| Home / pesan makanan di grabfood / 128 Tahun BRI Tumbuh Hebat dan Kuat, Dampingi UMKM Memberi Warna Indonesia

128 Tahun BRI Tumbuh Hebat dan Kuat, Dampingi UMKM Memberi Warna Indonesia

Photo of author
Written By Arief Tri

Seorang blogger, penulis buku dan freelance digital marketing. Silahkan hubungi Saya jika ingin bekerja sama dalam hal penulisan.

UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah merupakan salah satu pilar penting dalam perekonomian di Indonesia. UMKM berperan dalam menciptakan lapangan kerja, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jenis usaha ini memiliki potensi besar untuk berkembang dan berinovasi, sehingga dapat meningkatkan daya saing dan produktivitas nasional.

128-tahun-bri-kuat-dan-hebat

Namun, UMKM juga menghadapi berbagai tantangan dan hambatan, seperti modal, pasar, teknologi, sumber daya manusia, perizinan, dan lainnya. Untuk itu, UMKM membutuhkan dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, salah satunya adalah perbankan.

Salah satu bank yang telah lama dan konsisten mendampingi UMKM di Indonesia adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. BRI adalah bank BUMN terbesar di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1895. BRI memiliki visi untuk menjadi bank yang unggul dalam pelayanan dan kinerja, serta menjadi kebanggaan bangsa.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang perjalanan BRI dalam mendampingi UMKM selama 128 tahun. Kita akan melihat bagaimana BRI tumbuh hebat dan kuat bersama UMKM, serta apa saja program dan strategi yang dilakukan oleh BRI untuk memberdayakan UMKM di Indonesia.

Sejarah Bank Rakyat Indonesia

Pada tanggal 16 Desember 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah, Raden Bei Aria Wirjaatmadja mendirikan BRI. Pada awalnya belum menggunakan nama BRI tetapi dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto. Bank ini merupakan bank pertama di Indonesia yang dimiliki oleh pribumi.

Pada awal berdirinya, bank ini bertujuan untuk membantu para priyayi atau kaum bangsawan yang mengalami kesulitan keuangan akibat sistem tanam paksa yang diterapkan oleh pemerintah kolonial Belanda. Bank ini juga memberikan pinjaman kepada para petani yang membutuhkan modal untuk bercocok tanam.

Sejak saat itu, BRI telah berkomitmen untuk melayani dan memberdayakan masyarakat, khususnya golongan ekonomi lemah, seperti petani, pedagang, pengrajin, dan pelaku usaha mikro dan kecil. BRI juga terus berinovasi dan bertransformasi untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan kebutuhan nasabah.

Tonggak Sejarah Penting BRI

Berikut adalah beberapa tonggak sejarah penting BRI:

  • Tahun 1906: BRI membuka cabang pertamanya di Cirebon, Jawa Barat, dengan nama De Centrale Kas Voor Volkscredietwezen atau Kas Pusat untuk Urusan Kredit Rakyat.
  • Tahun 1912: BRI mengubah namanya menjadi Algemene Volkscredietbank atau Bank Kredit Rakyat Umum, dan mulai membuka cabang di berbagai daerah di Indonesia.
  • Tahun 1942-1945: BRI diambil alih oleh pemerintah Jepang dan berganti nama menjadi Syomin Ginko atau Bank Rakyat.
  • Tahun 1946: BRI kembali ke tangan pemerintah Indonesia dan menjadi bagian dari Bank pertama yang dimiliki Republik Indonesia.
  • Tahun 1960: Pemerintah merubah nama BRI menjadi  Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BTKN).
  • Tahun 1965: Pemerintah mengintegrasikan BTKN kedalam Bank IndonesiaBank Indonesia Urusan Koperasi, Tani dan Nelayan (BIUKTN) dan Bank Negara Indonesia Unit II Bidang Ekspor-Impor.
  • Tahun 1992: BRI merubah status hukumnya menjadi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero).
  • Tahun 2003: BRI menjadi Perseroan Terbuka dan mencatat sahamnya di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dengan kode saham BBRI.
  • Tahun 2007: BRI mengakuisisi Bank Jasa Artha yang kemudian menjadi PT Bank Syariah BRI.
  • Tahun 2011: Ada 3 peristiwa penting ditahun ini, pertama adalah stock split nominal saham, lalu akuisisi Dana Pensiun Perkebunan dan penandatanganan Instrument of Transfer dan Bought and Sold Notes antara Bank BRI dengan Asuransi Jiwa BRIngin Jiwa Sejahtera atas saham BRIngin Remittance Co.Ltd (Hong Kong).
  • Tahun 2013: Layanan self-service banking pertama di Indonesia diluncurkan melalui program BRI Hybrid Banking.
  • Tahun 2014: Bank BRI menjadi Bank dengan jaringan ATM dan EDC terbesar di Indonesia. BRI melakukan penandatanganan Kontrak Pengadaan Satelit dan Peluncuran Satelit BRI (BRIsat) denganSpace Systems/Loral (SSL) dan Arianespace.
  • Tahun 2015: BRI membuka perwakilan cabang di beberapa negara. Bank BRI menjadi satu-satunya bank yang mengoperasikan unit
    kerja dalam bentuk kapal yang dikenal dengan nama Teras BRI Kapal yang dilengkapi dengan ATM online 24 Jam.
  • Tahun 2016: Bank BRI meluncurkan satelit bernama BRIsat yang menjadikan Bank BRI sebagai bank pertama dan satusatunya di dunia yang memiliki dan mengoperasikan satelitnya sendiri.

Program dan Strategi BRI untuk Memberdayakan UMKM

Sebagai bank yang telah lama dan konsisten mendampingi UMKM di Indonesia, BRI memiliki berbagai program dan strategi untuk memberdayakan UMKM, di antaranya adalah:

  • Menyediakan produk dan layanan perbankan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik UMKM, seperti kredit, simpanan, jasa perbankan, dan lainnya.
  • Menyediakan fasilitas dan kemudahan dalam mengurus perbankan, seperti online banking, mobile banking, ATM, EDC, dan lainnya.
  • Menyediakan bantuan dan pendampingan kepada UMKM, seperti bimbingan, pelatihan, konsultasi, mentoring, dan lainnya.
  • Menyediakan akses dan jaringan pasar bagi UMKM, seperti pameran, bazar, festival, dan lainnya.
  • Menyediakan dukungan dan insentif bagi UMKM, seperti subsidi, keringanan, relaksasi, dan lainnya.
  • Menyediakan penghargaan dan apresiasi bagi UMKM, seperti penghargaan, sertifikat, piagam, dan lainnya.
  • Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak yang terkait dengan UMKM, seperti pemerintah, asosiasi, komunitas, akademisi, media, dan lainnya.

indeks-bisnis-umkm-bri

Prestasi dan Kontribusi BRI bagi UMKM

Bank BRI telah menunjukkan pertumbuhan yang hebat dan kuat bersama UMKM. Melah meraih berbagai prestasi dan penghargaan, baik di tingkat nasional maupun internasional, sebagai bank yang berkomitmen dan berkontribusi dalam memberdayakan UMKM di Indonesia.

BRI telah meraih beberapa prestasi dan penghargaan dalam mendukung UMKM,

  • Tahun 2019: BRI meraih penghargaan sebagai The Best Bank in Indonesia dari majalah The Banker, yang merupakan salah satu majalah perbankan terkemuka di dunia. BRI juga meraih penghargaan sebagai The Best Bank for SMEs in Asia Pacific dari majalah Asiamoney, yang merupakan salah satu majalah keuangan terkemuka di Asia Pasifik.
  • Tahun 2020: BRI meraih penghargaan sebagai The Best Bank in Indonesia dari majalah Euromoney, yang merupakan salah satu majalah keuangan terkemuka di Eropa. BRI juga meraih penghargaan sebagai The Best SME Bank in Indonesia dari majalah Global Banking and Finance Review, yang merupakan salah satu majalah perbankan dan keuangan terkemuka di dunia.
  • Tahun 2021: BRI meraih penghargaan sebagai The Best Bank in Indonesia dari majalah FinanceAsia, yang merupakan salah satu majalah keuangan terkemuka di Asia. BRI juga meraih penghargaan sebagai The Best SME Bank in Indonesia dari majalah The Asian Banker, yang merupakan salah satu majalah perbankan dan keuangan terkemuka di Asia.

BRI masih mendapatkan banyak penghargaan. Ini menunjukkan BRI  untuk menjadi bank terbaik di Asia Tenggara yang berkontribusi kepada bangsa untuk memajukan UMKM dalam negeri.

