akan membantu Anda dalam meningkatkan visibilitas, trafik, atau peringkat artikel Anda di mesin pencari. Buatlah judul, subjudul, slug, dan meta deskripsi artikel Anda yang menarik, informatif, dan relevan dengan topik artikel Anda.

Kesimpulan

Ada 6 langkah-langkah menulis artikel efektif, jika Anda belum menemukan strategi untuk menulis artikel, maka langkah-langkah ini bisa Anda gunakan sebagai panduan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar