5 Kesalahan Penulis Pemula, Wajib Tahu!

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

Menulis itu mudah tetapi bagi pemula terkadang menjadi sangat sulit. Apakah Anda merasa tulisan Anda monoton dan kurang menarik? Atau tulisan Anda tidak tidak bisa menarik pembaca? Mungkin ada sesuatu yang salah dari cara menulis Anda, jika Anda adalah seorang penulis pemula coba simak artikel tips menulis tentang kesalahan penulis pemula ini. Semoga bisa membantu.

Kesalahan Penulis Pemula

5 Kesalahan Penulis Pemula

Setidaknya ada 5 kesalahan yang harus Anda ketahui sebagai seorang penulis pemula. Saya pun juga pernah dan masih sering mengalami kesalahan ini, tetapi kesalahan dalam belajar masih bisa dimaklumi, selama kita bisa terus berbenah untuk menampilkan karya yang baik. Beberapa kesalahan penulis pemula yang harus Anda tahu:

Kesalahan Penulis Pemula #1 – Pemilihan IDE

Banyak penulis pemula yang menggarap tema-tema yang biasa, tidak unik, sudah banyak dibahas atau digarap oleh penulis-penulis lain dan tidak mencoba mencari ide-ide yang baru yang lebih segar, yang lebih mengusik keingin tahuan pembaca.

Sebenarnya tidak ada salahnya menggunakan ide atau tema yang sudah umum tetapi alangkah lebih baik jika memilih ide yang berbeda atau tidak umum, ini akan menjadi keunggulan Anda sebagai penulis baru.

Pemilihan ide yang berbeda juga akan menutupi kesalahan-kesalahan teknis dalam menulis, pembaca akan memahami jika ada kesalahan teknis tetapi juga akan terkesan karena Anda menampilkan ide tulisan yang fresh dan tidak umum.

Kesalahan Penulis Pemula #2 – Judul Tidak Menarik

Hal kedua yang seringkali dilupakan adalah membuat judul yang kurang menarik. Judul adalah pintu masuk pertama bagi pembaca untuk memutuskan apakah akan membaca tulisan atau tidak. Oleh karena itu, penulis pemula perlu memperhatikan pembuatan judul yang menarik, informatif, dan menggugah minat pembaca. Dengan menciptakan judul yang menarik, penulis dapat menarik perhatian pembaca dan meningkatkan jumlah pembaca potensial.

Kesalahan Penulis Pemula #3 – Kalimat Bertele-tele

Kesalahan ketiga yang seringkali terjadi adalah penggunaan kalimat yang bertele-tele. Penulis pemula cenderung menggunakan kata-kata berlebihan atau kalimat yang rumit, yang dapat membingungkan pembaca dan mengaburkan pesan yang ingin disampaikan. Sebagai gantinya, penulis harus menggunakan kalimat yang jelas, singkat, dan padat. Hindari pengulangan kata-kata atau informasi yang tidak perlu, dan fokuslah pada penyampaian ide secara efisien.

Kesalahan Penulis Pemula #4 – Mengabaikan Logika

Kesalahan berikutnya yang perlu dihindari adalah mengabaikan logika dalam penulisan. Terkadang, penulis pemula terlalu fokus pada gaya penulisan atau kreativitas, sehingga mengesampingkan keberadaan logika dan konsistensi dalam tulisan mereka. Penting bagi penulis untuk memastikan bahwa tulisan mereka logis dan konsisten, sehingga pembaca dapat mengikuti alur pemikiran dengan mudah. Membuat outline sebelum menulis dapat membantu mengatur ide-ide secara logis dan memastikan keselarasan antara paragraf-paragraf.

Kesalahan Penulis Pemula #5 – Ending Tidak Maksimal

Kesalahan terakhir yang seringkali terjadi adalah membuat ending yang kurang memuaskan. Ending yang baik merupakan bagian penting dari sebuah tulisan, karena memberikan kesimpulan atau memperkuat pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca. Penulis pemula harus menghindari akhir yang terlalu mendadak atau terlalu singkat, dan sebaliknya, menutup tulisan mereka dengan ringkas namun kuat. Ending yang kuat akan meninggalkan kesan yang baik pada pembaca dan membuat mereka merasa puas setelah membaca tulisan tersebut.

Kesimpulan

Dalam dunia penulisan, penulis pemula seringkali terjebak dalam sesuatu yang dapat menghambat kemajuan mereka. Dari pemilihan IDE yang tidak tepat hingga ending yang kurang memuaskan, ada banyak aspek yang perlu diperhatikan oleh Anda sebagai penulis pemula agar dapat meningkatkan kualitas tulisan mereka. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan tersebut dan memperbaiki keterampilan penulisan mereka, Anda dapat menjadi lebih efektif dalam menyampaikan pesan dan mencapai tujuan mereka dalam menulis. Dengan latihan dan kesabaran, Anda sebagai penulis pemula memiliki potensi untuk berkembang menjadi penulis yang lebih baik dan sukses. Semoga tulisan tentang 5 kesalahan penulis pemula ini bisa memberi pencerahan untuk Anda, terima kasih sudah berkunjung.

Referensi

Kesalahan Penulis

Bagikan:

Leave a Comment