5 Tempat Baca Buku Online yang Harus Kamu Tahu

Tempat Baca Buku Online yang Harus Kamu Tahu

ari3yanto.com – Halo, teman-teman! Apakah kalian suka membaca buku? Saya sangat suka membaca buku, baik itu novel, komik, biografi, buku fiksi, atau buku-buku lainnya. Membaca buku bisa memberikan banyak manfaat, seperti menambah pengetahuan, mengasah imajinasi, menghibur diri, atau sekadar mengisi waktu luang.

5 tempat baca buku online

Namun, terkadang kita tidak punya cukup waktu atau uang untuk membeli buku-buku yang kita inginkan. Apalagi di masa pandemi dulu, kita harus lebih berhati-hati dalam beraktivitas di luar rumah. Jadi, bagaimana cara kita tetap bisa membaca buku tanpa harus keluar rumah atau mengeluarkan banyak uang?

Jawabannya adalah membaca buku online! Ya, dengan membaca buku online, kita bisa mengakses berbagai macam buku dari berbagai genre, bahasa, dan negara dengan mudah dan murah. Bahkan, ada banyak tempat baca online gratis yang bisa kita manfaatkan. Selain itu, membaca buku online juga lebih praktis dan fleksibel, karena kita bisa membaca kapan saja dan di mana saja, asalkan kita punya perangkat elektronik yang terhubung dengan internet.

Tempat Baca Buku Online Recomended

Lalu, dimana bisa baca online gratis? Nah, di sini saya akan berbagi pengalaman saya tentang 5 tempat baca buku online yang saya rekomendasikan. Saya sudah mencoba semua tempat baca online ini dan saya puas dengan layanan dan koleksi buku-bukunya. Tentu saja, ada banyak tempat baca online lainnya yang juga bagus, tapi saya hanya akan membahas 6 tempat baca online yang paling sering saya gunakan. Berikut adalah daftarnya:

Wattpad

Wattpad adalah salah satu tempat baca online yang paling populer di dunia. Di sini, kita bisa membaca jutaan cerita dari berbagai genre, seperti romantis, fantasi, horor, thriller, fanfiction, dan lain-lain. Kita juga bisa menulis cerita sendiri dan membagikannya dengan pembaca dari seluruh dunia. Wattpad juga memiliki fitur komentar, vote, dan follow yang membuat kita bisa berinteraksi dengan penulis dan pembaca lainnya. Selain itu, Wattpad juga sering mengadakan kontes dan program khusus yang bisa membuat cerita kita lebih terkenal atau bahkan diadaptasi menjadi buku, film, atau serial TV. Wattpad bisa diakses melalui situs web atau aplikasi baca online yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store.

Google Book

Google book adalah tempat baca online yang menyediakan berbagai macam buku, dokumen, majalah, podcast, dan audiobook. Di sini, kita bisa membaca buku-buku terbaru dan terlaris dari berbagai penerbit ternama. Google play book bisa diakses melalui situs web atau aplikasi baca online yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. Namun, untuk bisa membaca buku-buku premium, kita harus membayar sesuai harga buku. Meskipun begitu, Google Book juga menyediakan beberapa buku gratis yang bisa kita baca tanpa harus membeli.

Gramedia Digital

Gramedia Digital adalah tempat baca online yang merupakan bagian dari Gramedia, salah satu penerbit dan toko buku terbesar di Indonesia. Di sini, kita bisa membaca ribuan buku dari berbagai genre, seperti novel, komik, nonfiksi, anak-anak, dan lain-lain. Kita juga bisa membaca majalah-majalah populer, seperti Cosmopolitan, National Geographic, Tempo, dan lain-lain. Gramedia Digital bisa diakses melalui situs web atau aplikasi baca online yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. Untuk bisa membaca buku-buku premium, kita harus membeli koin atau berlangganan dengan membayar sekitar Rp 50.000 per bulan. Namun, Gramedia Digital juga menyediakan beberapa buku gratis yang bisa kita baca tanpa harus membeli koin atau berlangganan.

Goodreads

Goodreads adalah tempat baca online yang sekaligus merupakan komunitas para pecinta buku. Di sini, kita bisa membaca cuplikan atau sampel buku-buku dari berbagai genre dan penerbit. Kita juga bisa menulis review, memberi rating, membuat daftar bacaan, dan bergabung dengan grup diskusi atau tantangan baca. Goodreads juga memberikan rekomendasi buku yang sesuai dengan selera dan minat kita. Selain itu, Goodreads juga sering mengadakan giveaway atau undian buku gratis yang bisa kita ikuti. Goodreads bisa diakses melalui situs web atau aplikasi baca online yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store.

Ipusnas

Ipusnas adalah tempat baca online yang merupakan layanan digital dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Di sini, kita bisa membaca buku-buku digital atau ebook dari berbagai genre dan penerbit. Kita juga bisa membaca koran, jurnal, skripsi, tesis, disertasi, dan dokumen-dokumen lainnya. Perpusnas bisa diakses melalui situs web atau aplikasi baca online yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. Untuk bisa membaca ebook, kita harus mendaftar sebagai anggota Perpusnas dengan mengisi formulir online dan mengunggah foto KTP. Setelah itu, kita bisa login dengan menggunakan nomor anggota dan PIN yang diberikan. Perpusnas menyediakan semua ebook secara gratis tanpa harus membayar.

Kesimpulan

Itulah 5 tempat baca buku online yang saya rekomendasikan. Tentu saja, ada banyak tempat baca online lainnya yang juga bagus, tapi saya hanya bisa membahas 5 tempat baca online yang paling sering saya gunakan. Saya harap artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang suka membaca buku atau ingin mulai membaca buku. Membaca buku online bisa menjadi alternatif yang menyenangkan dan menguntungkan, terutama di masa pandemi seperti sekarang.

Namun, saya juga tidak menyarankan kalian untuk meninggalkan buku-buku fisik atau cetak. Bagi saya, membaca buku fisik atau cetak masih memiliki sensasi dan kepuasan tersendiri yang tidak bisa digantikan oleh buku online. Jadi, saya sarankan kalian untuk tetap membaca buku fisik atau cetak jika kalian punya kesempatan atau kemampuan untuk membelinya. Selain itu, kalian juga bisa mendukung para penulis dan penerbit yang telah bekerja keras untuk menghasilkan buku-buku berkualitas.

Sekian artikel saya kali ini. Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar, saran, atau pertanyaan di bawah ini. Saya akan senang sekali mendengar pendapat kalian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Comment