5 Obat Batuk Alami Untuk Anak yang Aman Dikonsumsi

obat-batuk-alami-untuk-anak

 

Halo Sobat ari3yanto.com, beberapa waktu yang lalu beredar berita bahwa ada beberapa obat batuk anak yang ternyata mengandung bahan berbahaya, kejadian ini membuat para orangtua harus lebih berhati-hati memilih obat untuk anak, daripada bingung memilih obat yuk simak artikel tentang obat batuk alami untuk anak yang aman dikonsumsi ini.

 

Mengenal Batuk Pada Anak

Batuk merupakan masalah kesehatan yang sangat umum terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak.  Batuk adalah reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan zat dan partikel dari saluran pernapasan.  Ini membantu membersihkan tenggorokan dari dahak dan iritasi lainnya.

Namun, batuk terus-menerus dapat merupakan gejala dari kondisi tertentu seperti alergi, infeksi virus, atau infeksi bakteri, sehingga harus diwaspadai.

Orangtua sangat khawatir ketika si kecil batuk.  Tapi batuk pada anak mudah diobati dengan obat resep.  Selain obat resep, batuk pada anak bisa diobati dengan bahan alami.

5 Obat Batuk Alami Untuk Anak

Di bawah ini adalah beberapa bahan alami yang umumnya tersedia di rumah dan mudah didapatkan.  Berikut bahan-bahan alami yang bisa Sobat coba untuk meredakan batuk pada anak,

1. Air

Sangat penting untuk menjaga si kecil tetap terhidrasi, air dapat mengurangi batuk dan lendir yang tertahan di tenggorokan.  Sobat bisa memberikan air hangat, kuah bening, atau air teh hangat untuk meredakan batuk dan melegakan tenggorokan Si Kecil.

2. Madu

Madu merupakan bahan alami yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya meredakan batuk dan sakit tenggorokan.  Sobat bisa membuat obat sendiri di rumah dengan mencampurkan dua sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon.  Madu membantu meredakan sakit tenggorokan dan jus lemon membantu mengatasi hidung tersumbat.

3. Probiotik

Probiotik adalah kumpulan mikroorganisme yang bisa memberi sejumlah manfaat kesehatan, walau probiotik tidak langsung menghilangkan batuk, probiotik bekerja menyeimbangkan bakteri baik di usus, keseimbangan bakteri dalam usus inilah yang mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.  Sobat Abhi bisa mendapatkan probiotik melalui kedelai, yogurt, kefir dan kombucha.

4. Jahe

Jahe memiliki sifat anti peradangan yang dapat meredakan batuk kering atau asma.  Bahan ini meredakan rasa mual dan nyeri.  Senyawa anti-inflamasi pada jahe mengendurkan lapisan saluran pernapasan yang bisa mengurangi batuk.  20-40 gram jahe dicincang halus, lalu direbus hingga keluar sarinya.  Setelah itu tuang ke dalam gelas dan diamkan hingga sangat panas sebelum diberikan kepada si kecil.  Sobat juga bisa menambahkan sedikit madu atau susu untuk menambah rasa manis.

5. Air Garam

Air garam hangat yang digunakan untuk berkumur dapat membantu meredakan tenggorokan gatal yang memicu batuk.  Campurkan 1/4-1/2 sendok teh garam dalam segelas air panas. Hanya saja resep ini tidak dianjurkan untuk anak yang berusia dibawah 6 tahun ya sobat, karena biasanya anak dengan usia dibawah 6 tahun belum bisa berkumur dengan benar.

Tips Mencegah Batuk Pada Anak

Mencegah pasti jauh lebih baik daripada mengobati, berikut ini beberapa tips yang bisa sobat terapkan agar si kecil tidak tertular batuk dari lingkungan sekitar,  

  1. Hindari kontak dengan orang sakit.

  2. Tutupi hidung dan mulut Sobat saat batuk atau bersin.

  3. Bersihkan lingkungan di rumah sesering mungkin, terutama mainan atau barang milik si kecil.

  4. Sering-seringlah mencuci tangan, terutama setelah batuk, makan, pergi ke kamar mandi, atau saat ada orang yang sakit dilingkungan Sobat.

 

Semoga dengan artikel ini Sobat bisa mempunyai referensi tentang obat batuk alami untuk anak yang aman dikonsumsi, oh ya, jika Sobat sedang diare sobat bisa mencoba resep gula kelapa untuk meredakan diare ini.

 

0 thoughts on “5 Obat Batuk Alami Untuk Anak yang Aman Dikonsumsi”

  1. Wah jadi ingat masa kecil nih. Dulu almarhum ibu sering menyuruh minum air garam kalau tiba-tiba batuk. KAlau batuknya bandel, baru ke dokter… TFS ya…

    Reply
  2. Obat batuknya bisa buat orang tua juga, nih. Saya udah coba semua. Kata mamah, minum air rendaman nasi yang diinapkan semalam, bisa meredakan gejala batuk (sakit nelen)

    Reply
  3. Pas banget anak-anak di rumah lagi pada batuk. Batuk pilek sepertinya sudah jadi sahabat anak-anakku ini. Aku sudah pratekin dengan jahe sih. Alhamdulillah memang ampuh ngusir fatal ditenggorokan. Kalau air garam aku baru tahu soon aku coba juga deh.. Buat aku haha

    Reply
  4. Bener banget pak pasca berita obat batuk anak yg berbahaya itu jd khawatir mau ngasi obat untuk anak. Apalagi batuk pilek itu sangat lekat sama anak². Nanti dicoba obat alaminya ini

    Reply
  5. Musim batuk pilek niiih…perlu banget obat batuk alami yang mudah didapat di rumah…dulu sih masih pakai perpaduan jeruk nipis dan kecap…hehehe

    Reply

Leave a Comment