Kotribusi BRI bagi UMKM dan Perekonomian Indonesia

Selain meraih berbagai prestasi dan penghargaan, BRI juga telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi UMKM dan perekonomian nasional. Berikut adalah beberapa kontribusi BRI bagi UMKM dan perekonomian nasional:

  • BRI telah menyalurkan kredit kepada lebih dari 10 juta UMKM di seluruh Indonesia, dengan total outstanding mencapai Rp 600 triliun per akhir tahun 2020. BRI juga memiliki market share kredit UMKM sebesar 34% di Indonesia, yang merupakan yang tertinggi di antara bank-bank lainnya.
  • BRI telah menciptakan lapangan kerja bagi lebih dari 20 juta orang, baik secara langsung maupun tidak langsung, melalui UMKM yang menjadi nasabahnya. BRI juga telah meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi lebih dari 40 juta orang, baik sebagai pemilik, karyawan, maupun mitra usaha UMKM.
  • BRI telah mendukung program pemerintah dalam mengurangi kemiskinan, mengentaskan ketimpangan, dan mendorong inklusi keuangan. BRI telah menjangkau lebih dari 90% wilayah Indonesia. Ini termasuk daerah-daerah terpencil, terluar, dan tertinggal, dengan menyediakan pelayanan perbankan yang mudah, murah, dan cepat.
  • BRI telah berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, stabilitas moneter, dan ketahanan fiskal. BRI telah memberikan sumbangan pajak sebesar Rp 15 triliun per tahun kepada negara. BRI juga telah memberikan dividen sebesar Rp 20 triliun per tahun kepada pemerintah, yang merupakan pemegang saham mayoritasnya.

bri-cetak-laba-32-triliun

Kesimpulan

UMKM adalah salah satu pilar penting dalam perekonomian bangsa. Selain itu juga mempunyai peran dalam menciptakan lapangan kerja, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah juga memiliki potensi besar untuk berkembang dan berinovasi. Sehingga dapat meningkatkan daya saing dan produktivitas nasional.

Namun, Setiap usaha juga menghadapi berbagai tantangan dan hambatan, seperti modal, pasar, teknologi, sumber daya manusia, perizinan, dan lainnya. Untuk itu, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah membutuhkan dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, salah satunya adalah perbankan.

BRDI juga mempunyai visi untuk menjadi bank yang unggul dalam pelayanan dan kinerja, serta menjadi kebanggaan bangsa. 128 tahun BRI tumbuh hebat dan kuat bersama UMKM. BRI juga telah menunjukkan berbagai prestasi dan kontribusinya bagi UMKM dan perekonomian nasional.

Referensi,

https://bri.co.id/

https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Rakyat_Indonesia

Bagikan:

8 pemikiran pada “128 Tahun BRI Tumbuh Hebat dan Kuat, Dampingi UMKM Memberi Warna Indonesia”

  1. Bank yang Indonesia banget, dari tingkat kecamatan ada BRI. Berarti terbukti dipercaya masyarakat luas ya. Saya baru tau kalau BRI aktif menggerakkan UMKM. Pengetahuan saya sebatas mengapa orang nabung di BRI. Belum sampe kontribusinya untuk ekonomi rakyat

    Balas
  2. Kalau dirunut dari sejarahnya, BRI ini sudah lama banget membantu masyarakat lapisan kecil. Terlebih para UMKM. Semoga terus konsisten dan program-programnya memang menguntungkan para customernya

    Balas
  3. Wah, nggak nyangka ya BRI ternyata sudah berusia sedewasa itu. Panjang sekali perjalanan sejarah yang sudah dilalui. Semoga BRI semakin sukses dan bisa membawa dampak positif yang semakin luas untuk keberlangsungan UMKM di Indonesia. Jujur, kalo mengamati di sekitar memang BRI ini kayaknya bank yang paling dekat dengan masyarakat…

    Balas
  4. Kalau ingat BRI aku pasti ingetnya sebagai bank pemerintah yang membantu perekonomian pengusaha kecil hingga besar. Perekonomian UMKM sangat terbantu dengan kehadiran berbagai program dari bank BRI. Rupanya sudah 128 tahun ya bank BRI. Jaya terus bank BRI.

    Balas
  5. BRI salah satu Bank yan memiliki konsen terhadap pengembangan ekonomi bangsa ini, khususnya UMKM yang merupakan lokomotif ekonomi di negeri ini. Keren-keren program BRI untuk UMKM

    Balas

Tinggalkan komentar